Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIGITAL PUBLISHING – iii

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIGITAL PUBLISHING – iii"— Transcript presentasi:

1 DIGITAL PUBLISHING – iii
Ratna Cahaya Rina, .S. Sos., M.Ds.

2 Rencana kegiatan belajar
Infografis Logo Packaging Majalah

3 Penilaian Tugas 50% UTS 20% UAS 30%
Tugas individu (kualitas, ketepatan waktu) Tugas kelompok (kualitas, ketepatan waktu, kerjasama) Sikap (partisipasi, kedisiplinan, kejujuran) UTS 20% UAS 30%

4 Penilaian Kualitas Kemampuan menerapkan prinsip desain 20%
Kesesuaian konsep dengan tujuan % Kreativitas mencari solusi % Efektivitas dan prosedur kerja % Kerapihan % TOTAL %

5 Digital publishing – iii Infografis-1
Mohammad Rizaldi S.T., M.Ds

6 The Information Design Handbook,
O’Grady & Ken Visocky Infographics: The Power of Visual Storytelling, O’Grady & Ken Visocky

7 Apakah infografis? Informasi desain membuat informasi rumit menjadi lebih mudah dipahami dan digunakan --AIGA Penyajian informasi yang jelas dan efektif. Melibatkan pendekatan interdisipliner (komunikasi, grafik desain, psikologi, inovasi teknis dan non-teknis, teori komunikasi, dan studi budaya) -- Frank Thissen

8 Statistics Applications: presenting company information, industry research. Source:

9 Applications: illustrating thought leadership or philosophy.
Concepts Applications: illustrating thought leadership or philosophy.

10 Models Applications: business process, service offerings.
Source: David Armano, EdelmanDigital.com

11 Applications: ideas, concepts, scenarios, culture.
Cartoons Applications: ideas, concepts, scenarios, culture.

12 Information Applications: industry resources, specs, “cheat sheets”, comparisons Source:

13 Applications: evolution, progress, history, schedules.
Timelines Applications: evolution, progress, history, schedules. Source:

14 Sejarah Infografis Petroglyph Ancestral Puebloans – Amerika Barat

15 Sejarah Infografis Pictographic – bangsa Sumeria

16 Sejarah Infografis Cartograph

17 Sejarah Infografis Grafik dan diagram – William Playfair

18 Sejarah Infografis ISOTYPE (International System of Typographic Picture Education)– penyajian data sosial ekonomi menggunakan simbol

19 Sejarah Infografis ISOTYPE

20 Sejarah Infografis Pameran interaktif

21 Sejarah Infografis Website

22 Aplikasi infografis Kalender

23 Aplikasi infografis Timeline

24 Aplikasi infografis Grafik dan diagram

25 Aplikasi infografis Pameran

26 Aplikasi infografis Signage

27 Aplikasi infografis Signage

28 Aplikasi infografis Environment

29 Aplikasi infografis Ikon, simbol

30 Aplikasi infografis Interface digital

31 Aplikasi infografis Interface fisik

32 Aplikasi infografis Peta

33 Aplikasi infografis Narativ

34 Aplikasi infografis Ilustrasi teknis

35 Aplikasi infografis Tutorial dan instruksi

36 Aplikasi infografis Website

37 Aplikasi infografis Media interaktif

38 Infographic Kegunaan Kekuatan Keindahan
Consideration + Inspiration + Perspiration = Good Infographic Websites Books Peoples Surrounding Knowledge Principal & Elemen Tools Data Audience Resources

39 Strategi desain infografis
Pahami: Proses memori manusia Prinsip persepsi Gestalt Hierarki visual Jenis Media

40 Strategi desain infografis (1)
Gunakan warna kontras & dinamis untuk menarik perhatian Kontras dalam hue, value, saturation dan intensity

41 Strategi desain infografis (1)

42 Strategi desain infografis (1)

43 Strategi desain infografis (1)

44 Strategi desain infografis (1)

45 Strategi desain infografis (1)
%%%%%%%%%%%%%

46 Strategi desain infografis (1)

47 Strategi desain infografis (1)
Pilih asosiasi (simbol, warna, tanda, layout) yang familiar Menyesuaikan dengan budaya Contoh, ragam warna duka di berbagai bangsa Western Thailand South Afrika Mesir

48 Strategi desain infografis (1)
Mempermudah audiens memanggil kembali informasi yang tersimpan dalam memorinya

49 Strategi desain infografis (1)
Gunakan tanda (ikon, simbol atau indeks) sesuai dengan target audiens Ikon lebih literal Mobil diwakili oleh gambar yang aktual seperti mobil Simbol lebih abstrak Tidak mewakili bendanya. Misalnya tanda biohazard Indeks, berkaitan dengan yang diwakili Hujan, diwakili dengan tanda payung Jangan membuat dekorasi, buatlah desain

50 Tugas 1 Kelompok Buat sistem grafis Universitas Multimedia Nusantara

51 Ketentuan Tugas 1 Kelompok
Perkelompok terdiri dari 3 mahasiswa Data dan Sketsa turut disertakan File akhir dalam bentuk PDF Tugas Dikumpulkan 2 Minggu kemudian Pengumpulan yang Terlambat TIDAK AKAN dinilai

52 Tugas 1 (individu) Buat infografis terkait kondisi perkuliahan atau fisik UMN

53 Ketentuan Tugas 1 (individu)
Buat Format fisik dengan ukuran Mini (Skala) Perkirakan jenis bahan dan peletakan infografis dengan Digital Imaging. Tulis analisis dengan size A4, font Calibri 12 pt, spasi 1 kumpulkan dalam format PDF Tugas Dikumpulkan pada pertemuan kedua Pengumpulan yang Terlambat TIDAK AKAN dinilai

54 End of slide Terima Kasih!


Download ppt "DIGITAL PUBLISHING – iii"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google