Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Siklus Hidup System
2
Pengertian SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut
3
Tahap-tahap pengembangan perangkat lunak
rencana(planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).
4
Tahap Perencanaan Pada tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan sestem informasi apa yang akan dikembangkan, sasaran-sasaran yang ingin dicapai, jangka waktu pelaksanaan serta mempertimbangkan dana yang tersedia dan siapa yang melaksanakan.
5
Langkah-langkah perencanaan
Menyadari Masalah Mendefinisikan masalah Menentukan tujuan system Mengidentifikasi kendala-kendala system Membuat studi kelayakan Mempersiapkan usulan penelitian system Menyetujui atau menolak penelitian system Menetapkan mekanisme pengendalian
6
Tahap Analisa sistem merupakan kegiatan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya
7
Langkah-langkah Analisis
Mengumumkan penelitian system Mengorganisir tim proyek Mendefiniskan kebutuhan informasi Mendefinisikan kriteria kinerja system Menyiapkan usulan rancangan Menyetujui atau menolak rancangan proyek
8
Tahap Desain Analisis sistem digunakan untuk menjawab pertanyaan what ? Desain sistem digunakan untuk menjawab pertanyaan how ? Desain berkonsentrasi pada bagaimana sistem dibangun untuk memenuhi kebutuhan pada fase analisis Manfaat desain sistem adalah memberikan gambaran rancang bangun (blue print) yang lengkap, sebagai penuntun (guideline) bagi programmer dalam membuat aplikasi
9
Langka-langkah Desain
Menyiapkan rancangan system yang terinci Mengidentifikasi berbagai alternatif konfigurasi system Mengevaluasi berbagai alaternatif konfigurasi system Memilih konfigurasi terbaik Menyiapkan usulan penerapan Menyetujui atau menolak penerapan system
10
Tahap Pembuatan Sistem
Buatlah aplikasi berdasarkan rancangan yang telah dibuat Selain aplikasi, buatlah juga buku panduan penggunaan aplikasi agar mudah saat melakukan training pada saat implementasi. Lakukan testing aplikasi, diantaranya: Testing performa Testing program logic / sintaks Testing implementasi bisnis rules Testing faktor manusia Testing bisnis proses / prosedur Testing efisiensi input Testing ouput
11
Implementasi Sistem Sebelum implementasi, lakukanlah persiapan secara matang mengenai perangkat keras, perangkat lunak, ruangan dan fasilitas pendukung lainnya. Beberapa hal yang juga penting diperhatikan dalam implementasi sistem adalah: Konversi Biasanya diperlukan konversi dari sistem lama ke sistem baru, apalagi jika sebelumnya juga telah menggunakan aplikasi terkomputerisasi Pelatihan Lakukan pelatihan secara menyeluruh untuk setiap pihak yang menggunakan. Jangan lupa lakukan sosialisasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam sistem namun tidak menggunakan aplikasi sistem secara langsung. Testing Penerimaan Lakukan testing selama periode tertentu sebagai proses belajar.
12
Langkah-langkah implementasi
Merencanakan penerapan Mengumumkan penerapan Mendapatkan sumber daya hardware Mendapatkan sumber daya software Menyiapkan database Menyiapkan fasilitas fisik Mendidik peserta dan pemakai Menyiapkan usulan cut over Cut over : proses menghetikan proses lama dan memulai menggunakan system baru
13
Pemeliharaan Sistem Tahapan pemeliharaan sistem mencakup seluruh proses yang diperlukan untuk menjamin kelangsungan, kelancaran, dan penyempurnaan sistem yang telah dioperasikan. Beberapa hal yang harus dilakukan: Pemantauan pengoperasian Libatkan tim pengembang untuk memantau secara langsung pada waktuwaktu tertentu mengenai bagaimana pihak-pihak pengguna mengoperasikan sistem yang dibuat. Antisipasi gangguan kecil (bug) Biasanya selalu ada gangguan kecil dalam suatu aplikasi yang baru dikembangkan. Lakukan penyempurnaan Antisipasi faktor-faktor luar Virus, kerusakan/kehilangan data, atau sistem diakses oleh pihak luar
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.