Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehLiana Pranata Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
BAB 1 PENDAHULUAN
2
SAP (SATUAN ACARA PERKULIAHAN)
Peng. Kompt & TI- A SAP (SATUAN ACARA PERKULIAHAN) M1 : Konsep komputer dan sejarah perkembangan serta pemanfaatan teknologi komputer. M2 : Jenis-jenis komputer berdasarkan cara kerja, tujuan, dan kapasitasnya. M3 : Elemen dasar sistem komputer. M4 : Perangkat input dan output. M5 : Konsep dasar memori dan cara kerjanya. M6,7 : Konsep dasar data dan pemrosesan data serta konsep alur pemrosesan data. M8,9 : Basis bilangan, konversi dan operasi aritmatika dan logika. UJIAN TENGAH SEMESTER M10 : Operasi aritmetika dan logika. M11 : Sistem digital dari gerbang dasar. M12 ,13 : Arsitektur komputer, pemrosesan serta perhitungannya dalam CPU M14 : Standar pengukuran kecepatan peralatan komputer UJIAN AKHIR SEMESTER
3
DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A computare to compute menghitung Kata komputer sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE yang berarti menghitung. Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis.
4
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
DEFINISI KOMPUTER FUORI Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia ROBERT H. BLISSMER Menerima input Memproses input tadi sesuai dengan programnya Menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan Menyediakan output dalam bentuk informasi DONALD H. SANDERS Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, belerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi
5
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
DEFINISI KOMPUTER Dari definisi yang diberikan oleh para ahli, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa : Pengertian dari Komputer adalah : Alat elektronik yang menerima input data, mengolah data dan dapat membuat informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahan sehingga kita dapat bekerja secara otomatis. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK Pengolahan data dengan menggunakan komputer disebut pengolahan data elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP). Program adalah : Kumpulan instruksi atau perintah secara terperinci yang sudah disiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.
6
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
KONSEP KOMPUTER Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolahan data menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan Sistem Komputer (Computer System) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Elemen sistem komputer tersebut saling berhubungan jadi satu kesatuan. Hardware (Perangkat Keras) tidak akan berfungsi apabila tanpa Software (Perangkat Lunaka) atau sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada Brainware (Manusia) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. Hardware : Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa disentuh. Software : Program yang berisi instruksi/perintah pengolahan data. Brainware : Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer
7
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
8
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Pengembangan Siklus Pengolahan Data ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input : tahap proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input Processing : tahap proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution : tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar.
9
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
SEJARAH KOMPUTER Sejak dahulu kala, proses pengolahan kata telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat2 mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan2 manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Penggolongan alat pengolahan data sejak jaman purba sampai saat ini digolongkan kedalam 4 golongan besar yaitu : Peralatan Manual yaitu : peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. Peralatan Mekanik yaitu : Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. Peralatan Mekanik Elektronik yaitu : Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik. Peralatan Elektronik yaitu : Peralatan yang bekerja secara elektronik penuh, dan berkembang dari generasi ke generasi.
10
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan, komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Perkembangan teknologi komputer dimulai sejak jaman purba, dimana sejak jaman purba sampai saat ini bisa digolongkan ke dalam 4 golongan yaitu : 1. Peralatan manual, dilakukan sejak jaman primitif contohnya : A) ABAKUS : Abakus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan. Asal abakus tidak dapat ditunjuk dengan tepat. Alat ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Pada abakus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Lima cincinn bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia.
11
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Kompt & TI- A PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER (LNJT)
12
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
2. Peralatan Mekanik, perkembangan alat manual ke mekanik yang digerakkan oleh tangan, contohnya : B) PASCALIN : Di perancis pada tahun 1642, dalam usia 19 tahun Blaise Pascal ( ),menemukan mesin penjumlah mekanis yang pertama, digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak. Penemuan pascal, yang disebut Pascalin, dikenal debagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama.
13
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
3. Peralatan Mekanik Elektronik, Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik, contohnya : C) JACQUARD: Pada tahun 1801 Joseph Marie Jacquard dari Perancis mengembangkan mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu dari kayu yang berlubang (yang kemudian dikenal dengan punch card).
14
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
3. Peralatan Mekanik Elektronik, Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik, contohnya : D) BABBAGE : Pada abad ke -19, jauh sebelum tibanya abad elektronik, charles babbage ( )., seorang ahLi matematika dari Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai Bapak Komputer. Pada tahun Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih (“Different Engine”.) dijalankan dengan tenaga uap.
15
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
3. Peralatan Mekanik Elektronik, Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik, contohnya : E) HOLLERITH : Herman Hollerith ( ) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data. Tujuannya adalah untuk menghitung dan menjumlah sensus tahun 1890 di Amerika Serikat. Pada akhir abad 18 mendirikan perusahaan “Tabulating Machine Company”. Setelah Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM)
16
Komputer Generasi I (1946-1959) Komputer Generasi II (1959-1964)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 4. Peralatan Elektronik : Alat yang bekerjanya secara elektronik. Alat ini dikembangkan dari generasi ke generasi. Pembagiannya : Komputer Generasi I ( ) Komputer Generasi II ( ) Komputer Generasi III ( ) Komputer Generasi IV ( ) Komputer Generasi V (Sejak 1990an) Komputer Masa Depan (Abad 21) Pembagian 4 golongan besar ini akan memberikan gambaran sejarah komputer dari masa ke alat pengolahan data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer ini merupakan perkembangan dari Hardware (perangkat keras).
