Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NIM : 292013132 YUYUN SURYANI PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN CLASS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NIM : 292013132 YUYUN SURYANI PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN CLASS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS."— Transcript presentasi:

1 NIM : YUYUN SURYANI PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN CLASS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 BOLOH KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017

2 Latar Belakang Masalah
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar memberi peluang siswa melakukan eksplorasi melalui kegiatan ilmiah. Kondisi ini belum terwujud karena pembelajaran masih menekankan pada materi. Kondisi ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Group Investigation dengan permainan Class Adventure.

3 Pembelajaran IPA Pembelajaran IPA penting bagi kehidupan siswa melalui pemecahan masalah dalam mengeksplor alam sekitar. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan Ilmu yang mencari tahu tentang gejala alam sekitar yang bukan hanya sekedar fakta, konsep dan prinsip melainkan suatu proses penemuan. Lingkungan alam sekitar kehidupan siswa akan menarik siswa untuk dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan siswa untuk menggali informasi dan memperoleh pengetahuan.

4 Pembelajaran Group Investigation
Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerja sama antar siswa yang bersifat demokratis diwujudkan dalam bentuk diskusi kelompok untuk menginvestigasi pemecahan suatu masalah.

5 Sintak Group Investigation
Tahap I Seleksi Topik Tahap II Perencanaan Kerjasama Tahap III Implementasi Tahap VI Evaluasi Tahap V Penyajian Hasil Akhir Tahap IV Analisis dan Sintesis

6 Apa itu Class Adventure???
Permainan Class Adventure (Petualangan Kelas) merupakan permainan yang dilakukan siswa dengan cara berpetualang mencari harta karun untuk menemukan sebuah petunjuk yang digunakan sebagai investigasi selanjutnya. Apa itu Class Adventure???

7 Bahan dan Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.
Setting penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan semester II tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa, diantaranya 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran group investigation dengan permainan class adventure dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi.

8 Hasil dan Pembahasan Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus 3 kali pertemuan setiap siklus. Pra Siklus Prasiklus ini menjelaskan kondisi awal hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum diadakan tindakan penelitian. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, ada beberapa terdapat permasalahan yang muncul pada hasil belajar siswa kelas 5. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengamatan 30 siswa hanya 13% siswa tuntas dan 87 siswa yang belum tuntas.

9 Siklus I Pada siklus I terdapat 90% (27 siswa) tuntas dan 10% (3 siswa) belum tuntas. Pada siklus I diketahui hasil belajar siswa yaitu dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 66 dengan rata-rata 79. Siklus II Siklus II mengalami peningkatan dari siklus I yaitu hasil belajar siswa meningkat menjadi 29 siswa (97% siswa) tuntas dan 1 siswa (3%) belum tuntas. Diketahui nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 82.

10 Kesimpulan Berdasarkan analisis dan pembahasan data dilaksanakan di kelas 5 SD Negeri 1 Boloh Kabupaten Grobogan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Group Investigation dengan permainan Class Adventure dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri 1 Boloh Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil peningkatan pada siklus I mencapai 90% dan siklus II mencapai 97%. Peningkatan itu terjadi karena adanya perubahan siswa saat melakukan pembelajaran merasa tertantang dengan kompetisi permainan.

11 Penelitian ini memberikan dampak positif bagi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 5, maka peneliti memberikan saran kepada siswa untuk menumbuhkan minat belajar pada mata pelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kepada guru untuk mengembangkan wawasan mengenai penerapan pembelajaran group investigation dengan permainan class adventure . Terakhir kepada sekolah untuk memberikan masukan guna menyusun kurikulum agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan mutu pendidikan.

12 T e r i m a k a s i h


Download ppt "NIM : 292013132 YUYUN SURYANI PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN CLASS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google