Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ahmad Sujana Informatika STT Mandala

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ahmad Sujana Informatika STT Mandala"— Transcript presentasi:

1 Ahmad Sujana Informatika STT Mandala
Bahasa pemrograman Ahmad Sujana Informatika STT Mandala

2 5 generasi bahasa pemrograman
Bahasa generasi pertama Bahasa mesin 5 generasi bahasa pemrograman Bahasa generasi kedua Bahasa rakitan (asembly) Bahasa generasi ketiga Bahasa prosedural (Ada,Basic,C,COBOL, FORTRAN, Pascall dll.) Mesin Bahasa generasi keempat Bahasa non prosedural (FOCUS, Infomik, NOMAD, Aracle, dll) Bahasa generasi kelima Bahasa kecerdasan buatan (Prolog, LISP dll)

3 Bahasa generasi pertama
Bahasa mesin Berorientasi pada mesin sangat sulit untuk di pahami oleh orang awam dan membosankan. Intruksi Bahasa Mesin Keterangan B402 atau Muatlah bilangan 2 ke rigeister AH B22A atau Muatlah bilangan 2A heksadesimal ke register DL CD21 atau Jalankan Interupsi 21 Heksadesimal Tiga intruksi di atas di gunakan untuk menampilkan tanda * pd layar Write (‘ * ‘); ( pada Pascal) Display “*” ( pada cobol) Print “*” ( Pada Basic) Printf ( “*” ); ( pada C) Cout << “*”; ( pada C ++)

4 Bahasa rakitan (asembly)
Bahasa generasi kedua Bahasa rakitan (asembly) Menggunakan bahasa rakitan ( Asembly), sebagai pengganti kode-kode biner, dimana mulai di gunakan kependekan kata-kata, misalnya “ MOV “ untuk menyatakan “ move” dan “ JNZ” yang berarti “ jump non-Zero” sehingga perintah lebih mudah di pahami ketimbang bahasa mesin dengan biner. Perintah Keterangan MOV AH, 02 Muatlah bilangan 2 ke register AH MOV DL, 2A Muatlah bilangan 2A heksadesimal ke register DL INT 21 Jalankan interupsi 21 heksadesimal

5 Bahasa generasi ketiga Bahasa rakitan (asembly)
Bahasa pemrograman generasi ketiga lebih ke bahasa prosedural, sebagai bahasa prosedural maka perlu menuliskan intruksi-intruksi yang lebih rinci agar komputer mengkesekusinya. Program di tulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa di pakai manusia, seperti “write untuk menampilakn sesuatu ke layar dan “read” untuk membaca data dari keyboard. Generasi ini sering di sebut bahasa pemrograman beraras tinggi (high-level langage) Bahasa pemrograman generasi ke tiga: ALGOL,C,BASIC, COBOL, Fortran dan Pascal

6 Bahasa generasi keempat Bahasa rakitan (asembly)
Bahasa pada generasi ni di rancang untuk mengurangi waktu pemogram dalm membuat sebuah program, di harapkan produktivitas pemrogram meningkat dan program dapat di buat dengan waktu yang lebih pendek Generasi ini di sebut pemrograman beraras sangat tinggi ( very high-level language) atau bahasa yang berorientasi pada masalah dengan sedikit penulisan kode Bahasa generasi ke empat ini lebih ke bahasa pemrograman non- prosedural.

7 Contoh prosedural dan non prosedural
USE pegawai SET FILTER TO kata =‘yogya’ GO TOP DO WHILE .NOT. EOF () DISPLAY nama SKIP END DO USE SELECT nama FROM pegawai WHERE kota = ‘yogya’; Sql Singkat dan tidak perlu langkah yang bersifat prosedural Langkah sangat detail dan terlalu teknis dBASE

8 Bahasa generasi keempat mendukung fasilitas-fasilitas
Pembangkit program ( aplication/program generator adalah piranti yang berfungsi untuk membuat aplikasi dengan mudah

9 Pembangkit laporan ( report generator) adalah piranti yang berfungsi untuk membuat laporan dengan cepat dan mudah

10 Bahasa Query ( merupakan piranti yang memungkinkan query dengan SQL dengan cara yang mudah dan cepat

11 Pembangkit gambar ( graphics generator) merupakan piranti untuk menyajikan data dalam bentuk grafik. Contohnya Oracle Informix Sybase Power house Access focus

12 Bahasa permrograman generasi ke lima
Kelompok bahasa pemrograman ini di tujukan untuk menangai kecerdasan buatan ( artificial intelegency), kecerdasan buatan adalah disiplin ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut Pemrosesan bahasa alami ( natural language), mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia. Pengendalian robotika dengan sensor mata Aplikasi sistem pakar ( expert sistem) yg meniru seorang pakar di bidang tertentu sehingga bisa menghasilkan nasihat atau pemikiran yang setara dengan pakar

