Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi Mobile

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi Mobile"— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi Mobile
Pengembangan aplikasi mobile

2 RAD Rapid Application Development.
Memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Rapid = cepat, dengan lama pengembangan sekitar hari. Melibatkan user secara aktif untuk menguji prototype. Memanfaatkan komponen-komponen software yang telah ada (berkaitan erat dengan object-oriented programming). RAD lebih menekankan pada penyesuaian-penyesuaian (refine) yang muncul dari pengamatan atas hasil sementara. Menggunakan proses yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan perkembangan yang berlangsung (tidak seperti model waterfall yang menggunakan spesifikasi dan rencana yang telah ditentukan sejak awal) Sangat sesuai untuk model pengembangan software yang menekankan UI.

3

4 Design Sprint merupakan sebuah proses lima hari untuk menemukan jawaban atas suatu permasalahan (bisnis) Menentukan permasalahan (membentuk tim) Diskusi antar anggota tim (penjualan mengetahui hal yang tidak diketahui oleh teknisi, layanan konsumen mengetahui hal yang tidak diketahui desainer, dst). Membangun sketsa, dari semua hasil pembahasan (termasuk ide) yang diperoleh. Dari sketsa ini dipilih sejumlah gagasan terbaik untuk mengatasi permasalahan. Memutuskan gagasan mana yang akan ditindaklanjuti dengan mewujudkannya menjadi sebuah prototype. Membentuk prototype. Pengujian. Menunjukkan prototype yang dihasilkan pada konsumen (user) (contoh oceans eleven).

5 Desain Aplikasi Mobile
Pertimbangan Input One handed, keypad, kamera, soft keyboard Power terbatas Mudah rusak Bandwidth terbatas Layar lebih kecil Dukungan penggunaan shortcut User akan lebih nyaman jika menemukan antarmuka yang mirip antara PC dengan mobile.

6 Memiliki error handling Mengoptimalkan penggunaan memory internal
Antarmuka yang dibuat harus benar-benar memanfaatkan layar yang terbatas. Antarmuka harus konsisten bila dijalankan pada perangkat mobile yang berbeda. Memiliki error handling Mengoptimalkan penggunaan memory internal Desain antarmuka aplikasi mobile sebisa mungkin menggunakan memory yang sangat kecil. Menggunakan akses jaringan seminimal mungkin (berkaitan dengan kenyamanan user).

7 Desain Antarmuka Dinamis Kecepatan
Memungkinkan user mengatur konfigurasi yang diinginkan. Memudahkan pengoperasian dengan satu tangan. Menyediakan pilihan untuk memberikan umpan balik misalnya berupa suara (atau vibrasi) saat terjadi kesalahan. Kecepatan Aplikasi harus dapat berjalan cepat, dapat dihentikan atau pun dilanjutkan tanpa masalah.

8 Personalisasi Daya tarik
Memungkinkan user melakukan personalisasi sesuai keinginan Daya tarik Aplikasi harus memiliki tampilan yang menarik dan interaktif.

9 Konsep Pengembangan Aplikasi Mobile
Secara garis besar didasarkan pada dua pilihan apakah menggunakan native app (aplikasi yang diinstall di dalam device) atau web (menggunakan browser). Masing-masing memiliki keunggulan

10 WEB APP Keunggulan: Kekurangan:
Ada banyak tool yang dapat dipergunakan. Menggunakan kemampuan design web dan skill yang telah dimiliki Aplikasi kita berjalan di banyak device seperti halnya web browser. Siklus development yang terbilang cepat. Kekurangan: Tidak dapat mengakses semua fitur yang disediakan oleh hardware device. Secara umum tampilan kurang responsif dibandingkan dengan native.

11 Biasanya dibangun dengan HTML5, CSS3 dan JavaScript.
Aplikasi Web akan bekerja pada perangkat yang menggunakan browser web mobile modern yg membuatnya universal Aplikasi bersifat lintas platform dan hal ini akan mengurangi biaya pengembangan. Terbatas dalam fungsi dan pengalaman pengguna dengan apa yang dapat diberikan di dalam browser. Aplikasi ini tidak dapat menggunakan perangkat teknologi tertentu (seperti kamera) atau memanfaatkan perangkat native.

12 NATIVE APP Keunggulan: Kekurangan:
Dapat mengatur atau memanfaatkan fitur yang disediakan oleh hardware device. Lebih slick Kekurangan: Proses pengembangan memerlukan pengetahuan bahasa pemrograman misalnya Java, atau C++. Siklus pengembangan lambat (menulis program, kompilasi, pengujian: baik menggunakan emulator atau langsung diujikan pada device (lama), ulangi lagi jika terjadi kesalahan.

13 Dapat mengambil keuntungan dari teknologi array yang luas di perangkat mobile; compass, gyroscope, storage (offline dan cloud), Near Field Communications (NFC), kamera, dsb. Aplikasi native tidak lintas platform, artinya untuk pengembangan ke dalam platform lain diperlukan usaha dan biaya tambahan.

14

15 DESIGN Adaptive View (style) berbeda untuk ukuran layar yang berbeda atau perangkat yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan visual situs untuk setiap perangkat, tanpa perlu situs web mobile yang terpisah. Ini adalah cara yang relatif sederhana menyesuaikan website atau aplikasi untuk perangkat mobile tertentu tanpa harus mendesain ulang ke dalam versi desktop. Yang dibutuhkan adalah mengetahui ukuran layar dan perangkat yang ditargetkan lebih lanjut.

16 Responsive Desain 'Responsif' tidak mengharuskan untuk mengetahui ukuran layar target dari awal mula. Halaman ini akan mengatur ulang konten terus-menerus karena ukuran layar berubah. Mengambil pendekatan desain 'responsive‘ berarti bahwa situs akan dioptimalkan untuk semua potensi dimensi layar. Menawarkan tingkat pemeriksaan ukuran layar untuk semua perangkat mobile. Ada tingkat kompleksitas ekstra dalam pendekatan ini yang akan sering tercermin dalam skala waktu pengembangan dan, pada akhirnya, biaya.

17 Tools Rhomobile, framework dari Motorola yang menggunakan bahasa pemrograman Ruby. PhoneGap, yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang menggunakan bahasa pengembangan web standar seperti HTML dan JavaScript. Appcelerator, membantu pengembangan native mobile, tablet dan aplikasi desktop yang menggunakan HTML, PHP, JavaScript, Ruby dan Python. MoSync, menawarkan pengembang kompiler terpadu, libraries, runtimes, profil perangkat dan alat yang berguna lainnya. Dukungan untuk JavaScript, PHP, Ruby, Python dan sekarang termasuk IDE berbasis Eclipse untuk C / C ++.


Download ppt "Pengantar Teknologi Mobile"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google