Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
DKV PACKAGING PERTEMUAN 7 PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI DKV & FDIK
2
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
Mahasiswa mampu memahami dan mengerti proses mendesain packaging pada produk-produk yang diampuhnya
3
FINAL BRAINSTORMING DESAIN LOGO PACKAGING
Apakah yang ada di benak anda, ketika Anda mendengar atau membaca kata Marlboro, atau Anlene? Dalam benak kita kata Malboro langsung membawa kita pada seorang Malboro Man yang suka berpetualang dan individualist. Kata Anlene langsung mengarahkan pikiran kita pada susu kaya kalsium untuk orang tua. Bentuk-bentuk asosiasi yang menghubungkan suatu produk dengan gagasan tertentu yang melekat pada benak orang disebut dengan brand. Definisi lain menyebut brand adalah ide, kata, desain, desain grafis atau suara/bunyi yang menyimbolkan produk, jasa dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut.
4
Semua aspek ini menerbitkan asosiasi khusus dalam benak konsumen, misalnya tentang kualitas produk, makna simbolis, yang terkandung dalam pengalaman emosional dan psikologis yang dialami konsumen dalam bersentuhan dengan brand tersebut. Branding berguna untuk menanamkan image perusahaan ke dalam benak pelanggan. Apa yang dipikirkan pelanggan tenang perusahaan Anda adalah tujuan dari branding. Branding yang baik mampu membedakan produk dan jasa kita secara positif dibandingkan dengan pihak lain dalam benak pelanggan.
5
Sebuah produk akan terlihat mahal dan berkualitas bila dilihat dari mereknya.
Komputer dengan logo Apple terlihat lebih prestige, khususnya di kalangan desain grafis. Namun dengan kenyataan lain, seperti beberapa produk yang pernah bermasalah di masyarakat, menyebabkan orang mulai tidak mau membeli produk tersebut dan sudah memiliki image yang negatif, dan memerlukan waktu dan proses yang panjang untuk mengembalikannya ke brand yang dapat dipercaya oleh masyarakat.
7
FINAL ARTWORK (FA) Salah satu hal penting yang harus diketahui oleh desainer grafis adalah membuat Final Artwork (FA) yang benar. Final Artwork adalah materi final desain yang sudah disetujui (approved) klien dan siap dicetak/print. Membuat FA yang benar khususnya packaging sangatlah penting karena dapat menghindari kesalahan pada saat cetak yang memungkinkan berujung pada hasil produksi yang kurang baik.
8
Point-point penting dalam membuat FA adalah:
Bleed Bleed adalah daerah pinggir area gambar yang berfungsi untuk mengantisipasi ketidak akuratan pada saat pemotongan produk akhir. Besarnya bleed biasanya 3 mm.
9
Font Font untuk final artwork harus dikonversi terlebih dahulu dalam bentuk kurva. Hal ini untuk menghindari missing font atau font yang tidak dikenali. Apalagi untuk font yang tidak secara default terinstal di OS yang umum dipakai seperti Windows dan MAC.
10
Resolusi gambar Sesuaikan resolusi dengan kebutuhan cetak. Standar resolusi yang baik adalah 300 dpi/actual sizem dengan format JPEG max TIFF Catatan: Khusus untuk cetakan kemasan, kualitas gambar sangatlah penting diperhatikan karena akan mempengaruhi kualitas cetak kemasan.
12
Mode Warna (Color Mode)
Pastikan mode warna yang dikonversi ke CMYK dan bukan RGB. Karena proses pencetakan hanya mengenal mode CMYK dan warna khusus jika diperlukan
13
Crop Mark Crop mark merupakan garis potong yang berfungsi sebagai panduan saat pemotongan. Corp mark digunakan untuk memberi tahu bagian mana yang harus dipotong.
14
Artwork Size Pembuatan ukuran dokumen yang benar, sebaiknya dibuat sesuai ukuran yang sebenarnya pada document setup.
16
Image Link Beberapa aplikasi grafis seperti Adobe Illustrator dan Indesign secara default menampilkan gambar (image) dengan tautan link ke folder di komputer. Hal ini untuk menghemat kapasitas file artwork yang kita kerjakan. Apabila file berpindah komputer, maka gambar yang seharusnya tampil pada desain tidak bisa ditemukan.
18
Catatan: Khusus untuk kemasan Gravure/Flexo, hal-hal penting yang harus diketahui diantaranya:
Trapping Overlapping Pitch & Width Eyemark
19
Trapping Dalam proses prepress dikenal trapping dan overprint terhadap pertemuan dua warna berbeda atau lebih. Trapping adalah metode untuk menghindari masalah register di printing dengan cara menambahkan shape pada pinggir objek sebesar mm, untuk menghindari efek putih jika terjadi misregister dalam industri packaging software yang dapat melakukan trapping secara otomatis adalah Artpro dari ESKO Graphic
21
Overlapping Memupuknya satu warna ke warna lain untuk menghindari misregister printing. Objek yang di set overlap adalah objek dengan ketebalan yang kurang atau objek dengan warna yang sangat density tinggi/sangat dominan terhadap warna yang di bawahnya.
22
Pitch & Width Pitch adalah panjang vertikal dari suatu desain yang akan mempengaruhi ukuran round cylinder. Karena sifat material gravure yang continuous, maka repeat desain di cylinder gravure harus dibuat secara tepat dan tanpa toleransi atau overlap. Oleh karena itu diperhatikan ukuran pitch suatu desain terutama untuk seamless desain agar bertemu setiap pengulangan pitch-nya. Width adalah panjang horizontal dari suatu desain yang akan mempengaruhi lebar material yang akan dipakai
23
Panjang vertikal dan horizontal desain tidak ditentukan oleh tinggi dan lebar suatu kemasan pouch atau bag karena bergantung dengan layout yang berhubungan.
24
Eyemark Pitch suatu desain ditandai dengan satu mark yang disebut eyemark. Eyemark berguna sebagai penanda yang akan ditandai oleh sensor mesin bagmaking atau filling. Posisi dan ukuran eyemark bergantung pada jenis mesin filling yang dipakai costumer. Beberapa mesin bagmaking di perusahaan converter bahkan tidak memerlukan eyemark selama ada objek dengan kontras yang cukup untuk dipindai sensor mesin bagmaking.
27
TUGAS Mahasiswa membuat dan mengumpulkan proses asistensi logo packging kedalam sebuah makalah dan rancangan konsep pada selembar A3 (dalam bentuk print-out)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.