Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komponen GUI Menambahkan Komponen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komponen GUI Menambahkan Komponen."— Transcript presentasi:

1 Komponen GUI Menambahkan Komponen

2

3

4 Penggunaan Label/TextView
Import Pustaka Label jika ada operasi pada TextView import android.widget.TextView; Deklarasikan objek TextView agar global TextView tvv1; Pada metoda onCreate, panggil layout berisi TextView setContentView(R.layout.activity_contoh); <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" Ambil ID View TextView tvv1 = (TextView) findViewById(R.id.ltvdata); Untuk mengambil nilai dari TextView String dataku = tvv1.getText().toString(); Untuk mengeset nilai pada TextView tvv1.setText(“Nilai”);

5 TextView tv=new TextView(this); // Panggil metoda
Untuk membuat TextView secara program: // Buat sebuah objek TextView tv=new TextView(this); // Panggil metoda tv.setText(“Halo Android”); //Tampilkan ke layar setContentView(tv);

6 Penggunaan Kotak Input/EditText
Import Pustaka EditText import android.widget.EditText; Deklarasikan objek EditText agar global EditText etv1; Pada metoda onCreate, panggil layout berisi EditText setContentView(R.layout.activity_contoh); <EditText android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:hint="Masukan Datanya" Ambil ID View EditText etv1 = (EditText) findViewById(R.id.letdata); Untuk mengambil nilai dari EditText String dataku = etv1.getText().toString(); Untuk mengeset nilai pada EditText etv1.setText(“Nilai”);

7 Penggunaan Tombol/Button
Import Pustaka Button dan Listener import android.widget.Button; import android.view.View.OnClickListener; Tambah implement pada Kelas implements OnClickListener Deklarasikan objek Button agar global Button btv1; Pada metoda onCreate, panggil layout berisi Button setContentView(R.layout.activity_contoh); <Button android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="OK" Ambil ID View Button btv1 = (Button) findViewById(R.id.lbtok);

8 Penggunaan Tombol/Button
Tambahkan Listener btv1.setOnClickListener(this); Pada metoda onClick perintahkan apa yang harus dilakukan jika tombol ditekan. public void onClick(View v) { … } Atau btv1.setOnClickListener(new View.OnClickListener() { public void onClick(View view) { }});

9 Dari String ke beberapa tipe bilangan
Konversi Nilai Dari String ke beberapa tipe bilangan Float f1 = Float.parseFloat("123"); Integer i1 = Integer.parseInt("123"); Double d1 = Double.parseDouble("123"); Dari bilangan ke String tvv1.setText(String.valueOf(f1)); etv1.setText(String.valueOf(i1)); btv1.setText(String.valueOf(d1)); Beberapa Konstanta dan metoda pada class Math Math.E(123) Math.PI(123) Math.cos(123) Math.sin(123) Math.tan(123) Math.pow(123) Math.sqrt(123)

10 Memilih Tombol yang ditekan
public void onClick(View v) { switch (v.getId()) { case R.id.tombol_plus: Tambah(); break; case R.id.tombol_min: Kurang(); break; case R.id.tombol_x: Kali(); break; case R.id.tombol_bagi: Bagi(); break; default: }

11 Langkah Langkah Membuat Program
1. Buat rancangan layout berisi komponen GUI. 2. Tentukan Layout, posisi, lebar, tinggi, id dan text/hint tiap komponen. 3. Text/hint masukkan ke dalam res – values - strings 4. Buat xml layout, serta atur propertinya. 5. Buat Kelas Activity untuk memanggil layout dan proses lain. 6. Jika diperlukan, ubah manifest nya. Format: Id: Text: File xml, res/values/strings.xml : <resources> <string name="kata">Informasi</string> </resources>

12


Download ppt "Komponen GUI Menambahkan Komponen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google