Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates"— Transcript presentasi:

1 Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates
Adam ab-2012 Free Powerpoint Templates

2 Rigging? Masih ingat?

3 Buka Blender dan hapus default cube > Ubah tampilan menjadi Front Ortho [Numpad 1 (tampak depan)> Numpad 5(orthographic / perspektif] > Add [Shift A] > Mesh > UV Sphere > Setting Segment: 16 dan Rings: 8 Atau bebas settingannya

4

5 Masuk Edit Mode [TAB] > Seleksi Vertex paling bawah > Snap [Shift S] > Cursor to Selected

6 Kembali ke Object Mode [TAB] > Wireframe View [Z] >Add [Shift A] > Armature > Single Bone Kembali ke Solid View [Z] > Object Data > Display: Aktifkan B-Bone dan X-Ray.

7 Pastikan Armature berada tepat di tengah-tengah dari UV Sphere
Pastikan Armature berada tepat di tengah-tengah dari UV Sphere. Untuk memastikannya, kita dapat melihat menggunakan Quad View [Ctrl Alt Q]. Setelah pas berada di tengah, untuk kembali ke tampilan sebelumnya dengan menekan tombol yang sama [Ctrl Alt Q].

8 Dengan Armature terseleksi masuk edit mode [TAB] > seleksi bagian atas Bone dan tarik searah sumbu Z [G > Z] (Jangan Rotate [R] maupun Scale [S] Bone )> Posisikan Bone di bawah UV Sphere. Untuk memastikan ujung bone atas berada di vertex paling bawah gunakan snap [Shift S] > Selection to Cursor

9 Masih pada Edit Mode, Add [Shift A] > muncul sebuah bone baru > pindah ke Object Mode [TAB] > Seleksi UV Sphere > Masuk Edit Mode [TAB] > Seleksi vertex paling atas > Snap [Shift S] > Cursor to Selected > Masuk Object Mode [TAB] > Seleksi ujung bone atas > Snap [Shift S] > Selected to Cursor > Add [Shift A]. Total bone ada 3.

10 Pada edit Mode, Beri nama pada masing-maing bone dengan cara klik menu Bone. Bone paling bawah: ground, bone tengah: body, dan bone paling atas: control.

11 Masih pada Edit Mode, seleksi bone body
Masih pada Edit Mode, seleksi bone body. Parent dengan ground dan aktifkan Connected. Aktifkan Deform > Segment 12.

12 Masuk Pose Mode [Ctrl TAB] > Bone Constraint > Add Constraint > Stretch To > Target: Armature, Bone: control Masuk ke Edit Mode > Pilih bone control > Parent ke ground.

13 Kembali ke Object Mode > Seleksi UV Sphere > Masuk Edit Mode > Select All [A] > Object Data > Vertex Group > Add > Beri nama badan (nama vertex group sama dengan nama bone, termasuk besar kecil hurufnya) > Assign

14 Kembali ke object mode dan tambahkan Modifiers > Add Modifier > Armature > Object: Armature dan Vertex Group: badan.

15 Sekarang untuk menggerakkan UV Sphere tersebut tinggal menggerakkan bone control pada pose mode. Sedangkan untuk maju atau mundur kita tinggal gerakkan bone ground.

16


Download ppt "Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google