Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia dan Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia dan Komputer"— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia dan Komputer
Strategi Multiple Windows By. Kelompok 4

2 Windows System / Sistem Jendela
Secara Umum jendela ( windows ) adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi pada satu atau lebih jendela ( windows ) , Informasi yang diberikan berupa informasi tekstual maupun grafis. Dalam menunjukan suatu daerah yang digunakan dalam menampilkan suatu informasi, biasanya daerah yang berupa persegi panjang akan di batasi dengan garis pembatas dengan berbagai ketebalan yang berbeda. Tujuan Sistem penjendelaan adalah menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan berbagai infromasi baik sendiri- sendiri  ataupun bersama sama, ke dalam bagian layar yang tidak saling mempengaruhi. Pada sistem jendela yang mempu menampilkan lebih dari sebuah jendela , pengguna seolah-oleh sedang bekerja dengan sebuah komputer, namun mempunyai banyak layar pada tampilan. Sebagai contoh adalah jendela dua dimensi yang di gunakan pada microsoft windows , dimana pada jendela tersebut kita dapat melihat sejumlah informasi secara bersama sama.

3 Strategi banyak Windows
Perancangan Windows tunggal Windows merupakan bidang yang berisi progran aplikasi atau file dokumen yang dapat dibuka dan ditutup , diubah ukurannya dan di pindah pindahkan Objek antar muka Windows : –  Judul ( title) –  Bingkai ( Border of frame ) –  Scroll Bars Aksi antar muka Windows: –   Membuka ( open action ) –   Memindahkan , menempatkan, dan menentukan usuran ( open , place and size action ) –   Menutup ( close action ) –   Memindahkan ( move action ) –   Membawa ke depan atau mengaktifkan ( Bring forward or activation action )

4 Contoh Perancangan Windows tunggal :

5 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 1. Multiple monitors Beberapa monitor digunakan untuk menampilkan informasi Jarak antar monitor memperlambat pekerjaan Contoh Multiple Monitor :

6 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 2. Rapid display flipping Perpindahan diantara tampilan pada satu monitor secara otomatis atau dikendalikan pemakai. Contohnya : slideshow foto

7 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 3. Splits displays Tampilan dibelah untuk menampilkan dua bagian dokumen atau lebih. Contoh : wordstar, wordperfect, lotus 123.

8 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 4. Fixed number, size, and place, and space filling tiling Tiling pembelahan tampilan sederhana Jumlah, ukuran, dan posisi tile selalu sama

9 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 5. Variable size, place, and number, and space filling tiling Mulai dengan sebuah window besar, Ketika window kedua dibuka, potong window pertama secara horisontal atau vertikal, untuk menyediakan ruang bagi window kedua

10 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 6. Non space filling tiling Tidak seluruh tampilan perlu ditutupi Celah diantara tile diperbolehkan tetapi penumpukan tidak

11 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 7. Piles of tiles Variasi dari strategi dasar tiling Window dapat ditumpuk penuh seperti menumpuk ubin. Biasanya fixed size dan fixed position

12 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 8. Window zooming Pemakai dapat memperluas ukuran window hingga selayar penuh dan kemudian memperkecilnya kembali ke ukuran semula, contoh :

13 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 9. Arbitary overlaps Window dapat digerakkan ke titik manapun dari tampilan dan sebagian dapat berada di luar tampilan, terpotong oleh batas layar Disebut juga sistem window dua setengah dimensi karena window seakan-akan mengapung diatas window lainnya Kekurangannya mengaburkan bahan yang relevan dan meningkatkan beban housekeeping

14 Strategi banyak Windows
Perancangan multiple Windows 10. Cascades Aplikasi metafora ”tumpukan kartu” dengan mengurutkan window secara berundak dari atas ke kanan bawah atau dari kiri bawah ke kanan atas.

