Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK KONSTRUKSI KAYU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK KONSTRUKSI KAYU."— Transcript presentasi:

1 ANGGOTA: DEPRIA PUTERA RENI MARIANI SULKAN LEMBARAN KERJA 1 BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU

2 alat yang digunakan dalam menggambar secara manual Pensil Gambar: Pensil Batang Pensil Mekanik Rapido Penggaris: - Penggaris –T - Penggaris Siku Jangka - Penghapus - alat pelindung penghapus Alat-alat Penunjang lainnya: - Busur - Sablon huruf dan angka - Mal lengkung - Mal bentuk Meja Gambar

3 Jenis garis

4 Simbol-simbol dalam gambar Bangunan

5 Uraikan langkah-langkah dalam membagi keliling lingkaran sama besar  Gambarkan lingkaran yang yang akan dibagi kelilingnya dengan pusatnya di M.  Tarik baris tengah lingkaran memotong titik A dan B  Buat busur dari titik A dan titik B sama panjang.  Tarik perpotongan kedua busur hingga memotong Buat busur dari titik A dan C sama panjang dan juga busur dari titk B dan titik C sama panjang  Perpotongan kedua busur dihubungkan ke titik M memotong lingkaran di titik E dan G  Kemudian diteruskan hingga memotong lingkaran berikut di titik F dab H - Keliling lingkaran sudah dibagi 8 sama besar. Yaitu AE, EC, CG, GB, BF, FD, DH dan HA

6 macam –macam proyeksi dalam menggambar bangunan Proyeksi Orthografis terbagi dua yaitu : -Cara Eropa (sekarang yang banyak digunakan) - Cara Amerika Proyeksi Paralel -Proyeksi Miring (Oblique) -Proyeksi Planometri Aksonometri -Proyeksi Isometri -Proyeksi Dimetri -Proyeksi trimetri

7 Perintah dasar menggambar dengan AutoCAD Perintah-perintah pada menu draw

8

9 cara membuat objek polyline dengan toolbar draw -Aktifkan perintah menubar Draw, pilih Polyline -di sebuah tempat di display sebagai titik awal -Kemudian pada display klik titik 1, 2, 3 dan klik kembali di titik awal

10 langkah memindahkan objek atau gambar dengan AutoCAD  Select atau pilih objek yang akan dipindahkan  Klik icon move seperti gambar icon tersebut pada menu toolbar atau ketik “M+enter”  Klik salah satu sudut atau tengah dari objek tersebut  Geser dan pindahkan objek sesuai dengan yang kita kehendaki, jika objek tersebut bersinggungan/ berdempet dengan objek lain, maka klik awal pada objek asli di bagian yang berdempet, dan klik kedua pada objek dua tempat memindahkan objek pertama  Jika objek dipindahkan dengan jarak tertentu, klik objek, M+enter, geser kearah yang dikehendaki, masukkan jarak pemindahan objek yang akan dipindahkan, enter

11 Langkah untuk mencetak objek pada gambar dengan AutoCAD  Mencetak dari model space  ukuran kertas serta legenda gambar dibuat langsung pada model space.  Selanjutnya kop dan legenda gambar tersebut diperbanyak sesuai dengan jumlah lembar gambar yang akan di cetak.  Selanjutnya gambar objek disusun di dalam kotak kop dan legenda gambar tersebut.  Untuk gambar detail maka gambar ukuran asli diperbesar dan diukur dengan dimension yang sesuai dan telah di modifikasi sesuai skala detail tersebut  Klik ikon plot pada menubar file, atau pencet ”CTRL+P”,  Dari tampilan plot yang muncul, pilih)printer yang akan digunakan pada Printer/plotter name.  Pilih ukuran kertas (paper size) dan gambar yang akan di print (plot area).  pilihan plot area yang digunakan adalah window (jendela).  klik ukuran jendela yang telah dipersiapkan sesuai dengan ukuran kertas. Jika ingin setingan tersimpan maka ”apply to layout” agar setingan disimpan dalam file gambar.

12 Mencetak dari layout space  Autocad menyediakan fasilitas cetak standar yang bernama layout. Pada bagian bawah jendela gambar tersedia tab model, layout1 dan layout2.  Jumlah layout menggambarkan jumlah kertas yang akan dicetak nantinya  Modify salah satu menu layout yang akan digunakan  Untuk memudahkan proses penyusunan gambar maka dibutuhkan menu viewports. klik kanan bidang menu layer yang digunakan dan centang menu yang ingin digunakan.  Kertas gambar yang tadinya kosong sekarang akan diisi dengan kotak viewport, tentukan langsung skala dari gambar pada menu viewport. Selain bentuk viewport kotak, persegi tak beraturan, viewport juga dapat berbentuk lingkaran dan segi tiga. Caranya adalah dengan membuat objeknya terlebih dahulu dan selanjutnya klik tombol convert object to viewport.


Download ppt "TEKNIK KONSTRUKSI KAYU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google