17
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
GENERASI KOMPUTER Komputer Generasi Pertama ( 1946 – 1959 ), ciri-cirinya : Menggunakan tabung hampa udara ( vacuum Tube ), sebagai penguat sinyal Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin . Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat , mahal dan prosesnya kurang cepat Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
18
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A
GENERASI KOMPUTER Komputer Generasi Pertama ( 1946 – 1959 ), ciri-cirinya : Konsep Stored-program dengan memory utamanya Magnetic core storage. Simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk Membutuhkan daya listrik yang besar Orientasinya pada aplkasi bisnis.
19
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Contoh komputer generasi pertama : ENIAC ( electronic Numerical Integrator And Calculator ) tahun 1946 EDSAC ( elektronik Delayed Storage Automatic Computer) tahun 1949 EDVAC ( elektronik Discrete Variabel Automatic Computer) tahun 1952 UNIVAC 1 ( Universal Automatic Computer 1) tahun 1963, merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetic sebagai media input-outputnya.
20
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Kedua ( 1959 – 1964 ), ciri-cirinya : Sirkuitnya berupa transistor, yang menemukan John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain tahun 1947. fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah Program dibuat dalam bahasa tingkat tinggi . Contoh : FORTRAN, COBOL, ALGOL. Kapasitas memori utama sudah cukup besar, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
21
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Kedua ( 1959 – 1964 ), ciri-cirinya : Simpanan luar berbentuk removable disk atau disk pack Ukuran fisik lebih kecil, proses operasi sudah cepat, jutaan per detik Membutuhkan lebih sedikit daya listrik. Berorientasi pada aplikasi bisnis dan teknik.
22
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Contoh komputer generasi kedua : UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107 HONEYWELL 400, HONEYWELL 800 GE 200
23
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Ketiga ( 1964 – 1970 ), ciri-cirinya : Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat & tepat Kapasitas memori lebih besar Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil & semakin murah harganya Kemampuan melakukan komunikasi data antar komputer lewat komunikasi telpon. Banyak bermunculan application software
24
Generasi Komputer Ketiga
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A Generasi Komputer Ketiga
25
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Contoh komputer generasi ketiga : IBM s/360 UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 GE 600, GE 235
26
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Keempat ( 1970 – 1990 ) Menggunakan Large Scale Integration ( LSI ) yaitu pemadatan, beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah CHIP. Dikembangkan komputer Micro yang menggunakan Micro Processor & Semiconductor yang berbentuk CHIP untuk memori komputer. Bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Contoh komputer keempat : AT : IBM PC/AT XT : IBM PC/XT
27
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Kelima ( sejak tahun 1990-an ) Dikenal dengan sebutan generasi Pentium Komputer dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia dengan bercakap-cakap, meniru intelegensi, ketrampian,dll. Menggunakan VLSI ( Very Large Scale Integration )
28
GENERASI KOMPUTER (LNJT)
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A GENERASI KOMPUTER (LNJT) Komputer Generasi Keenam ( abad 21 ) Merupakan generasi masa depan yang dikenal dengan generasi titanium. Hardware komputer yangmempunyai fungsi tertentu seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, maupun chasing besertaisinya tidak lagi digunakan. Fungsi-fungsi dari setiap hardware computer tersebut nantinya akandigantikan oleh sebuah perangkat yang mempunyai kemampuan istimewa. Perangkat yang miniini nanti berisi microchip yang mempunyai kemampuan sama dengan computer, yang dapatmemancarkan sinar hologram. Sinar hologram tersebut mempunyai fungsi seperti menjadi screendisplay dan keyboard.
29
PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER Pemanfaatan Teknologi Komputer atau Penerapan Komputer biasa disebut dengan istilah Computerization. Penerapan ini secara nyata telah mempengaruhi manusian secara pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi dan semua orang didunia ini. Tidak ada yang terlewat tanpa sentuhan komputer. Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi : 1. Bidang tehnik dan ilmu pengetahuan Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang tepat. Contoh : - Pembuatan Model Reaktor Nuklir dan Molekul-molekul - Pembuatan Aplikasi CAD (Computer Aided Design) - Merancang bentuk mobil, gedung dan susunan tata ruang dalam arsitektur.
30
Untuk mempelajari keadaan tanah serta kountur dari suatu daerah.
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 2. Bidang Geologi Untuk mempelajari keadaan tanah serta kountur dari suatu daerah. 3. Bidang Bisnis - Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat di dalam Perusahaan - Untuk menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang - Untuk menyediakan informasi meningkatkan mutu manajemen 4. Bidang Industri Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, agar lebih efektif dan effisien. 5. Bidang Perbankan Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan. 6. Bidang Pendidikan Untuk meningkatkan proses belajar agar metode belajar lebih effektif bagi siswa.
31
Untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket.
Peng. Tekno. Komp. & Informasi- A 7. Bidang Kedokteran Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT ( Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak. 8. Bidang Penerbangan Untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. 9. Bidang Kriminal Untuk menghasilkan statistik kriminalitas di suatu daerah, sehingga dapat mengatur patroli yang diperlukan untuk mendapatkan data sidik jari dan mencari fakta dan data dengan tepat dan cepat. 10. Bidang Permainan Untuk hiburan, pendidikan, ketrampilan dan untuk membantu pasien yang lemah mental atau terbelakang.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.