Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMAHAMAN ILMU HUMANIORA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMAHAMAN ILMU HUMANIORA"— Transcript presentasi:

1 PEMAHAMAN ILMU HUMANIORA
Fungsi Akal dan Budi Manusia Manusia sebagai salah satu mahluk Allah memiliki keistimewaan tersendiri. Ia merupakan mahluk yang istimewa karena dipandang sebagai sebaik – baiknya ciptaan tuhan. “ Sesungguhnya aku (Allah) telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik – baiknya. Kemudian aku kembalikan dia ke tempat yang serendah – rendahnya (neraka), kecuali orang – orang yang beriman dan beramal shaleh, maka bagi mereka pahala yang tiada putus – putusnya. (Surat At-Tin 4 – 6 )”

2 Ernst Cassier ( Filsuf Amerika asal Jerman ) mengatakan bahwa manusia merupakan Animal Symbolicam yaitu mahluk yang penuh dengan lambang. Baginya realitas adalah lebih dari sekedar tumpukan fakta – fakta. Ortega Y. Gasset mengatakan bahwa hewan itu hidup bukan dari dirinya sendiri melainkan dari yang lain, yang ada diluar dirinya. Sedangkan manusia itu berbudaya, mengenal dirinya, berunding dengan dirinya sendiri, sehingga tidak tergantung secara mutlak dari kekangan dan tawaran sekelilingnya. Manusia mampu menguasai dunia sekitarnya.

3 Keistimewaan dan Kemuliaan Manusia
Manusia dapat menguasai dan memanfaatkan semua unsur alam ini untuk keperluan hidupnya Manusia mampu mengatur perkembangan hidup mahluk lain dan menghindarkan dari kepunahan Manusia dapat mengusahakan agar segala yang ada di alam ini tidak saling meniadakan Manusia mampu mengubah alam yang secara alamiah tidak bermamanfaat menjadi bermanfaat, baik bagi dirinya maupun bagi kehidupan pada umumnya

4 Manusia memiliki kretivitas untuk menciptakan benda – benda yang diperlukan dengan bentuk dan model yang diinginkan Manusia memiliki rasa indah, sehingga mampu menciptakan benda – benda seni yang dapat menambah kenikmatan hidup rohaninya. Manusia memiliki alat komunikasi dengan sesamanya yang disebut bahasa, yang memungkinkan mereka untuk dapat saling bertukar informasi demi kesempurnaan hidup bersama.

5 Manusia memiliki sarana pengatur kehidupan bersama yang disebut sopan santun atau tata susila, yang memungkinkan terciptanya suasana kehidupan bersama yang tertib dan saling menghargai. Manusia memiliki ilmu pengetahuan yang memungkinkan mereka dapat berkembang dan makin sempurna. Manusia memiliki pegangan hidup di dunia maupun kehidupan di akherat, yang dihubungkan dengan Sang Pencipta alam semesta

6 Sebagai “ benda ciptaan “ yang disebut mahluk manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan manusia sebagai mahluk ciptaan Allah adalah memiliki akal dan budi sehingga ia memiliki kemampuan seperti yang telah disebutkan diatas. Adapun kekurangannya terletak pada eksitensi manusia itu sendiri, bahwa ia tetap sebagai mahluk ciptaan Allah sehingga akal dan budinya jangan sampai dikendalikan oleh nafsu – nafsunya.

7 PENGERTIAN BUDAYA DAN KEBUDAYAAN
Budaya dapat diartikan sebagai : Pikiran  akal budi Berbudaya  mempunyai budaya, mempunyai pikiran dan akal budi untuk memajukan diri Sedangkan kebudayaan diartikan : Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai hasil pemikiran akal dan budinya

8 Peradaban sebagai budi akal manusia
Ilmu pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial yang dimanfaatkan untuk kehidupannya dan memberi manfaat kepadanya. Koentjoroningrat ( : 181 ) juga menjelaskan bahwa kata “kebudayaan” berasal dari bahasa sansakerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari ‘Buddhi’ yang berarti budi atau akal. Dengan demikian, kata a’kebudayaan’ dapat diartikan sebagai ‘ hal – hal yang bersangkutan dengan akal.

9 PERWUJUDAN KEBUDAYAAN
Koentjaraningrat mengemukakan bahwa kebudayaan itu dibagi atau digolongkan dalam tiga wujud, yaitu : Wujud sebagai suatu kompleks dari ide- ide, gagasan, nilai – nilai, norma – norma dan peraturan Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud kebudayaan sebagai benda – benda hasil karya manusia

10 TAHAP – TAHAP KEBUDAYAAN
Tahap mistis Adalah tahap dimana manusia merasakan dirinya terkepung oleh kekuatan – kekuatan gaib disekitarnya, yaitu kekuasaan dewa – dewa alam raya atau kekuasaan kesuburan, seperti yang dipentaskan dalam mitologi – mitologi kebudayaan primitif.

