Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Bahasan 1: Bahasa Pemrograman & Algoritma
2
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa/i mampu memahami dan mengetahui bahasa pemrograman Mahasiswa/i mampu menjelaskan tipe-tipe bahasa pemrograman populer Mahasiswa/i dapat menjelaskan pengertian dari algoritma Mahasiswa/i dapat memahami karakteristik dari algoritma Mahasiswa/i dapat merepresentasikan algoritma dalam flowchart, tabel keputusan dan pseudocode.
3
Materi Pembahasan Bahasa Pemrograman Penulisan Algoritma
Bahasa pemrograman mesin Bahasa pemgrograman assembly Bahasa pemrograman tingkat tinggi Penulisan Algoritma Karakteristik Algoritma Type penulisan: Flowchart Decision tables Pseudocode
4
Bahasa Pemrograman Bahasa berkomunikasi antara manusia.
Bahasa Pemrograman komunikasi antara programmer dan komputer Programmer menuliskan sebuah set intruksi-instruksi dalam bahasa pemrograman untuk menginstruksikan komputer dengan tujuan menjalankan tugas Instruksi-instruksi tersebut disebut Program
5
Aturan tata bahasa/ kamus kosakata = syntax
Bahasa Pemrograman Kata-Kata Symbol Aturan tata bahasa/ kamus kosakata = syntax Bahasa Pemrograman
6
Format Instruksi Bahasa Pemrograman
Operation Code (Opcode) Operator Logika Operator Aritmatika Branch Operator (transfer control to a memory location) Operator perpindahan data (between i/o devices & comp.) (Address) Operand Lokasi/ siapa yang menjalankan instruksi
7
Bahasa Pemrograman Mesin
Menggunakan binary digits Disebut juga sebagai the 1st generation language Keuntungan: cepat dieksekusi Keterbatasan: Sulit untuk di tulis Kode bahasa berbeda dengan type komputer satu dengan lainnya Error-prone Sulit untuk dimodifikasi
8
Bahasa Pemrograman Assembly
Diperkenalkan pada tahun 1952 Menggunakan kode alphanumeric dan simbol-simbol Menggunakan Assembler sebagai untuk men-generate Keuntungan: mudah ditulis dan dipahami Keterbatasan: Lebih lambat dieksekusi daripada bahasa mesin Bergantung dari prosesor
9
LD Ax, 9 LD Bx, 10 ADD Ax, Bx LD (100), Ax JMP Bx HLT Penjelasan Kode:
Register Ax with the value,9 Register Bx with the value,10 Add value Bx to Ax Menyimpan value Ax di lokasi memory utama, 100 Loncat ke Bx untuk transfer control Stop LD Ax, 9 LD Bx, 10 ADD Ax, Bx LD (100), Ax JMP Bx HLT
10
High-Level Programming Language
User friendly Disebut juga 3rd generation language Keuntungan: Lebih mudah digunakan, english-like Lebih mudah dibaca, ditulis, dan di-maintain Hardware independent
11
Compiler VS Interpreter
Menerjemahkan program lalu men-generate code lalu dieksekusi Menerjemahkan dan mengeksekusi source code pada satu waktu Object code yang di generate disimpan Tidak bisa disimpan untuk digunakan di masa yang akan datang Mendeteksi dan menampilkan syntax error Menampilkan syntax error terkait baris source code
12
Memilih Bahasa Pemrograman
Tipe aplikasi yang akan dibangun Bahasa pemrograman yang paling dikuasai Bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari dan digunakan
13
Presenting Algorithm IPO Cycle Input Informasi disediakan di komputer
Process Komputer memproses informasi/ data yang disediakan Output Hasil pemrosesan data
14
Karakteristik Algoritma
Algoritman menjalankan setiap langkah secara berurutan Setiap langkah yang dijalankan jelas dan khusus Langkah-langkah dalam algoritma biasanya adalah operasi dasar (basic operation) Algoritma harus menerima data dalam format yang didefinisikan sebelum diproses oleh instruksi yang diberikan Algoritma menghasilkan satu/ lebih output
15
Aturan Flow Chart untuk Algoritma
Menggunakan simbol yang sudah distandarisasikan Harus jelas dan mudah diikuti alurnya Langkahnya harus top-to-bottom atau left-to-right Input di tampilkan dalam logical order Simbol start dan end harus memiliki garis tunggal Input, proses, output dan display harus memiliki 2 garis (sebelum dan sesudah) Simbol keputusan harus memiliki garis Y/N (True/False) dan berhubungan dengan simbol sebelumnya Gunakan page connector untuk jika ada multiple page Jika flow chart terlalu kompleks maka gunakan simbol connector
16
Latihan Harian 1 Buat Algoritma “Penggunaan Ruangan AA.303” dengan menggunakan Simbol Flow Chart
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.