Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Asas-Asas Hukum Pid Islam

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Asas-Asas Hukum Pid Islam"— Transcript presentasi:

1 Asas-Asas Hukum Pid Islam
BAHAN KULIAH HUKUM JINAYAH Oleh : Airi Safrijal Asas-Asas Hukum Pid Islam FAKULTAS HUKUM UNMUHA

2 A. ASAS LEGALITAS DLM HKM PID ISLAM
Kata asas brsal dr bhsa Arab asasun yg brti dsar/prinsip, sdngkan kta legalitas brsal dr bhsa latin yaitu lex (kata benda) yg brti UU atau dri kata jadian legalis yg brti sah atau ssuai dg ktntuan UU. Dg dmkian legalitas adl "keabsahan sesuatu menurut undang undang". Subekti dan Tjitrosudibyo, kamus Hukum, (Jakarta: pradnya Paramita, 1969), hlm, 63.

3 Sumber Hukum Asas Legalitas
Asas legalitas dlm Islam bkn brdsrkan pd akal mnsia, ttpi dr Allah Swt. Sdngkan asas legalitas scra jls dianut dlm hkm Islam. Terbukti adanya bbrpa ayat yg mnnjukkan asas legalitas tsb. Allah tdk akan mnjtuhkan hkman pd mnsia&tdk akn mmnta ptnggngjwban mnsia sblm adanya pnjlsan&pmbrthuan dr Rasulnya. Dasar hukum asas legalitas dalam Islam antara lain: Al-Qur'an surat Al-Isra’: 15.

4 Lnjtan..., Artinya: “Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), Maka Sesungguhnya Dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan Barangsiapa yang sesat Maka Sesungguhnya Dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan meng'azab sebelum Kami mengutus seorang Rasul.” (Lht pl Al-Qur'an surat Al-Qashash: 59).

5 Penerapan Asas Legalitas
Prinsip legalitas ini ditrpkan pling tgas pd kjhtan2 hudud. Plnggrannya dihkum dg sanksi hkm yg psti. Prinsip tsb jg ditrpkan bg kjhtan qishash dan diyat dg diltakanya prosedur khusus dan sanksi yg ssuai. Jdi, tdk dirgukan bhw prinsip ini brlku spnuhnya bg kedua katagori diatas.

6 Asas legalitas dlm islm jg mngnal asas teritorial dan non teritorial;
Asas teritorial mnytkan bhw hkm pid Islam hny brlku di wil dimna hkm Islam diberlakukan, yakni : Ngra2 Islam; Ngra yg brprang dg ngra Islam; dan Ngra yg mngdakan prjnjian damai dg ngra Islam. Asas non teritorial mnytkan bhw hkm pid Islam brlku bg seorg muslim tnpa terikat dimna ia brda, apakah ada di wil dimna hkm pid Islam dibrlkkan (tiga negara tsb di atas), maupun di ngra yg scra formal tdk dibrlkkan hkm pid Islam.

7 B. ASAS TIDAK BERLAKU SURUT
Hukum pidana Islam pada prinsip tidak berlaku surut, hal ini sesuai dengan kaidah في التشريع الجنائي لارجعية tdk brlku surut pd pid Islam, artinya sblum adanya nas yg mlrang prbtan tsb mka tindakan mukallaf tdk bs dianggap sbg suatu jarimah. Nmn dlm praktiknya ada bbrpa jarimah yg ditrpkan brlku surut artinya prbtan itu dinggp jrimah wlaupun blm ada nas yg mlrngnya.

8 C. ASAS PRADUGA TAK BERSALAH
Suatu konsekuen yg tdk bs dihindarkan dr asas legalitas  adl asas praduga tak brslah (principle of law fulness/presumption of innocence). Mnrut asas ini smua prbtan dianggap blh kcli dinyatakan sebaliknya olh suatu nash hkm. Slnjutnya stiap org dianggap tdk brslah utk suatu prbtan jahat, kcli dibktikan kslhannya pd suatu kjhtan tnpa ada krguan. Hadits nabi mnytkan scra jls : “Hindarkan hudud dalam keadaan ragu lebih baik salah dalam membebaskan daripada salah menghukum.” Mnrut kttuan ini, ptsan utk mnjtuhkan hkman hrs dilkan dg keyakinan, tanpa adanya keraguan.

9 D. ASAS MATERIAL Asas material hkm pid Islam mnytkan bhw tndak pid ialah sgl yg dilrang olh hkm, baik dlm bntuk tndkan yg dilrang maupun tdk mlkkan tndkan yg diprintahkan, yg diancam hkm (had atau ta’zir). E. ASAS MORALITAS Ada beberapa asas moral hukum pidana Islam : Asas Raful Qalam yg mnytkan bhw sanksi ats suatu tndak pid dpt dihapuskan krn alasan2 tttu, yaitu krn plkunya di bwh umur, org yg trtidur&org gila.

10 Asas Adamul Uzri yg mnytkan bhw ssorg tdk ditrma prnytaannya bhw ia tdk tahu hkm.
Asas Suquth al-‘Uqubah yg scra harfiah brti gugurnya hkman. Asas ini mnytkan bhw sanksi hkm dpt gugur krn dua hal : pertama, krn si plku dlm mlksnakan tndkannya mlksnakan tugas; dan kedua, krn terpaksa. Asas al-Khath wa Nis-yan yg scra harfiah brti kslhan dan kelupaan. Asas ini mnytkan bhw ssorg tdk dpt ditntut prtnggngjwab ats tndkan pidananya jk ia dlm mlkkan tndkannya itu krn kslahan/krn kelupaan. Asas ini didasarkan atas surat al-Baqarah: 286.

11 surat al-Baqarah: 286. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

12 Berikut ini adalah beberapa daftar ayat Alquran sebagai dasar legalitas dalam Hukum pidana Islam atau Fikih Jinayah. Jarimah Hudud 1. Zina : Al Isra' 32 dan An Nur 2 2. Qadzaf : An Nur 4 3. Minum Khamr: Al maidah 90 dan hadist 4. Pencurian: Al Maidah Hirabah: AlMaidah Riddah: Ali Imran 85 dan Al Baqarah Albaghyu : Al hujurat 9 dan Hadist Jarimah Qishah Diyat 1. Pembunuhan sengaja: Al ISra 33, AL Baqarah 178 dan hadist 2. Penganiayaan Sengaja : Al baqarah 179, Al maidah 45 dan Annahl Pembunuhan semi-sengaja : Hadist 4. Pembunuhan tidak sengaja: An Nissa' 92 dan Hadist 5. Penganiayaan Tidak Sengaja : Hadist

13 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "Asas-Asas Hukum Pid Islam"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google