15 Koordinasi multiple windows dengan task
Kelas koordinasi yang dapat dikembangkan  oleh developer : Synchronized scrolling, Scrool bar dari windows yg satu dengan scroll bar lainnya. Gerakkan dari SB yg satu menyebabkan yg lainnya ikut menggulung isi windows. Berguna untuk membandingkan 2 versi dokumen. Hierarchical browsing, Windows yg satu berisi daftar pilihan yg jika dipilih akan menampilkan isinya di window yg lainnya. Contoh : Window Explorer, “online view” pd Ms. Word Direct Selection: Mengklik icon, kata pada tulisan, atau nama variabel pd program memunculkan window yg memperinci penjelasannya. Contoh : windows Help. Two-dimensional browsing : Menunjukkan pandangan high level dari peta, grafik, foto atau gambar lainnya di sudut yg satu, dan rinciannya di window yg lebih besar Dependent-windows opening and closing, Dengan membuka atau menutup window, window-window lainnya yang tergantung dengannya terbuka juga pada lokasi yang berdekatan dan memudahkan, contoh : tampilan Winamp Save or open window state, Keadaan terakhir sistem meliputi window dan isinya dapat disimpan.

16 Analisa Tugas Analisa tugas adalah Proses menganalisa bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan sistem yang ada Metode untuk menganalisis pekerjaan orang -Apa yang orang kerjakan -dengan apa mereka itu bekerja -apa yang harus mereka ketahui Teknik (Pendekatan) untuk analisa tugas / Jenis-jenis A. Dekomposisi tugas, memilah tugas ke sub-tugas beserta urutan pelaksanaannya B. Teknik berbasis pengetahuan, melihat apa yang harus diketahui oleh user tentang objek dan aksi yang terlibat dalam tugas dan bagaimana pengetahuan itu diorganisasikan C Analisa berbasis relasi-entitas, pendekatan berbasis objek, dimana penekanannya pada identifikasi aktor dan objek, relasi dan aksi yang dilakukan. Analisa tugas dikhususkan untuk mengenali kepentingan user. Beberapa aspek analisa tugas sangat mirip dengan model kognitif berorientasi-goal. Analisa tugas cenderung lebih melihat pada apa yang harus dilakukan oleh user sedangkan pada model kognitif lebih melihat pada proses kognitif internal seseorang dalam melakukan pekerjaannya (internal mental state), maka granularitasnya biasanya lebih kecil dibandingkan analisa tugas.

17 Sumber Informasi dan Pengumpulan Data
Berikut ini adalah beberapa sumber informasi yang dapat diper gunakan untuk membuat analisis tugas : Wawancara Dokumentasi Pengumpulan Data Observasi Analisis Awal

18 Penggunaan Hasil Analisis Tugas
Contoh dari penggunaan hasil analisis tugas, misalnya : Manual dan Pengajaran Struktur hirarki yang dapat digunakan untuk menyusun manual atau bahan pengajaran. Bentuk how to do dapat digunakan sebagai bahan pelatihan tingkat dasar, sedangkan yang lebih mahir memerlukan struktur konseptual yang lebih baik, misal dengan teknik berbasis pengetahuan. Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem Analisis tugas memberikan kontribusi pada proses pendefinisian kebutuhan dan perancangan sistem. Analisis tugas terhadap sistem yang sudah ada akan membantu pendefinisian kebutuhan dalam hal : Objek dan tugas apa saja yang ada di sistem lama yang akan diakomodasi di sistem baru fitur apa yang akan diperbarui, apakah akan mengotomasi seluruh tugas atau fungsi spesifik tertentu Pada perancangan yang lebih tinggi, analisis tugas juga dapat membantu perancang menentukan model internal sistem yang sesuai dengan keinginan user serta dapat digunakan untuk meramalkan pengunaan sistem. Perancangan Detail Interface Taksonomi tugas dapat digunakan untuk merancang menu. Tugas utama dapat dijadikan menu utama dan sub dibawahnya menjadi sub menu yang berkaitan. Tampilan menu alternatif dapat disesuaikan dengan tugas dan peran dari menu.

19 Terima Kasih


Download ppt "Interaksi Manusia dan Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google