11 Tahap antologi Adalah sikap manusia yang tidak lagi hidup dalam kepungan kekuasaan mistis, tetapi secara bebas ingin meneliti segala hal ikhwal. Manusia mengambil jarak terhadap segala sesuatu yang pada masa lalu dunia mistis merupakan kepungan bagi dirinya. Manusia pada tahap ini mulai menyusun suatu ajaran atau teori mengenai dasar segala sesuatu (ontologi)

12 Sedangkan pada tahap fungsional akan terjadi kecenderungan yang sifatnya operasionalisme, budaya yang saling memperlakukan manusia sebagai buah – buah catur, nomor – nomor dalam seberkas kartu – kartu arsip. Bentuk perubahan kebudayaan itu sendiri dapat bermacam – macam, yaitu ada yang bersifat Evolusi Suatu perubahan kebudayaan yang terjadi secara lambat namun arah perubahaannya akan mencapai bentuk yang lebih sempurna.

13 Revolusi Proses perubahan kebudayaan yang terjadi secara cepat, sehingga akibat dari perubahan itu terlihat dan dirasakan oleh masyarakat Inovasi Pemanfaatan lahan pertanian agar lebih optimal hasilnya dengan model tumpang sari Disfusi. Perubahan budaya yang disebabkan oleh faktor – faktor dari luar masyarakatnya, yakni seperti masukan unsur – unsur buadaya asing

14 MENUJU ERA GLABALISASI
Globalisasi lahir dalam kehidupan yang tanpa perlawanan. Menolak globalisasi bisa jadi menolak terhadap hidup itu sendiri. Globalisasi merupakan ruang kontestan ( perlombaan ) budaya, sebab mengecilnya dunia jadi satu ruang sempit menimbulkan benturan antar budaya. Globalisasi adalah pengindonesiaan darikata benda bahasa inggris globalitation, berasal dari kata

15 Globalisasi adalah pengindonesiaan darikata benda bahasa inggris globalitation, berasal dari kata dasar “globe” yaitu bola bumi, yang mempunyai makna proses pembumian sesuatu. Kata sesuatu tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi dan kapitalisme. Isu globalisasi yang semula bermuara pada nilai ekonomi ternyata berkembang pada sektor – sektor lain yang secara langsung mempengaruhi pola perilaku

16 Globalisasi adalah pengindonesiaan darikata benda bahasa inggris globalitation, berasal dari kata dasar “globe” yaitu bola bumi, yang mempunyai makna proses pembumian sesuatu. Kata sesuatu tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi dan kapitalisme. Isu globalisasi yang semula bermuara pada nilai ekonomi ternyata berkembang pada sektor – sektor lain yang secara langsung mempengaruhi pola perilaku manusia secara keseluruhan, sehingga menimbulkan nilai – nilai budaya yang baru yang dipandang lebih modern.

17 Menurut Kahl nilai – nilai budaya modern tersebut mamiliki karakteristik sebagai berikut :
Pandangan aktif terhadap hidup Tidak banyak tergantung kepada kaum kerabat Kecondongan orientalisme Bersikap individualisme Condong terhadap hubungan dan pergaulan yang lebih demokratis Membutuhkan media masa

18 Orientasi pandangan sama rata terhadap kesempatan maju dalam hidup
Kurang percaya dan bersandar kepada orang lain Tidak memandang rendah pekerjaan lapangan dan pekerjaan tangan Segan dan hormat terhadap penata luar Mengutamakan mutu dan hasil karya Keberanian mengambil resiko dalam usaha karya

19 Orientasi terhadap keluarga inti kecil
Kebutuhan terhadap aktivitas religi dalam hidup kecil. Sementara itu, Thrift pada tahun 1989 menunjukkan tiga strata utama tentang kota global, yaitu : Benar – benar pusat global yang diindikasikan dengan banyaknya kantor – kantor pusat, cabang – cabang kantor dan kantor – kantor pusat regional dari perusahaan – perusahaan dan bank besar Mereka melakukan kegiatan perdagangan besar berskala dunia.

20 Diindikasikan dengan adanya pusat – pusat zona yang memiliki kantor – kantor perusahaan besar dengan berbagai tipe dan pelayanan. Diindikasikan dengan adanya pusat – pusat regional yang memiliki kantor – kantor perusahaan dan kantor finansial, tetapi tidak terlalu penting untuk jaringan internasional

21 DAMPAK GLOBALISASI Dampak dari asumsi tersebut nilai sosial budaya lokal terancam tergeser eksistensinya.


Download ppt "PEMAHAMAN ILMU HUMANIORA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google