Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 1 KK1A Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 1 KK1A Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A."— Transcript presentasi:

1 Bab 1 KK1A Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

2 computare to compute menghitung
DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis. Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

3 SIKLUS PENGOLAHAN DATA
INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

4 Pengembangan Siklus Pengolahan Data
ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input : tahap proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input Processing : tahap proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution : tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar. Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

5 Information Systems Sistem Iformasi (SI): (definisi umum) kesatuan komponen yang diperlukan untuk mengolah data (mengumpulkan, memroses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan) menjadi informasi. Computer-based Information System (CBIS)/sistem informasi berbasis komputer: sistem informasi yang menggunakan komputer dan memiliki komponen hardware, software, network, database, user, dan prosedur untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam mengolah data menjadi informasi yang berkualitas. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Chapter 1 5

6 Komponen Sistem Informasi
Hardware : kesatuan perangkat keras yang terdiri atas alat input, output, pemroses (processor), memory (penyimpan sementara/temporer), dan storage (penyimpan tetap). Software : suatu / sekumpulan program/perangkat lunak yang membuat hardware bekerja mengolah data. Database : kumpulan sejumlah file terkait yang berisikan data. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Chapter 1 6

7 Komponen Sistem Informasi
Network : suatu sistem penghubung berbasis kabel atau nirkabel yang memungkinkan barbagai komputer saling bertukar informasi. Procedures: kesatuan instruksi mengenai bagaimana mengombinasikan hardware, software, dan network untuk mengolah data/input menjadi output yang diinginkan. People(Brainware) : orang-orang (individu ataupun kelompok) yang berkepentingan menggunakan hardware, software, network (berinteraksi), atau menggunakan outputnya. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Chapter 1 7

8 Teknologi Informasi (Haag, 2000)
SIM & TI session 13 & 14 Teknologi Informasi (Haag, 2000) Hardware, Software, Telecomunication Network. 8 8

9 JENIS KOMPUTER Berdasarkan Data yang Diolah Berdasarkan Ukurannya
Penggunaannya Special Purpose Computer Mainframe Analog Computer Minicomputer Digital Computer General Purpose Computer Hybrid Computer Microcomputer Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

10 Bab 2 & 3 KK1A Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

11 GENERASI KOMPUTER Generasi Pertama (1946-1959)
Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar Cepat panas Proses kurang cepat Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

12 Generasi Kedua (1959-1964) Sirkuitnya berupa transistor
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik. Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

13 Generasi Ketiga (1964-1970) Generasi Keempat (1970-1990)
Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan application software Generasi Keempat ( ) Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

14 Generasi Kelima (sejak 1990 an) Generasi Keenam ( abad 21 )
Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium. Generasi Keenam ( abad 21 ) Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium. Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

15 Konfigurasi Komputer Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc
Technology Guide - 1 15

16 Cara kerja CPU Data input / instruksi pogram dari main memory (primary storage yang berada dekat CPU dalam satu chip yang sama) masuk dan disimpan di register. Data/instruksi program tersebut kemudian dikirim melalui jalur-jalur elektrik yang disebut bus / buses didalam area chip. Control Unit (CU) bertugas mengubah data/instruksi program tersebut ke kode binary (decoding) dan mengarahkan jalannya data/instruksi program yang melalui bus tersebut. ALU menerima data/instruksi program tersebut yang dikirim dari register dan kemudian melakukan penghitungan matematika dan pembandingan logika yang diperlukan. Data/instruksi program tersebut sebelumnya telah diubah (decoded) kedalam bentuk binary( 0 dan 1) oleh CU. CPU hanya bisa memproses data binary. Setelah dilakukan penghitungan matematika dan pembandingan logika, data/instruksi dan hasil dikembalikan ke bentuk semula oleh CU dan dikirim kembali ke register, lalu dikirim ke tempat penyimpanan di luar chip / diluar CPU. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 16

