Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENG. SISTEM & TEKN. INFORMASI
Object-Oriented Programming PENG. SISTEM & TEKN. INFORMASI Data dan Jaringan Khairil Anwar
2
DATA Sekumpulan fakta, bilangan, angka dan simbol yang dibentuk dan diolah menjadi informasi (Scott) Gambaran / Fakta secara relatif belum berarti bagi si penerima (Davis) Penggambaran fakta, pengertian atau instruksi yang disampaikan, dimengerti dan diolah oleh manusia atau peralatan yang digunakan
3
JENIS DATA DATA STATIS: JENIS DT YG UMUMNYA TDK BERUBAH.(identitas nama,tempat, kode-kode nomor) DATA DINAMIS: JENIS DT YG SELALU BERUBAH(UPDATING DATE), CTH: DT NILAI MAHASISWA, DT KUNJUNGAN RS,DLL SUMBER DT : DT INTERNAL (DT YG BERASAL DR DLM ORGN/RS) DT EKSTERNAL (DT YG BERASAL DR SUMBER2 DI LUAR ORGS).
4
ELEMEN DATA LOGIS Penyimpanan adalah aktivitas sistem informasi di mana data dan informasi disimpan dalam suatu cara yang terorganisir untuk penggunaan dikemudian hari. Untuk tujuan penyimpanan, data secara khusus diorganisir ke dalam kategori berikut: Field. Field adalah sekelompok karakter yang menggambarkan karakteristik orang, tempat, sesuatu hal, atau peristiwa. Pada slide/tayangan ini, nama seseorang adalah merupakan suatu field. Record. Record adalah suatu kumpulan dari field yang saling berhubungan. Sebagai contoh, suatu record daftar nilai mahasiwa : nama, nim, nilai, Mata kuliah File. File adalah suatu kumpulan dari record yang saling berhubungan. Sebagai contoh, suatu file daftar nilai berisi record nilai untuk semua mahasiswa suatu PT. Database. Database adalah suatu kumpulan terintegrasi dari file yang saling berhubungan. Sebagai contoh, database personil suatu perusahaan berisi file gaji, kegiatan personil, dan ketrampilan karyawan.
5
Hirarkhi Data Database sistems Database File Record Data Agregat
Data item/field Byte Bit Data Agregat
6
Bit Byte sistem biner 0 & 1
dasar komunikasi atr manusia (bhs manusia) & mesin (bhs mesin) Byte bag terkecil yg dialamatkan dlm memori sekumpulan bit yg scr konvensional terdiri dari kombinasi 8 bit yg menyatakan 1 karakter dlm memori 1 byte = 1 karakter
7
Field / atribut / data item
unit terkecil yg disebut data sekumpulan byte yg mpy makna Jenis Fixed length field memiliki ukr yg tetap hrs disediakan ukr terbesar Variable length field memiliki ukr berbeda hemat, pemrog rumit
8
Data agregate Tempat-TanggalLahir Tempat lahir Char
sekumpulan field / atribut / data item dgn ciri ttt & diberi nama Contoh: Tempat-TanggalLahir Tempat lahir Char Tanggal lahir Date
9
Record sekumpulan field / atribut / data item yg saling berhub thd obyek ttt Jenis Fixed length record semua field dlm record memiliki ukr yg tetap Contoh: linked list dgn array Variable length record field-field dlm record dpt memiliki ukr berbeda metode penandaan: end of record marker, indikator pjg, & tabel posisi record
10
File sekumpulan record sejenis scr relasi yg tersimpan dlm memory sekunder Basis data sekumpulan dr bermacam2 tipe record yg memiliki hub antar record & rinci data thd obyek ttt
11
HUB FAKTA, DATA, ARSIP&INFORMASI
FAKTA KEG: -pelaporan -Komonikasi -transaksi dll HUB FAKTA, DATA, ARSIP&INFORMASI Direkam/catat ARSIP OTENTIK DATA disimpan disimpan diproses INFORMASI KOMPUTER keluaran FAKTA KEG: -pelaporan -Komonikasi -transaksi dll Direkam/catat ARSIP OTENTIK DATA keluaran disimpan diproses disimpan KOMPUTER INFORMASI
12
Siklus Pengolahan Data
Sama dgn model umum sistem Input Processing Output INPUT PROSES OUTPUT
13
Siklus Pengolahan Data Yg Diperluas
ORIGINATION INPUT PROCES SING OUTPUT DISTRIBUTION Memory
14
Definisi: Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, dan menggunakan bersama perangkat keras.
15
Server Dalam sebuah jaringan komputer umumnya saling berhubungan banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang berfungsi sebagai “pelayan” pengiriman data dan/atau penerima data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung.
16
Tujuan Membangun Jaringan Komputer:
Suatu jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (reciever) melalui media komunikasi.
17
Manfaat Jaringan Komputer:
Jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya :
18
Manfaat Jaringan Komputer:
Banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
19
Manfaat Jaringan Komputer:
Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
20
Manfaat Jaringan Komputer:
Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Jaringan juga membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
21
Manfaat Jaringan Komputer:
Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
22
Tipe Jaringan Berdasar Jarak Jangkauan:
Local Area Network (LAN). Metropolitan Area Network (MAN) Wide Area Network (WAN)
23
LAN LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. Pada umumnya LAN dimiliki oleh suatu perusahaan tanpa adanya campur tangan lain, misalnya jaringan telekomunikasi.
24
LAN LAN digunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam sebuah bangunan atau gedung dengan radius maksimum 10 kilometer. Dalam LAN umumnya kecepatan pengiriman data sangat tinggi, misalnya 10 Mbps, 100 Mbps bahkan ada yang sampai dengan 1000 Mbps.
25
Topologi LAN Topologi menguraikan cara bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan sedangkan topologi logika menguraikan perilaku komputer dalam jaringan dari sudut pandang operator.
26
Topologi Fisik: Topologi fisik meliputi : BUS, STAR dan RING.
Topologi BUS adalah topologi umum dalam LAN. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul ke saluran tunggal komputer yang mengakses ujung dengan ujung.
27
Topologi Fisik:
28
Topologi Fisik: Dalam topologi STAR sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Semua kontrol dalam totpologi STAR dipusatkan pada satu titik yang dinamakan stasion primer dan terminal lain sebagai stasion sekunder. Topologi RING hampir sama dengan topologi BUS, hanya saja ujung dari topologi ini dihubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran
29
Perbandingan Topologi
Keuntungan Kerugian BUS Hemat kabel Layout kabel sederhana Mudah dikembangkan Tidak butuh kendali pusat - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil - Kepadatan lalulintas tinggi - Jika pemakai banyak kecepatan menurun - Diperlukan repeater untuk jarak jauh
30
Perbandingan Topologi
RING - Hemat kabel - Dapat melayani lalulintas yang padat. Pengembangan jaringan lebih kaku Kerusakan pada media pengirim dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan lambat, karena menunggu token
31
Perbandingan Topologi
STAR - Flexibel - Penambahan pengurangan tidak menggangu terminal lain - Kontrol terpusat - Boros kabel - Kontrol terpusat (HUB) menjadi elemen kritis
32
FORMAT DATA TEKS: Media text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya. Jenis media text : Plain Text Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya. Rich Format Text Rich format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain. Hyper Text Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun
33
Beberapa keunggulan hyper text:
bersifat linking dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain non linear kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati. Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini: HTML Hyper text markup language, kegunaannya: control tampilan web mendukung link mampu menambah object XML extensible markup language, kegunaannya: sederhana dan terstruktur cepat dan portable mudah di-maintenance Gambar (graphics)
34
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.