13 Aplikasi bahasa alami Sistem Keterangan Babylon
Adalah prgram yang berfungsi sebagai penerjemah dari satu nahasa ke bahasa lain. Operette Sistem yang menjawab telepon yang di tujukan untuk melayani pelanggan ( biasa di sebut asisten operator telepon) Voicetype Buatan IBM yaitu sistem yang meungkinkan seseorang mebacakan suatu ucapan dana dan sistem akan mengubahnya ke bentuk tek dan menampilkan di monitor, sistem ini mampu menangkap kata perdetik dengan tinggakt keakuratan 99% Ask dudley Adalah mesin pencari yang di terapkan di persahaan dell untuk membantu para pelanggan yang mengalami masalah teknis, pengguna bisa berdialog dalam bahasa inggris

14 Berbagai bahasa pemrograman
Fortran COBOL PL/1 RPG BASIC LOGO, API, FORTH, Pascal, ADA, C++ dan java

15 FORTRAN Fortran ( Formula translator): dimkembangkan th 1956 oleh john Backus di IBM Aplikasi ini di ujukan untuk membuat aplikasi matematika, ilmu pengetahuan dan teknik. Keunggulan Fortran: Menangani perhitungan termasuk bilangan kompleks. Kelemahan: operasi ini terletak pada operasi masukan/keluaran yang sangat kaku, kode sumbernya sulit di fahami di bangding dengan program lainnya yang beraras tinggi

16 COBOL COBOL ( Comon Business oriented language)di kembangkan pada th 1959 san tergolong sebagai bahasa beraras tinggi, aplikasi ini di buat untuk aplikasi bisnis, sampai saat ini bahasa ini masih di pake di lingkungan mini komputer dan maunframe. Keunggulan COBOL: Tidak tergantung mesin;artinya kode untuk semua platform relatif sama Sintaknya yang menggunakan kata-kata bahasa inggris sangat mudaj di pahami oleh pemrogram Penanganan terhadap berkas sudah tersedia dan bahkan mendukung bermacam- macam tipe berkas ( misal sekuential dan index) Penanganan masukan/keluaran mudah di lakukan. Kelemahan bahasa ini terletak pada struktur penulisan program yang sangat kaku dan terkesan bertele-tele. Kata-kata lengakp yag di gunakandalam intruksi membuat pemrogram gampang bosan dan lelah.

17 PL/1 PL/1 ( Programing Language 1) di perkenalkan oleh IBM th 1963, program ini di gunakan untuk menangani pemrosesan data bisnis maupun melakukan perhitungan dn imlu pengetahuan, bahasa ini populer di lingkunagn IBM dan tidak pepuler di PC. Akhirnya bahasa ini jarang di gunakan karena susah di pahami.

18 RPG RPG(Report Program Generator); pemrograman generasi ke-3 ini sangat populer di lingkungan mini komputer dan mainframe IBM, bahasa ini menyediakan kemampuan yang meudahkan pemrogram dalam membuat laporan-laporan bisnis, RPG di perkenalkan tahun 1964, th 1970 muncul RPG II, dan penerusnya RPG III tergolong sebagai bahasa pemrograman generasi ke-4

19 APL APL ( A Programing Language) merupakan bahasa pemrograman generasi ke-3 yang di ciptakan tahun 1962 oleh keneth Iverson, bahasa pemrograman ini menggunkana keyboard khusus yang berisi symbol-symbol yang emnungkinkan untuk melakukan penyelesaina matematika kompleks.

20 LOGO LOGO merupakan bahasa yang di tunjukan secara khusus untuk membantu anak-anak dalam menyelsainkan masalah dan melakukan pemrograman. Bahasa ini di buat di MIT thn 1967noleh Saymour papert, dengan menggunakan LISP ( salah satu jenis pemrograman untuk kecerdasan buatan) logo sangat mudah di gunakan untuk membuat gambar dalam paraktinya logo banyak di gunakan untuk menghasilkan laporan dalam bentuk grafik.

21 BASIC BASIC ( Beginer All-purpose Symbolic Instruction Code) di kembangkan tahun 1965 di dartmoth College oleh john kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya bahasa ini di tujukan sebagai bahasa sederhana untuk pengajaran dasar pemrograman komputer, bahasa pemrograman ini termasuk bahasa yang serbaguna, yaitu dapat di pakai untuk aplikasi apa saja. Sangat populer pada masanya seblum PASCAL Keunggulan BASIC terletak pada kemudahan untuk dipakai.

22 Pascal Pascal di buat oleh Nicklaus With pada tahun 1971, nama pascal berasal dari nama matematikawan prancis yang bernama blaise pascal bahasa ini awalnya di gunakan untuk mengenalkan pemrogram terstruktur, pascal sangat populer di lingkungan mahasiswa ilmu komputer dan teknik dan menggeser FORTRAN dn BASIC Keunggulan bahasa ini terletak pada: Kemudahan untuk di pelajari Dukungan fungsi-fungsi matematika sangat lengkap Kelemahan: Tidak mendukung operasi bilangan kompleks Tidak mendukung sarana untuk aplikasi bisnis Bahasa pascal di gunakan sebagai landasan u tuk pemrograman Delphi dan Kylix

23 FORTH FORTH (Fourth Generation Language)tergolong sebagai bahasa generasi ke-3, bahasa ini di ciptakan tahun 1971 oleh Charles Moore dan di rancang untuk menangani tugas-tugas kontrol secara waktu nyata ( Real Time) maupun untuk aplikasi bisnis dan grafik, bahasa ini cocok untuk mengakuisisi data yang melibatkan sensor ataupun pengendalian robotika Kelebihan: Kemampuan memproses sangat cepat Memelukan sedikit memori Tersedia pada berbagai platform.