17 Alat Input Tidak Langsung
Point of sale Teleprinter Terminal Financial Transaction Terminal Alat Input Langsung MICR OCR OMR Voice Recognition Pointing Device Touch Screen Light Pen Alat Input Tidak Langsung Punch Card Pita Magnetic Disk Magnetic Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

18 ( Central Processing Unit )
ALAT PEMROSES Tugas Arithmetic Logic Unit Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program C P U ( Central Processing Unit ) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program A L U Tugas Contro Unit Mengatur & mengendalikan alat I/O Mengambil instruksi dari main memory Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU Menyimpan hasil proses ke main memory C U Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

19 ALAT PENYIMPANAN MAIN MEMORY REGISTER EXTERNAL MEMORY
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan REGISTER Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses EXTERNAL MEMORY Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen ( simpanan luar ) Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

20 Main Memory / Main Storage / Internal Memory /
Internal Storage / Primary Storage / Temporary Storage / Immediate Access Storage Merupakan tempat penyimpanan terbesar dalam komputer Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte Kilo Byte ( KB ) = 1024 Byte Mega Byte ( MB ) = 1024 KB Giga Byte ( GB ) = 1024 MB Terra Byte 1 Byte memory terdiri dari 8 Bit ( Binary Digit ), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0, sehingga membentuk kode pada lokasi memory ( address ) Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

21 2. Main Memory disebut juga Primary storage merupakan komponen hardware yang berada dalam satu chip dekat CPU yang meyimpan data / instruksi program yang segera digunakan oleh CPU hanya selama waktu pemrosesan. Bagian-bagian dari Primary Storage: RAM (Random Access Memory) Cache ROM (Read Only Memory) Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 21

22 2. Main Memory RAM : bagian dari primary storage yang menyimpan instruksi- instruksi untuk sementara saja pada saat komputer dinyalakan. Contoh cara kerja RAM: seluruh kumpulan instruksi dari microsoft word dari input device atau dari secondary strorage dibawa ke RAM, lalu sebagian-sebagian dari kumpulan instruksi tersebut dikirim ke register (memory sementara bagian dari CPU) untuk kemudian dilaksanakan proses di CPU. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 22

23 2. Main Memory CACHE : bagian dari primary storage yang berkecepatan lebih tinggi dari RAM (karena terletak lebih dekat dengan CPU / dekat sekali dengan register) yang menyimpan instruksi-instruksi untuk sementara saja pada saat komputer dinyalakan, tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar dari RAM, bekerja untuk mengirim ke register sejumlah instruksi /software aplikasi yang berkapasitas besar dan sering digunakan. Sedangkan RAM untuk mengirim instruksi dari aplikasi yang berkapasitas kecil dan tidak sering digunakan. Cache pada komputer saat ini semakin penting karena semakin banyak perangkat lunak aplikasi yang berkapasitas besar (minimal 512 MB) yang tak terangkat oleh RAM. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 23

24 2. Main Memory ROM (Read Only Memory) : bagian dari primary storage yang menyimpan instruksi-instruksi pokok secara tetap (tidak sementara/tidak hilang walaupun komputer dimatikan). Kumpulan instruksi yang disimpan di ROM hanya untuk dibaca saja, tidak bisa dimodifikasi/dimanipulasi/diubah oleh user/pengguna. Contoh salah satu kumpulan instruksi yang disimpan di ROM adalah kesatuan instruksi untuk ‘start’ atau ‘booting’ komputer setelah komputer dimatikan/ dari komputer yang sebelumnya dalam keadaan ‘mati’. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 24

25 REGISTER Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali kecepatan main memory ) Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU ( instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory ) Terbagi atas : 1. Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses 2. Program Counter ( PC ) atau Control Counter / instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register ( untuk menampung data atau operand yang sedang diolah ) & sebagai Accumulator ( untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU ). Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

