Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
MAKNA & PERAN SERTA FUNGSI IDEOLOGI
MK. IDEOLOGI NEGARA PROGDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEMESTER II FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2
MAKNA IDELOGI BAGI NEGARA MENURUT M.IQBAL HASAN
Konsensus tentang nilai dasar suatu masyarakat dalam bernegara. Gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan menyeluruh mengenai manusia dan kehidupannya, utamanya hidup bernegara. Sebagai cita-cita sekaligus motivasi dalam sistem penyelenggaraan negara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
3
MAKNA IDELOGI BAGI NEGARA MENURUT ELLY M. SETIADI
Mempunayai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. Mewujudkan asas kerokhanian dari pandangan dunia atau pandangan hidup yang harus dipelihara, dikembangkan, diamalkan, ditanamkan pada generasi agar lestari, diperjuangakan, dan dipertahankan sebagai landasan bernegara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
4
PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA
Menentukan Eksistensi Negara. Tanpa ideologi, suatu negara akan kehilangan arah, tujuan, dan strategi mewujudkan tujuannya. Memberi Gambaran Mengenai Masyarakat Bangsa yang Akan Direalisasi. Ideologi menjadi indikator keberhasilan negara dalam membangun masyarakatnya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
5
PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA
Alat Pengikat dalam Mempersatukan Bangsa. Ideologi dapat diterima oleh berbagai pihak karena didasarkan pada pemikiran rasional dan sistematis. Kepastian Tentang Masa Depan Bangsa. Ideologi berisi cita-cita dan harapan mengenai masa depan bangsa dan negara. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
6
PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA
Patokan Bagi Warganegara Berprilaku. Ideologi berisi nilai-nilai bagaimana semestinya warganegara bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pengendali Konflik Sekaligus Integratif. Ajaran dan nilai-nilai dalam ideologi dapat digunakan untuk mengendalikan konflik, baik yang terjadi dalam diri sendiri maupu dengan orang lain. Sekaligus akan tercipta integrasi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
7
PERAN DAN FUNGSI IDEOLOGI BAGI BANGSA DAN NEGARA
Sebagai Suatu Lensa, Cermin, dan Jendela dari Suatu Bangsa dan Negara. Lensa : Dengan Ideologi Seseorang dapat melihat dunia bangsanya. Cemin : Dengan Ideologi Seseorang dapat melihat dirinya sendiri. Jendela : Dengan Ideoplogi orang lain dapat melihat diri bangsa dan negara pemilik ideologi tersebut. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
8
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT M.IQBAL HASAN
Struktur Kognitif >> Keseluruhan Pengetahuan yang Menjadi Landasan untu Memahami dan Menafsirkan Dunia dan Kejadiannya pada Alam Sekitar. Orientasi Dasar >> Wawasan yang Memberikan Makna serta Mewujudkan Tujuan dalam Kehidupan Manusia. Norma >> Pedoman dan Pegangan untuk Melangkah dan Bertindak. Bekal dan Jalan >> Sarana untuk Menemukan Identitasnya. Motivator >> Kekuatan Penyemangat dan Pendorong untuk Menjalankan dan Mencapai Cita-cita. Meidia Pendidikan >> Sarana untuk Memahami, Menghayati, dan Mempolakan Tingkah Laku Sesuai Orientasi dan Norma Ideologi tsb. 28 August 2018esuai A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
9
FUNGSI POSITIF IDEOLOGI SECARA UMUM
MENURUT STEVEN VAGO Memberikan Legitimasi dan Rasionalisasi terhadap Prilaku Hubungan-hubungan Sosial dalam Masyarakat. Sebagai Dasar atau Acuan Pokok Bagi Solidaritas Sosial dalam Kehidupan Kelopmpok atau Masyarakat. Memberi Motivasi bagi para Individu Mengenai Pola-pola Tindakan yang Pasti dan Harus Dilakukan. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
10
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT KARL MARX
IDEOLOGI MERUPAKAN DISTORSI REALITAS Ideologi memunculkan distorsi yang dibuat oleh kelas dominan dalam masyarkat sebagai upaya sistematis untuk mempertahankan status quo Ideologi sebagai distorsi secara ontologis berakar pada filsafat materialisme, yang menyatakan bahwa bahwa bukan kesadaran yang menentukan kehidupan riil, tetapi kehidupan riil yang menentukan kesadaran. Karenanya dunia infrastrktural (nyata) yang akan menentuka tipe suprastruktural. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
11
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT KARL MARX
IDEOLOGI MERUPAKAN DISTORSI REALITAS Ideologi sebagai ekspresi suprastruktural hanyalah rekayasa mental untuk mengelabuhi rakyat (kaum proletar). Bersaman ini, ideologi diidentikkan dengan negara, yang kemudian menjadi alat kelas dominan untuk menindas usaha proletar guna memperbaiki nasibnya. Ideologi dipandang sebagai imaginer yang kontras dengan realitas. Sementara realitas oleh Marx dan pengikutnya (Marxian) adalah praksis (kegiatan yang terisi dengan kegiatan produksi). 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
12
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT MAX WEBER
