Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
FAKTOR MANUSIA SESI II
3
Humans as information processing systems
Channels I/O Memory Thought processes
4
menghasilkan persepsi terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur, warna Dalam dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk 3 dimensi
5
LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m2) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT DILIHAT
6
KONTRAS (Luminans obyek – luminans latar belakang) Luminans latar belakang
7
MEDAN PENGLIHATAN I 62-70 62-70 II III 94-104 IV 94-104
8
WARNA (Aspek Psikologis)
Hindari penggunaan warna tajam secara simultan karena dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Hindari warna biru murni untuk teks, garis tipis dan bentuk yang sangat kecil. Hindari warna merah dan hijau untuk tampilan yang berskala besar, tetapi gunakan warna biru dan kuning Pengaturan cahaya di dalam ruangan diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah
9
WARNA (Aspek Kognitif)
Hindari menggunakan warna terlalu banyak Kelompokkan elemen berkaitan dengan latar belakang sama
10
Digital signal processing , pemanfaatan media suara
“penempelan” suara pada program aplikasi perlu pengalaman
12
Sensitifitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam sebuah sistem
Contoh : Keluhan pada saat menggunakan papan ketik yang harus dilakukan penekanan yang cukup berat atau malah terlalu ringan
13
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN
14
PENGOLAHAN SADAR v.s. OTOMATIS
PERLU BANYAK WAKTU TANGGAPAN SESUAI OTOMATIS REFLEK/DIBAWAH SADAR
16
Registrasi Sensori Persistensi penglihatan 0.2 detik
Persistensi pendengaran 2 detik Informasi disimpan dalam bentuk fisik
17
Kanal Kapasitas Rendah
18
Kanal Kapasitas Rendah
Laju data masukan scr sadar kecepatan rendah Laju data masukan tak sadar kecepatan tinggi Kanal Kapasitas Rendah
19
SIKAP & KECEMASAN USER Sikap negatif User Mempengaruhi unjuk kerja
Mengurangi kemampuan untuk mempelajari SK STM, berakibat proses belajar lambat Sistem Komputer harus RAMAH SIKAP & KECEMASAN USER
20
PENGENDALIAN MOTORIK RESPONDER UTAMA USER 10 JARI 2 KAKI 1 SUARA
10 jari untuk mendapat 1000 huruf/menit 2 jari untuk mendapat 400/menit Jadi pengendalian motorik manusia dapat dilatih untukmencapai taraf kemampuan tertentu
21
FAKTOR MANUSIA dalam IMK
PENGLIHATAN PENDENGARAN SENTUHAN PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN PENGENDALIAN MOTORIK
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.