26 3. Secondary Storage Merupakan komponen hardware yang berada di luar CPU yang bertugas menyimpan data dan informasi serta program untuk jangka waktu panjang. Contoh: Magnetic tape Magnetic disk (hard disk) Magnetic diskette Compact disk, read-only memory (CD-ROM) Digital video disk (DVD) Fluorescent multilayer disk (FMD-ROM): memiliki kapasitas menyimpan data digital yang lebih besar daripada DVD. Memory card. Flash disk, dsb. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 26

27 4. Input devices, 5. output devices
Input devices : menerima data / instruksi program dan mengkonversinya kedalam bentuk yang dimengerti komputer, contoh: keyboard, mouse, trackball, joystick, touchpad, touch screen, digital pen, webcam, voice recognition, barcode scanner, computer TV monitor/display (I/O), Automated Teller Machine (ATM), dsb. Output devices : menyajikan informasi yang diperlukan dan dimengerti oleh pengguna. Contoh: computer TV monitor/display (I/O), printer, Projector. Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 27

28 6. Peralatan teknologi komunikasi
Komponen hardware yang menyediakan fasilitas untuk aliran data dari jejaring di luar komputer/internet/intranet/extranet menuju CPU atau sebaliknya. Contoh: kabel, modem/router, dsb Copyright 2007 John Wiley & Sons, Inc Technology Guide - 1 28

29 EXTERNAL MEMORY SASD DASD MICRO DISK MINI DISK MAGNETIC DISK
PUNCH CARD REMOVABLE DISK ( DISK PACK ) HARD CARD PAPER TAPE HARD DISK FIXED DISK (WINCHESTER DISK) MAGNETIC TAPE TAPE STRIP CATRIDGE REEL TO REEL DISK CARTRIDGE OPTICAL DISK CARTRIDGE TAPE MAGNETIC DRUM CASSETTE MEGNETIC DUBBLE MEMORY Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

30 ALAT OUTPUT DOT MATRIK PRINTER IMPACK PRINTER DAISY WHEEL PRINTER
HARDCOPY DEVICE PLOTTER THIMBLE PRINTER COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM CHAIN PRINTER BAND PRINTER VIDEO DISPLAY DRUM PRINTER ALAT OUTPUT SOFTCOPY DEVICE FLAT PANEL THERMAL PRINTER NON-IMPACT PRINTER SPEAKER LASER PRINTER DRIVE DEVICE THERMAL TRANSFER DISK DRIVE INKJET PRINTER TAPE DRIVE ELECTROSTATISTIC PRINTER Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

31 CONTOH MACAM-MACAM ALAT OUTPUT
MACAM-MACAM KELUARAN : Tulisan Image / gambar Suara Bentuk lain yang dapat dibaca komputer Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

32 PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa Mesin ; Assembler Bahasa Tingkat Tinggi - Menggunakan Compiler sebagai penterjemah ; Fortran, LISP, Cobol, RPG, dsb - Menggunakan Interpreter sebagai penterjemah ; Basic, Pascal, Bahasa C, dsb Bahasa Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dsb Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

33 - Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll
PAKET APLIKASI - Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll - MS-Word, MS-Excell, MS-Power Point, dll SISTEM OPERASI - IBM–DOS, MS-DOS - WINDOWS - UNIX - LINUX Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

34 PENGENALAN BRAINWARE SYSTEM ANALIS PROGAMMER END-USER secara langsung
Orang yang merancang suatu system PROGAMMER Orang yang membuat program END-USER Orang yang menggunakan komputer secara langsung Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

35 Hierarchy of Data

36 Bit (binary digit): satuan data terkecilyang dapat diolah oleh komputer.
Byte: kumpulan sejumlah bit yang mewakili satu karakter yang dapat berupa satu huruf, satu angka, simbol khusus, dsb. Field: kumpulan karakter yang membentuk satu atau sekelompok kata, suatu nomor identitas, suatu icon/image/gambar, dsb. Record: satu kelompok field seperti kesatuan dari nama mhs, NPM, mata kuliah yang diambil, kode mata kuliah, nilai yang diperoleh. File: satu kelompok record yang terkait. Database: kumpulan sejumlah file terkait.

