Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

السلام عليكم Tugas UAS Logika Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "السلام عليكم Tugas UAS Logika Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy"— Transcript presentasi:

1 السلام عليكم Tugas UAS Logika Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
Model Graph dengan Metode Greedy Dosen: Herlawati. S. Si, MM. Disusun oleh: Nama Nining Sartika NIM Kelas 11.1A.04 No. Absen 40

2 بسم الله الرحمن الرحم KNAPSACK PROBLEM DALAM METODE GREEDY
Diketahui bahwa kapasitas M = 30 kg, Dengan jumlah barang n = 3 Berat Wi masing-masing barang (W1, W2, W3) = (28, 25, 20) Nilai Pi masing-masing barang (P1, P2, P3) = (38, 34, 25) Pilih barang dengan Nilai Profit Maksimal P1 = 38 –> X₁ = 1 {batas atas nilai} P2 = 34 –> X₂ = 2/25 {dihitung dengan fungsi pembatas} P3 = 25 –> X₃ = 0 {batas bawah nilai} Pilih barang dengan Berat Minimal W1 = 28 –> X₁ = 0 {sebagai batas bawah} W2 = 25 –> X₂ = 2/5 {dihitung dengan fungsi pembatas} W3 = 20 –> X₃ = 1 {sebagai batas atas} Maximal ∑iᶰ = ₁ Wi . Xi ≤ M ∑iᵌ = ₁ Wi . Xi = W₁ . X₁ + W₂ . X₂ + W₃ . X₃ ≤ M = X₂ ≤ 30 = X₂ + 0 ≤ 30 25 X₂ ≤ 25 X₂ ≤ 2 X₂ ≤ 2/25 Minimal = X₂ ≤ 30 = X₂ + 20 ≤ 30 25 X₂ ≤ 25 X₂ ≤ 10 X₂ ≤ 10/25 = 2/5

3 Pilih barang dengan menghitung perbandingan yang terbesar dari Profit dibagi Berat (Pi/Wi) yang diurut secara tidak naik, yaitu: P1/W1 = 38/28 = 1,35 dengan fungsi pembatas –> X₁ = 5/28 P2/W2 = 34/25 = 1,36 karna terbesar maka –> X₂ = 1 P3/W3 = 25/20 = 1,25 karna terkecil maka –> X₃ = 0 ∑iᶰ = ₁ Wi . Xi ≤ M ∑iᵌ = ₁ Wi . Xi = W₁ . X₁ + W₂ . X₂ + W₃ . X₃ ≤ M = 28 . X₁ ≤ 30 = 28 . X₁ ≤ 30 28 X₁ ≤ 28 X₁ ≤ 5 X₁ ≤ 5/28 Fungsi Pembatas dicari dengan rumus ∑iᶰ = ₁ Wi . Xi ≤ M Tabel berdasarkan elemen dari ke-3 kriteria metode Greedy yaitu: (P₁, P₂, P₃) = (38, 34, 25) ∑iᶰ = ₁ Pi . Xi ∑iᵌ = ₁ Pi . Xi = P₁ . X₁ + P₂ . X₂ + P₃ . X₃ = / = ,7 + 0 = 40.7 = / = , = 38.6 = / = 6, = 40.8 Solusi Ke- (X₁, X₂, X₃) ∑ Wi Xi ∑ Pi Xi Pi Max (1, 2/25, 0) 30 40.7 Wi Min (0, 2/5, 1) 38.6 Pi/Wi Max (5/28, 1, 0) 40.8 40.8 Nilai Profit Maksimal

4 PROBLEMA DAN MODEL GRAPH DALAM METODE GREEDY
Contoh: TRAVELLING SALESMAN Untuk menentukan waktu perjalanan seorang salesman seminimal mungkin. Permasalahan: Setiap minggu sekali, seorang petugas kantor telepon berkeliling untuk mengumpulkan coin-coin pada telepon umum yang dipasang diberbagai tempat. Berangkat dari kantornya, ia mendatangi satu demi satu telepon umum tersebut dan akhirnya kembali ke kantor lagi. Masalahnya ia menginginkan suatu rute perjalanan dengan waktu minimal. MODEL GRAPH: Misalnya: Kantor pusat adalah simpul 1 dan misalnya ada 4 telepon umum, yang kita nyatakan sebagai simpul 2, 3, 4 dan 5 dan bilangan pada tiap-tiap ruas menunjukan waktu (dalam menit) perjalanan antara 2 simpul . Tentukan model graph dengan waktu perjalanan seminimal mungkin! 9 14 12 1 2 11 10 5 6 4 9 8 4 3 7

5 Langkah penyelesaian:
1. Dimulai dari simpul yang diibaratkan sebagai kantor pusat yaitu simpul 1. 2.Dari simpul 1 pilih ruas yang memiliki waktu yang minimal. 3. Lakukan terus pada simpul – simpul yang lainnya tepat satu kali yang nantinya Graph akan membentuk Graph tertutup karena perjalanan akan kembali ke kantor pusat. 4. Problema di atas menghasilkan waktu minimalnya adalah 39 menit ( ) dan diperoleh perjalanan sbb: 12 1 2 6 5 9 8 4 4 3

6 والسلام عليكم


Download ppt "السلام عليكم Tugas UAS Logika Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google