Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PROJECT)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PROJECT)"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PROJECT)
Tomi tegara s ( ) Nita octavia ( ) Rikarda Yovania ( )

2 It’s All About JAVA

3 Pengertian JAVA Java menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer stand alone ataupun pada lingkungan jaringan.

4 Sejarah JAVA lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

5 Sejarah JAVA Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya: java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar. java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas. java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan. java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP. java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI) java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

6 Keunggulan JAVA Multiplatform
OOP (Oriented Object Programming - pemrograman berorientasi objek). Perpustakaan Kelas Yang Lengkap Bergaya C++ Pengumpulan sampah otomatis

7 Kekurangan JAVA Tulis sekali, jalankan di mana saja
Mudah didekompilasi Penggunaan memori yang banyak

8 Source Program Dalam ilmu komputer, source Program (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrograman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia.

9 Editor Program Editor merupakan Program khusus yang mempermudah pengguna melakukan koreksi, ,penyisipan, modifikasi, penghapusan dalam program atau data yang ada. Beberapa Editor yang dapat digunakan dalam pemrograman java Notepad BlueJ Netbeans Editor-editor lain: Eclipse, Gel, JBuilder, Jcreator dll

10 Compiler Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code). Tahapan Compiler: Pertama source code (program yang ditulis) dibaca kememori computer). Source code tersebut diubah menjadi objek code (bahasa Assembly). Objek code di hubungkan dengan library yang dibutuhkan untuk membentuk file yang bisa dieksekusi.

11 Linker Linker adalah suatu program yang menterjemahkan program objek (bereksention OBJ) ke bentuk program eksekusi (berekstension EXE atau COM).

12 Exec Program Berikut adalah source untuk exec program:

13 Output Dari Program diatas

14 Objek Program Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

15 Standar I/O Java Pada Java, input/output pada file dan jaringan dilakukan berdasarkan aliran (stream), di mana semua objek dapat melakukan perintah I/O yang sama. Standar output (System.out) dan standar input (System.in) adalah contoh aliran.

16 Escape Character Escape characters adalah karakter-karakter yang diawali dengan \ (backslash), dimana untuk masing-masing escape characters memiliki makna tertentu. Contoh: i = 1; do { printf(“%d\n”,i); } while(i <= 5); ket: backslash n (\n) diatas menunjukan perintah untuk membuat baris baru, sama halnya dengan menekan enter saat mengetik.

17 Berikut Macam-macam Escape character:
\a  : bunyi speaker (speaker komputer). \b  : mundur satu spasi (backspace). \f  : ganti halaman (from feed). \n : ganti baris baru (new line). \r  : ke kolom pertama ke baris yang sama (carriage retrun). \t  : tabulasi horizontal. \v : tabulasi vertikal. \0 : nilai kosong. \'  : karakter petik tunggal \" : karakter petik ganda. \\ : garis miring tebalik (backslash) untuk memberikan keterangan

18 Variabel JAVA Bahasa pemrograman pada umumnya, mengenal adanya variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai atau data. Identifier Deklarasi Variabel

19 Identifier Identifier adalah kumpulan karakter yang dapat digunakan untuk menamai variabel, method, lass, interface, dan package. Identifier bisa disebut valid atau sah apabila diawali dengan : Huruf / abjad Karakter mata uang Underscore ( _ ) Identifier dapat terdiri dari : Angka Note: Identifier tidak boleh spasi atau diawali dengan angka. Selain itu, identifier tidak boleh menggunakan keyword atau katakata yang memiliki arti atau digunakan dalam pemrograman Java.

20 Deklarasi Variabel Sintaks dasar : [tipe data] [nama variabel]
Menuliskan tipe data dari variabel, contoh : int bilangan; char karakter; float bildesimal; boolean status; Setelah mendeklarasikan variabel dengan tipe data, selanjutnya memberikan nilai variabel tersebut dengan tanda = . bilangan = 20; karakter = ‘k’; status = true; Dapat juga mendeklarasikan dan memberikan nilai dalam satu baris. int bilangan = 20; char karakter = ‘k’; float bildesimal = 22.2f;

21 Kita dapat membuat variabel menjadi konstanta yang tidak dapat diubah nilainya dengan menambahkan keyword sebelum tipe data dari variabel.Contoh : final int konstantainteger = 10; final float pajak = 15.5; Agar konstanta ini dapat diakses oleh class lain tanpa harus membuat objek terlebih dahulu, maka kita dapat menambahkan modifier public dan keyword static seperti berikut : public static final konstantainteger = 10

22 Tipe Data JAVA Java memiliki tipe data yang dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, Tipe Data Primitif Tipe Data Referensi

23 Tipe Data Primitif Integer (bilangan bulat)
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan apabila tidak berurusan dengan pecahan atau bilangan desimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut : Byte INT Short Long

24 Tipe Data Primitif b. Floating ( Bilangan Pecahan)
Floating Point digunakan untuk menangani bilangan decimal atau perhitungan yang lebih detail dibanding integer. Ada dua macam floating point, yaitu : Float Double c. Char Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ‘ (petik tunggal). d. Boolean Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false.

25 Tipe Data Referensi Kelebihan pemrograman berorientasi objek adalah dapat mendefinisikan tipe data baru yang merupakan objek dari class tertentu.

26 Operator JAVA Operator Java merupakan karakter khusus yang berupa simbol atau tanda yang memerintahkan compiler untuk melakukan berbagai operasi terhadap sejumlah operand.

27 Operator JAVA Terdapat beberapa operator java diantaranya:
Operator Aritmatika Operator Increment dan Decrement Operator Assignment (penugasan) Operator Relasi Operator Logica Operator Precedence Operator bitwise - bitwise AND, Bitwise OR, Bitwise XOR

28 Struktur Kondisi JAVA Terdapat 3 struktur kondisi pada JAVA:
Pernyataan IF Pernyataan SWITCH Pernyataan FOR

29 Struktur Berlabel JAVA
Terdapat 4 struktur berlabel JAVA yaitu: While Do-while Break: Break tidak berlabel, Break berlabel Continue: Continue tidak berlabel, Continue Berlabel


Download ppt "PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PROJECT)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google