24 ADA ADA di kembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika mulai tahun dan di risilis tahun bahasa ini di buat untuk di jadikan sebagai standar bagi seluruh aplikasi di departemen tersebut, ada dukungan teknik pemrograman modern yaitu pemrogrman terstruktur, penyembunyian informasi (Hidding Information), tipe abstrak dan pemrosesan paralel, ADA ini sebenarnya di khususkan untuk membuat aplikasi militer, juga dapat di pakai untuk aplikasi bisnis.

25 Bahasa C C di ciptakan oleh Brian W. Kernighan dan Denis M. Ritchie pada tahun 1972, bahasa ini menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dalam aras rendah dan struktur data dan struktur kontrol yang beraras tinggi. C di pakai untuk menyusun sistem operasi UNIX dan Linux. Kelebihan C: Sifat protabilitas yang menyatakan bahwa kode sumber di buat bahasa C pada suatu platform dapat di pindahkan ke paltform lain tanpa perubahan. Cepat dan efisien Pemanipulasi data dalam bentuk but di mungkinkan. Kelemahan: Banyak pemrogram yang menganggap C adalah bahasa yang sulit utnuk dipahami dan dipelajari Tidak ada dukungan untuk aplikasi bisnis

26 C++ C++ dib uat oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983, awalnya di namakan “a better C” nama C++ di berikan oleh Rick Mascitti pada musim panas tahun 1983. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang sangat terkenal dan menggunakan kaidan bahasa C. Berbagai program grafis di lingkungan Windows, Unux dan Linux di buat dengan menggunakan bahasa ini. Di lingkungan windows, Visual C++ ini merupakan perangkat lunak yang dapat di pakai untuk membuat aplikasi apa saja, termasuk menangani basis data.

27 dBase dBase merupkan bahasa pemrograman yang berorientasi basis data yang mengawali kepopuleran DBMS di lingkungan mikrokomputer, di awali dBase II versi 2.4 yang di rilis tahun 1983, di operasikan pada IBM PC yang menggunakan PC DOS V1.1, 2.0 atau 2.1, versi dBase III dan dBase III plus sangat populer. dBase III plus beroperasi pada sistem operasi DOS, sedangkan penerusnya yaiyu visual dBase beroperasi pada windows dan mendukung pemrograman Visual ( Visual Basic).

28 JAVA JAVA di buat tahun 1995 di Sun Microsystem. Namun saat ini telah di ambil alih oleh Oracle, java merupakan bahasa berorientasi objek dan serbaguna. Kode java di kompilasi dalam format yang di sebut bytecode. Bytecode ini dapat di jalankan di semua komputer yang telah di lengkapi dengan program java interpreter dan java virtual mechine. Java telah menyediakan sarana untuk membuat program yang di sebut applet yang berjalan pada web browser, bahasa ini juga mendukung koneksi database, menyediakan sarana untuk membuat aplikasi berbasis windows dan juga dapat dipakai untuk pemrograman jaringan

29 LIPSP LISP ( LISt Program) di ciptakan oleh john MacGarty sekitar tahun 1960 dan merupakan bahasa kecerdasam buatan yang pertama, cirikhas dalam perograman ini adalaha banyaknya menggunakan tanda kurung.

30 prolog Prolog ( Progranation and Logique) adalah aplikasi yang di gunakan untuk kecerdasan buatan di buat pada tahun 1972 di universitas marseile francis oleh Alain Colmereuer.

31 PHP PHP awalnya ( Personal Home Page), sebelum akhirnya lebih dikenal dengan hypertex Prepocessor; merupakan bahasa pemrograman yang populer untuk mebuat aplikasi web, di ciptakan oleh Rasmus Lerdorp tahun 1995

32 ASP.NEt ASP.NRT adalah bahasa permrograman yang di tujukan oleh Micosoft untuk mempermudah pembuatan aplikasi web, bahasa ini di perkenalkan pertama kali pada tahun 2002 dengan nama (Active Server Page) ASP

33 MATLAB dan Octave MATLAB ( Matrix Laboratory) adalah bahasa pemrograman yang di tujukan secara khusus menangani komputasi yang terutama melibatkan matriks. Matlab di ciptakan oleh Cleve Moler dari Univ New Mexico pada tahun an OCTAVE (GNU Octave) ; bahasa pemrograman yang bersifat kompatible dengan MATLAB tetapi bersifat Open source

34 Pemrograman berbasis blok
Seperti blok yang di pakai anak anak untuk menyusun benbagai modelseperti bangunan atau model misalnya scracth, APP Inventor, Allice

35 Contoh scratch

36 APP Inventor

37 Allice

38


Download ppt "Ahmad Sujana Informatika STT Mandala"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google