Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REKAYASA PERANGKAT LUNAK"— Transcript presentasi:

1 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM

2 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
RPL adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan Rekayasa atau teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia (Janner Simarmata,2010:10). Dokumentasi

3 Disiplin rekayasa “Disiplin rekayasa” Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Menerapkan metode, teori, motode, alat bantu, mencari solusi permasalahan. Perekayasa dibatasi organisasi dan keuangan, sehingga mereka harus mencari solusi dalam batasan ini  Software

4 Semua aspek produksi perangkat lunak
“Semua aspek produksi perangkat lunak” rekayasa perangkat lunak tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti manajemmen proyek perangkat lunak dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi perangkat lunak.  Manajemen Manajemen resiko…kualitas…. Jaminan mutu

5 Institute Of Electrical And Electronics Engineer (IEEE)
Definisi IEEE pada rekeyasa perangkat lunak mengatakan bahwa “ aplikasi dari suatu sistem, disiplin, pendekatan dapat dihitung untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak”. Disiplin meliputi kerangka, metodologi, teknik, dan alat yang dikususkan untuk pemecahan masalah bisnis.

6 Tipe Produk Perangkat lunak
Perekayasa PL bertugas mengembangkan produk perangkat lunak, yaitu perangkat lunak yang dijual kepelanggan. Ada 2 tipe produk perangkat lunak : Produk generik Produk pesanan (yang disesuaikan)

7 Produk Generik Ini merupakan sistem stand-alone (berdiri sendiri) standart yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual pada passar terbuka kesiapapun yang membelinya . Contoh. Pengolah kata (word), paket untuk menggambar dll

8 Produk Pesanan Ini merupakan sistem-sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. PL dikembangkan khusus bagi pelanggan tersebut oleh kontaktor perangkat lunak Contoh : sistem yang ditulis untuk mendukung proses bisnis tertentu.

9 Proses Perangkat Lunak
Proses perangkat lunak adalah serangkaian kegiatan dan hasil-hasil relevannya yang menghasilkan perangkat lunak. Ada 4 proses dasar dalam kegiatan proses perangkat lunak Spesifikasi PL  fungsionalitas PL dan batasan kemampuan Pengembangan PLPL yang memenuhi spesifikasi tersebut yang harus diproduksi Validasi PL  PL harus divalidasi untuk menjamin PL melakukan apa yang di inginkan pelanggan Evolusi PL  PL harus berkembang untukk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berubah- ubah.

10 Model Proses PL Model proses PL merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses PL yang dipresentasikan dengan sudut pandang tertentu. Model proses bisa mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses PL, produk PL, dan peran orang yag terlibat pada rekayasa PL

11 Model UMUM pada Pengembangaan PL
Pendekatan Air terjun Pengembangan Evolusioner Perakitan sistem dari komponen-komponen yang dapat dipakai ulang

12 Rekayasa Sistem Rekayasa sistem lebih tepatnya adalah rekayasa sistem berbasis komputer, berhubungan dengan semua aspek pengembangan dan evolusi sistem kompleks dimana perangkat lunak memainkan peran utama. Rekayasa sistem berkenaan dengan pengembangan perangkat keras, perancangan kebijakan dan proses, dan penyebaran sistem sebagaimana pada rekayasa perangkat lunak

13 Tanggung jawab Profesional dan Etika
Konfidensialitas  perekayasa harus menghormati konfidentalitas atasan atau kliennya, walaupun tidak ada persetujuan konfidentalitas formal yang ditanda tangani. Kompetensi  perekayasa tidak boleh menyalahi tingkat kompetensinya. Mereka tidak boleh dengan sadarnya menerima pekerjaan yang melebihi kompetensinya.

14 Tanggung jawab Profesional dan Etika
Hak properti intelektual  Perekayasa harus menyadari hukum lokal yang mengatur penggunaan properti intelektual seperti paten, hak cipta, dsb. Penyalahgunaan komputer  perekayasa perangkat lunak tidak boleh menggunakan keahlian teknis mereka untuk menyalahgunakan komputer orang lain.

15 Catatan Penting Perangkat Lunak  Program komputer dan dokumentasi yang berhubungan. Produk perangkat lunak dapat dikembangkan untuk pelanggan tertentu atau pasar umum Computer science membahas tentang teori dan pokok-pokok bahasannya. Sedangkan rekayasa perangkat lunak membahas tentang kepraktissan pengembangan dan penyelesaiaan perangkat lunak yang dapat dipakai.

16 Catatan Penting Atribut Perangkat Lunak / Karakteristik Produk
Dapat Dipelihara. PL harus ditulissedemikian rupadan dapat dilakukan perubahan seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan Dapat Diandalkan. Tidak menyebabkan kerusakan fisikatau ekonomi. Efisien. Mencakup kecepatan tanggapnya, lamanya waktu pemrosesan Kemampupakaian. PL harus dapat dipakai. PL haru memiliki interface user yang bagus dan dokumentasi yang mencukupi

17 Panduan Tugas

18 Latar Belakang Pengembangan
Adanya permasalahan yang dijumpai pada sistem yang lama. Permasalahan pada sistem lama bisa berarti pencatatan data yang tidak akurat, informasi yang sering terlambat atau sukar diperoleh saat dibutuhkan, serta ketidak-amanan data-data penting yang mengakibatkan permasalahan akses data oleh oknum yang tidak berhak. Pertumbuhan organisasi. Pada saat organisasi masih kecil masih mungkin segalanya dilakukan secara manual dengan jumlah pengelola beberapa orang saja. Namun, saat organisasi berkembang smenjadi besar, tidak mungkin untuk melakukan segalanya secara manual. Saat inilah dibutuhkan otomatisasi pemrosesan data sehingga proses-proses dalam organisasi bisa berjalan dengan cepat serta akurat. Selain itu, juga diperlukan suatu cara tertentu sehingga data-data yang diperlukan sebagai dasar pengambil keputusan oleh manager dapat diperoleh dengan cepat. Saat ini komputer menjanjikan pertolongan yang memadai (tentu saja dengan cara-cara yang ditentukan sebelumnya oleh para manajer).

19 Latar Belakang Pengembangan
Untuk meraih kesempatan-kesempatan. Teknologi informasi telah berkembang dengan cepatnya. Organisasi mulai merasakan bahwa teknologi informasi perlu digunakan untuk meningkatkan penyediaan informasi sehingga mendukung penuh dalam proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan olegh para manajer. Dalam keadaan pasar bersaing, kecepatan informasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi serta rencana-rencana yang telah disusun untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada. Menyesuaikan diri dengan visi,misi, strategi organisasi yang baru. Dalam perjalanannya, setiap organisasi memiliki visi, misi, serta strategi yang berubah sepanjang perjalanan waktu. Perubahan-perubahan ini biasanya terjadi akibat perubahan lingkungan yang mempengaruhi kerja serta kinerja organisasi. Teknologi informasi sering digunakan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan dalam kerangka visi, misi, serta strategi yang diterapkan untuk mengatasi perubahan lingkungan tersebut.

20 Tugas Buatlah latar belakang pengembangan aplikasi sesuai dengan judul yang anda ankat. Buatlah rumusan masalah. Buatlah ruanglingkup proyek / proposal (SCOPE) Buatlah tujuan pengembangan aplikasi

21 Pelajari Zachman Framework Framework TOGAF


Download ppt "REKAYASA PERANGKAT LUNAK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google