Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
ACADEMIC WRITING 02 Ina Riyanto
2
REVIEW KULIAH LALU
3
KUALITATIF - KUANTITATIF
Pada penelitian Kuantitatif, jawaban sudah terpetakan. Penelitian dilakukan hanya untuk mencari perbandingannya. Pada penelitian kualitatif, penelitian dilakukan untuk mencari adanya kemungkinan-kemungkinan lain (melalui interview, Focus Group Discussion, survei, dll.) Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mengetahui situasi mengenai hal yang tengah kita teliti. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian kualitatif relatif lebih lama
4
PROSES PENELITIAN PENELITIAN ibarat sebuah perjalanan menuju wilayah yang tidak kita kenal sebelumnya. Menentukan wilayah yang dituju Bab I Menentukan apa yang akan kita cari di wilayah tujuan Menentukan tujuan kita setelah mencapai wilayah tersebut Menentukan apa manfaatnya kita melakukan perjalanan tersebut Membaca buku-buku tentang apa yang ditemui orang lain di wilayah tersebut, bukan sekedar gosip Bab II
5
PROSES PENELITIAN Perjalanan yang dilakukan bukan teleportasi. Sejak awal perjalanan dimulai, kita mengamati, mengumpulkan data, mendokumentasikan segala sesuatu yang kita lalui hingga sampai ke wilayah tujuan Bab III Ketika telah sampai tujuan, kita merefleksikan apa yang terjadi selama perjalanan dengan apa yang kita baca sebelum memulai perjalanan Bab IV Menyimpulkan pengalaman perjalanan kita Bab V
6
PROSES PENELITIAN Tahap proses yang paling penting adalah menentukan wilayah perjalanan perencanaan perjalanan (Bab I/ pendahuluan) Perencanaan perjalanan yang tidak matang akan membuat pelancong tersesat, perencanaan penelitian yang tidak matang akan membuat hasil penelitian kehilangan arah, tidak fokus, tidak mencapai apa yang ingin diteliti. Penelitian akan sia-sia, membuang waktu, tenaga, biaya Karena itulah, penelitian membutuhkan sebuah proposal penelitian
7
PROPOSAL PENELITIAN Proposal adalah gambaran mengenai apa yang akan dikerjakan dan bagaimana mengerjakan penelitian tersebut. Hal yang harus tercakup dalam proposal: Penelitian apa yang diusulkan Apa yang akan dicari dalam penelitian tersebut Bagaimana mencarinya Apa yang dapat dipelajari dari penelitian tersebut dan mengapa hal tersebut penting
8
PROPOSAL PENELITIAN Contoh 1:
Perancangan Buku About Logo – Melisa Suratno (1) Bagaimana merancang buku yang bisa memberi wawasan pembaca tentang proses pembuatan logo (2) Rancangan sebuah buku yang sesuai dengan target pembacanya (3) Buku ini harus memberi manfaat dan memudahkan pembaca memahami proses membuat logo. Peneliti harus tahu bagaimana mencari informasi yang dibutuhkan pembaca dan bagaimana cara memperoleh struktur dan tata letak buku agar pembaca menyerap informasi yang diberikan
9
PROPOSAL PENELITIAN (4) Setelah penelitian ini selesai dilakukan, apa manfaatnya bagi masyarakat Contoh 2: Karakter 3D untuk Game Neo Tak Benteng Kuru Kingdom – Christina Citrayani Bagaimana karakter 3D untuk game NTBKK? Peneliti akan mencari bentuk visual karakter yang sesuai untuk game NTBKK Peneliti melihat tipikal, preferensi, dan perhatian pemain yang prospektif memainkan game NTBKK Setelah penelitian dilakukan, apa manfaatnya.
10
PROPOSAL PENELITIAN Contoh 3:
Desain Set dan Properti yang Mendukung Cerita Film Pendek Engklek – Pisi Respati Bagaimana set dan properti yang dapat mendukung Film Engklek? Desain set dan properti pengungsian seperti dalam cerita film Engklek Benda apa yang ada di dalam pengungsian dan bagaimana penataannya? Setelah penelitian dilakukan, apa manfaatnya?
11
PROPOSAL PENELITIAN Contoh 3:
Desain Set dan Properti yang Mendukung Cerita Film Pendek Engklek – Pisi Respati Bagaimana set dan properti yang dapat mendukung Film Engklek? Desain set dan properti pengungsian seperti dalam cerita film Engklek Benda apa yang ada di dalam pengungsian dan bagaimana penataannya? Setelah penelitian dilakukan, apa manfaatnya?