37 KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER
Tiga buah elemen untuk komunikasi data : Sumber Media Transmisi Penerima Transmisi Data : Media Transmisi ( Kabel, Satellite System, Laser System ) Kapasitas Channel Transmisi ( Voice Band, Wideband ) Tipe Channel Transmisi ( One-Way, Either-Way, Both-Way ) Kode Transmisi ( ASCII code, SBCDIC code ) Mode Transmisi ( Serial, Synchronous, Asynchronous ) Protocol : suatu kumpulan dari aturan yang berhubungan dengan komunikasi data. Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

38 ELEMENT KUNCI DARI TELEKOMUNIKASI DAN NETWORKING
Analog dan Digital Signals Figure Use of Modem in Analog Network Fakultas Ilmu Komputer

39 Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog
Hardware Komunikasi Data Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog Multiplexer, memungkinkan beberapa signal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama Concentrator, menggabungkan beberapa signal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke kapasitas tinggi Communication Processor, mengontrol arus data yang masuk ke CPU Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

40 TOPOLOGI JARINGAN Star Network Hierarchical Tree Network
Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

41 Loop Network Bus Network Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

42 Ring Network Web Network Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

43 Gambar Local Area Network ( LAN )
Pengantar Komputer A Minggu ke 2 - 9

44 Bab 4 KK1A Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A

45 STRUKTUR DATA Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

46 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

47 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

48 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

49 SISTEM BILANGAN Terbagi atas 4 macam yaitu : 1. Bilangan Desimal berbasis 10 (0-9) 2. Bilangan Binary berbasis 2 (0 dan 1) 3. Bilangan Oktal berbasis 8 (0-7) 4. Bilangan Hexadesimal berbasis 16 (0-9,A,B,C,D,E,F) Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

50 Desimal Digit angka antara 0 sampai dengan 9
Bentuk nilai suatu bilangan desimal terbagi menjadi 2 yaitu : 1.Integer desimal ( bilangan bulat ) 8598  x 103 = 8000 5 x 102 = 500 9 x 101 = 8 x 100 = 8598 Absolute Value Position value Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

51 Posisi Digit (dari kanan) Posisi Value 1 2 3 4 5 100 = 1 101 = 10
* 07/16/96 Absolute Value : nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan Position Value : penimbang / bobot dari masing-masing digit tergantung dari letak posisinya. Posisi Digit (dari kanan) Posisi Value 1 2 3 4 5 100 = 1 101 = 10 102 = 100 103 = 1000 104 = 10000 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A *

52 + 2. Decimal Fraction ( pecahan desimal ) :
* 07/16/96 2. Decimal Fraction ( pecahan desimal ) : nilai desimal yang mengandung nilai pecahan dibelakang koma. Contoh : 1 x 102 = 100 8 x 101 = 80 3 x 100 = 3 7 x 10-1 = 0,7 5 x 10-2 = 0,05 183,75 + Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A *

53 KONVERSI SISTEM BILANGAN
* 07/16/96 KONVERSI SISTEM BILANGAN I. Konversi dari Sistem Bilangan Desimal A. Konversi Ke Sistem Bilangan Binari Metode I : Dengan membagi dengan 2 dan sisa pembagian merupakan digit binari dari bilangan binari hasil konversi Contoh : 23 : 2 = 11 sisa 1 11 : 2 = 5 sisa 1 5 : 2 = 2 sisa 1 2 : 2 = 1 sisa 0 1 1 1 1 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A *

54 * 07/16/96 Metode II : Menjumlahkan bilangan-bilangan pangkat dua yang jumlahnya sama dengan bilangan desimal yang akan dikonversikan. Contoh : Bilangan desimal 45 dikonversi ke bilangan binar 20 = 1 22 = 4 23 = 8 25 = 32 1 100 1000 100000 Metode II : Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A *