IDEOLOGI SEBAGAI LEGITIMASI SOSIAL Setiap orde sosial selalu melibatkan dua fenomena pokok yang melekat pada tatanan sosial. (1). Adanya klaim otoritas bagi lapisan elit pemimpin, (2). Kepercayaan dan kepatuhan mayoritas warga masyarakat. Kedua fenomena dalam orde sosial tersebut selalu terdapat ketidakcocokan tertentu, terdapat kesenjangan bersifat laten. Ideologi berfungsi mengisi ketidak cocokan (presisi) tersebut dengan merekatkan kesenjangan (diskrepansi) yang ada guna melegitimasikan otoritas. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
13
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT RICOEUR
IDEOLOGI SEBAGAI LEGITIMASI SOSIAL (Mempertajam argumen yang dikemukakan Weber) Adanya kesenjangan dalam masyarakat antara kepercayaan masyarakat dan tuntutan otoritas kelompok atau lapisan pimpinan. Unsur kepercayaan memberi andil lebih besar dari pada klaim otoritas yang dimiliki kelompok pemimpin/penguasa. Ideologi berfungsi mengisi kesenjangan antara kepercayaan dan otoritas penguasa dimaksud. Pengisian kesenjangan dimaksud menunjukkan perlunya teori baru mengenai Nilai Lebih (Surplus Value). 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
14
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT CLIFFORD GEERTZ
IDEOLOGI BERFUNGSI INTEGRASI Manusia dalam kehidupan, tindakan, dan interaksi dengan sesamanya penuh dengan simbol, dan tidak bisa lepas dari dunia simbolik atau interaksi simbolik. Simbol dalam komunikasi bersifat arbiter (perantara) yang maknanya ditentukan berdasarkan definisi sosial bukan pewarisan biologis. Atau penemuan fisik atau sosial untuk menunjuk makna yang ikuti bersama. Interaksi simbolik berarti menggunakan simbol-simbol untuk membangun definisi realitas sosial yang dimiliki dan bagaimana realitas sosial tersebut menentukan tindakan sosialnya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
15
FUNGSI IDEOLOGI MENURUT CLIFFORD GEERTZ
IDEOLOGI BERFUNGSI INTEGRASI Ideologi mengambil peran sebagai mediasi simbolik. Pemaknaan terhadap sismbol untuk membangun definisi realitas sosial dilandasi atau dijawai oleh nilai-nilai yang ada dalam ideologi dimaksud. Fungsi dasariah ideologi pada taraf simbolik tersebut, sehingga dapat memperlihatkan peran riilnya dalam membangun eksistensi sosial. Dengan demikian ideologi mempunyai hakekat integratif yang sanggup memelihara identitas sosial. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
16
SISI ATAU FUNGSI NEGATIF IDEOLOGI
MENURUT NAPOLEON BONAPARTE Doktrin yang bersifat Utopis dan Tidak Realistis. MENURUT KARL MARX Kesadaran palusu dan mewkili kepentingan kelas yang berkuasa dalam struktur kehidupan masyarakat. MENURUT M. IQBAL HASAN Terkait dengan totalitarianisme ideologi, yaitu pandangan dan nilai yang menentukan seluruh segi kehidupan manusia secara total, menuntut kehidupan dan tindakan manusiak secara mutlak harus sesuai garis ideologi, sehingga mengingkari kebebasan kodrati individu/pribadi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
17
A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
ISU KEMATIAN IDEOLOGI Isu Kematian Ideologi (Irrelevansi Ideologi) di antaranya dikemukakan oleh Daniel Bell >> Menolak kepercayaan umum yang menerima konsepsi menyeluruh tentang problematik sosial budaya sebagaimana diobesikan oleh berbagai ideologi sebagai cara bertindak manusia. Penolakan Daniel Bell berangkat dari kenyataan pengaruh perkembangan IPTEK, yang menjadikan manusia melangsungkan kehidupan dan prilakunya secara pragmatis. Artinya orang dalam hidup dan prilakunaya tidak lagi dimbimbing oleh nilai-nilai etik dan moral serta idealisme dalam ideologi. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
18
A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
ISU KEMATIAN IDEOLOGI Tidak jarang pula pragmatisme dianut pula oleh sebuah negara, yang tercermin pada prioritas pembangunan ekonomi dan kemajuan fisik yang sangat kuantitatif. Namun kenyataan tersebut bukan berarti sebagai kematian ideologi. Menurut Mochtar Pabotiunggi >> Jika suatu negara merumuskan program untuk merubah masa lalunya ke masa kini atau masa depannya selaras dengan gagasan/cita-cita ideologinya, berarti negara tersebut masih mengakui ideologinya. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
19
A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
ISU KEMATIAN IDEOLOGI Menurut Slamet Sutrisno >> Pengakuan terhadap ideologi bukan bersumber atas legitimasi formal atau yuridis, melainkan berbasis pada kepercayaan yang bersemayam dalam hati dan rasa warga masyarakat sendiri (Belief System) Menurut Sydney Hook >> Menggunakan contoh Amerika Serikat dan Uni Soviet (Waktu Itu), kedua negara tersebut memiliki kemajuan teknologi yang berimbang, namun dalam penanganan media masa berbeda, Amerika Serikat memberi kebebasan penuh pengelonya, sedang Uni Soviet sebaliknya. Faktor pokok yang membedkan pengelolaan tersebut adalah ideologinya. Artinya ideologi dikeduanegara tersebut masih hidup. 28 August 2018 A.Muthaliin/Ideologi Neg/PKn-Sm.2/FKIP-UMS
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.