Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia dan Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia dan Komputer"— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia dan Komputer
10 Interaksi Manusia dan Komputer By : Andi Latifa Nabone

2 Pendahuluan Dialog tersebut dapat dinotasikan dalam bentuk diagram maupun secara tekstual. Dialog yang terkait dengan semantik atau apa yang dikerjakan oleh sistem dan presentasi atau bagaimana sistem tersebut ditampilkan. Pada interaksi manusia dan komputer, bahasa komputer mempunyai 3 tingkatan, yaitu : Leksikal Sintaktik Semantik

3 Struktur Dialog Manusia
Struktur dialog manusia kadang dipengaruhi oleh emosi, situasi, serta berbagai faktor lain. Oleh karena itu, struktur dialog manusia mengandung ketidak-konsistenan. Berbeda dengan dialog antarmanusia yang pada umumnya, dialog pada komputer biasanya terstruktur dan terbatas.

4 Notasi Diagramatik Notasi diagramatik merupakan suatu bentuk yang paling sering digunakan dalam desain dialog. Kelebihan dari bentuk ini adalah memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog. Berikut ada 5 metode yang digunakan untuk notasi diagramatik : State transition network Petri Nets Herel’s state charts Flow diagrams Jackson structured design diagrams

5 Notasi Tekstual Pada notasi diagramatik terdapat 5 metode untuk menjalankan suatu dialog, sementara pada notasi tekstual terdapat 3 metode, yaitu : Grammars (tata bahasa) Production rules (aturan produksi) CSP dan proses belajar

6 Dialog Semantik Dialog semantik adalah yang berfungsi untuk berkomunikasi antar para desainer atau sebagai alat untuk mendeskripsikan pemikiran mengenai dialog, sehingga perlu ditambahkan catatan pada dialog formal mengenai arti dari suatu aksi tertentu atau user dibiarkan membaca dan menginterpretasikannya sendiri.

7 Desain dan Analisis Dialog
Pada bagian ini akan dibahas beberapa cara untuk menganalisis dialog guna menemukan masalah daya guna yang potensial berkaitan dengan prinsip daya guna yang telah kita bahas sebelumnya. Berikut salah satu isu yang berkaitan dengan analisis properti dialog ini, yaitu : Berfokus pada aksi yang dilakukan oleh user, apakah dispesifikasikan dengan cukup dan konsisten.

8 Presentasi dan Properti Leksikal
Perancangan dialog ini haruslah terpisah dari perancangan detail dari presentasi dan interface leksikal. Seorang desainer harus menetukan fungsi sistem terlebih dahulu baru kemudian menggunakan model kognitif atau analisis tugas untuk mendesain dialog untuk menjalankan fungsi tersebut, baru akhirnya mendesain presentasi sistem secara visual dan interface leksikal antara tombol yang ditekan dan mouse yang digerakkan dengan aksi dialog yang abstrak.

9 Desain Non-antropomorfik
Desain non-antropomorfik merupakan suatu dialog yang singkat dan praktis yang digunakan pada interface dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut, diantaranya : Atribut bebas dapat membingungkan atau menyesatkan user. Pentingnya perbedaan yang jelas antara orang dan komputer.

10 SEKIAN


Download ppt "Interaksi Manusia dan Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google