12
REVIEW KONTEN PROPOSAL PENELITIAN
13
PROPOSAL PENELITIAN - STRUKTUR
Bagian Awal Hambatan Penelitian (bila perlu) Judul Rencana Kegiatan Abstrak Bagian Akhir Bagian Utama Daftar Pustaka Latar Belakang Lampiran (bila perlu) Rumusan Masalah Batasan Masalah Definisi Istilah (bila perlu) Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Telaah Literatur Metodologi Warna Merah : Fokus yang dipelajari pada pertemuan ini Warna Biru : Akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya/yang lain Latihan dalam pertemuan ini hanya sekilas (untuk melihat mereka masih parah atau sudah lumayan, atau bagaimana), bersifat pemanasan sebelum akhirnya mereka workshop proposal masing2 di beberapa pertemuan berikutnya
14
LATAR BELAKANG Berisi tentang pola pemikiran kita dalam melihat permasalahan, dimulai dari hal yang bersifat umum menuju hal yang bersifat khusus, yang berkaitan dengan penelitian kita. Contoh hal yang bersifat umum dalam penelitian Desain Kemasan Sambal Jago Cabe Popularitas sambal Peran kemasan (dalam pencitraan dan perlindungan produk)
15
LATAR BELAKANG Contoh hal yang bersifat khusus
Tentang produk Jago Cabe Kebutuhan desain kemasan Jago Cabe Hal yang perlu diingat: Penelitian tidak boleh berdasarkan asumsi (mereka-reka informasi), semua harus ada sumbernya. Apa yang diungkapkan dalam latar belakang harus memiliki data empiris.
16
LATAR BELAKANG Contoh:
Popularitas sambal dalam point (1), harus ada buktinya baik melalui wawancara pakar atau berita. Situs Republika memberitakan bahwa beberapa pengungsi Tsunami yang berada di Ishihama, Jepang, ternyata penggemar sambal Indonesia ( diakses pada 15 Maret 2012). PT. Heinz ABC yang memproduksi saus sambal ABC juga tengah menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 12% pertahun ( diakses pada 15 Maret 2012).
17
LATAR BELAKANG Contoh: Peran kemasan dalam point (2)
Situs Republika memberitakan bahwa ADES kembali memperkuat Indonesia dengan memperkenalkan kemasan botol hijau sekedar produk air minum. ADES dalam kemasan hijau menginspirasikan konsumennya untuk memulai sebuah langkah kecil yang memberikan perubahan ( diakses pada 14 September 2012).
18
LATAR BELAKANG Contoh:
Tentang produk Jago Cabe dan kebutuhan kemasan Jago Cabe dalam point (3 & 4) dapat diperoleh dari wawancara dengan pemilik usaha
19
RUMUSAN MASALAH Hal yang dipertanyakan dan harus dicari jawabannya dalam penelitian. Rumusan masalah menjadi titik mula berlangsungnya penelitian. Diutarakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Contoh rumusan masalah dalam penelitan Desain Kemasan Jago Cabe: Bagaimana desain kemasan yang sesuai untuk produk Jago Cabe?
20
BATASAN MASALAH Berisi rambu-rambu yang membatasi agar penelitian tidak terlalu luas, tidak keluar jalur, dan masuk akal dilakukan dalam satu periode Tugas Akhir Contoh batasan masalah dalam penelitan Desain Kemasan Jago Cabe: Kemasan yang dibuat hanya untuk varian Sambal Terasi produk sambal Jago Cabe Kemasan yang dibuat hanya kemasan primer Dll.
21
TUJUAN PENELITIAN Berisi tentang jawaban dari pertanyaan penelitian yang diajukan dalam rumusan permasalahan. Ketika karya selesai, tujuan permasalahan ini menjadi cerminan apakah penelitian telah dilakukan sesuai dengan tujuan awalnya Contoh tujuan dalam penelitan Desain Kemasan Jago Cabe: Membuat desain kemasan yang sesuai untuk produk Jago Cabe
22
MANFAAT PENELITIAN Memastikan bahwa penelitian yang dilakukan ini bermanfaat bagi orang lain, tidak sekedar sebagai syarat, tidak sekedar pembelajaran individu, tidak membuang biaya, tenaga, dan waktu. Contoh manfaat dalam penelitan Desain Kemasan Jago Cabe: Memberi usulan kemasan produk sambal Jago Cabe yang dapat menginformasikan citra produk yang ingin disampaikan Mempermudah konsumen untuk mengenali produk sambal Jago Cabe
23
MANFAAT PENELITIAN Memastikan bahwa penelitian yang dilakukan ini bermanfaat bagi orang lain, tidak sekedar sebagai syarat, tidak sekedar pembelajaran individu, tidak membuang biaya, tenaga, dan waktu. Contoh manfaat dalam penelitan Desain Kemasan Jago Cabe: Memberi usulan kemasan produk sambal Jago Cabe yang dapat menginformasikan citra produk yang ingin disampaikan Mempermudah konsumen untuk mengenali produk sambal Jago Cabe
24
RENCANA PENELITIAN Pembagian waktu yang logis dalam setiap tahap penelitian. Berapa lama waktu yang dihabiskan peneliti melihat fenomena di masyarakat, mengumpulkan data, membuat konsep, mengembangkan desain, dan mengeksekusinya. Hindari terlalu lama stuck pada salah satu proses, agar proses yang lain tidak tertunda.
25
LATIHAN STRUKTUR PROPOSAL
26
TERIMAKASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.