55 B. Konversi ke Bilangan Oktal
Untuk mengkonversi bilangan desimal ke bilangan oktal dapat digunakan remainder method dengan pembaginya adalah basis dari bilagan Oktal yaitu 8 Contoh 386 : 8 = 48 sisa 2 48 : 8 = 6 sisa 0 C. Konversi ke Bilangan Hexadesimal Dengan menggunakan remainder method dibagi dengan basis bilangan hexadesimal yaitu 16 1583 : 16 = 98 sisa 15 = F 98 : 16 = 6 sisa 2 F Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

56 II. Konversi dari Sistem Bilangan Binari
A. Konversi ke sistem bilangan desimal Dari bilangan binari dapat dikonversikan ke bilangan desimal dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position value-nya. Contoh : = 1 x x x x x x 20 = = Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

57 B. Konversi ke sistem bilangan oktal
Konversi dari bilangan binary ke oktal dapat dilakukan dengan mengkonversi tiap tiga buat digit binari Contoh : dapat dikonversi ke oktal dengan cara : Binary Oktal 000 001 1 010 2 011 3 100 4 101 5 110 6 111 7 Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

58 C. Konversi ke sistem bilangan hexadesimal
Konversi dari bilangan binary ke hexadesimal dapat dilakukan dengan mengkonversi tiap empat buat digit binari Contoh : dapat dikonversi ke hexadecimal dengan 6 D Binary Hex 0000 1000 8 0001 1 1001 9 0010 2 1010 A 0011 3 1011 B 0100 4 1100 C 0101 5 1101 D 0110 6 1110 E 0111 7 1111 F Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

59 Binary Hex 8 4 2 1 3 5 6 7 9 A B C D E F Pengantar Komputer A
3 5 6 7 9 A B C D E F Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

60 III. Konversi dari Sistem Bilangan Oktal
A. Konversi ke sistem bilangan desimal Dari bilangan oktal dapat dikonversikan ke bilangan desimal dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position value-nya. Contoh : 3248 = 3 x x x 80 = 3 x x x 1 = = Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

61 B. Konversi ke sistem bilangan binari
Konversi dari bilangan Oktal ke Binari dapat dilakukan dengan mengkonversi masing-masing digit oktal ke 3 digit binari. Contoh : dapat dikonversi ke binari dengan cara : Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

62 C. Konversi ke bilangan hexadesimal Konversi dari bilangan oktal ke hexadesimal dapat dilakukan dengan cara merubah dari bilangan oktal menjadi bilangan binari terlebih dahulu, baru dikonversi ke bilangan hexadesimal Contoh : dikonversi terlebih dahulu ke binari : dari bilangan binar baru dikonversi ke hexadesimal Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

63 IV. Konversi dari Sistem Bilangan
A. Konversi ke sistem bilangan desimal Dari bilangan Hexadesimal dapat dikonversikan ke bilangan desimal dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position value-nya. Contoh : B6A16 = 11 x x x 160 = 11 x x x 1 = = Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

64 B. Konversi ke sistem bilangan binari
Konversi dari bilangan hexadesimal ke Binari dapat dilakukan dengan mengkonversi masing-masing digit hexadesimal ke 4 digit binari. Contoh : D dapat dikonversi ke binari dengan cara : Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

65 C. Konversi ke bilangan oktal
Konversi dari bilangan hexadesimal ke oktal dapat dilakukan dengan cara merubah ke bilangan binar terlebih dahulu baru dikonversi ke oktal. Contoh : D dapat dikonversi ke binar dengan cara : Kemudian dikonversi ke bilangan oktal Minggu ke 10-13 Pengantar Komputer A

66 di pertemuan berikutnya
Terima kasih Sampai jumpa di pertemuan berikutnya Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A


Download ppt "Bab 1 KK1A Minggu ke 2 - 9 Pengantar Komputer A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google