Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehArfan Miyaz Arfan Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA
2
Adaptif Standar Kompetensi
3
Adaptif Kompetensi Dasar
4
UNSUR-UNSUR SENI RUPA ADA 7 UNSUR YANG MENJADI DASA R TERBENTUKNYA WUJUD KARYA SENI RUPA
5
Adaptif 1. TITIK Titik adalah unsur seni rupa dua dime nsi yang paling dasar. Titik dapat dikembangkan menjadi ga ris dan bidang. Titik bisa divariasi ukuran dan warnan ya sehingga membentuk satu kesatu an wujud karya seni.
6
Adaptif 2. GARIS Garis merupakan barisan titik yang m emanjang dan arah tertentu dengan k edua ujung terpisah Garis bisa berbentuk panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, lengkung, patah, b ergelombang, horizontal, vertikal, dia gonal, dsb.
7
Adaptif MACAM GARIS horizontal, vertikal, diagonal,
8
Adaptif MACAM GARIS LENGKUNG BUSUR,LENGKUNG K UBAH,LENGKUNG MENGAPUNG
9
Adaptif MACAM GARIS LENGKUNG GERAKA N,ZIG-ZAG
10
Adaptif Menurut wujudnya garis di bag i menjadi dua : a.Garis nyata Garis yang di hasilkan dari coretan atau goresan langsung. b.Garis semu Garis yang muncul karena adanya ke san batas dari suatu bidang, warna, atau ruang.
11
Adaptif Contoh karya lukisan den gan tekhnik garis
12
3. BIDANG Dalam seni rupa dua dimensi terbentu k karena Hubungan beberapa garis Bidang memiliki kesan filosofis, misal nya bidang rata dan lebar terkesan lu as, bidang horizontal terkesan tenang
13
Adaptif Contoh bentuk bidang yang bi asa kita kenal
14
4. BENTUK 2 DIMENSI 3 DIMENSI MENURUT DIMENSINYA
15
Adaptif BENTUK 2 DIMENSI
16
Adaptif BENTUK 3 DIMENSI
17
Adaptif 5. RUANG Ruang yang diisi/di tempatioleh wujud bentuk di sebut ruang positif. Ruang yang mengelilingi wujud bentuk disebut ruang negatif.
18
Adaptif Contoh wujud ruang.
19
Adaptif Contoh wujud ruang.
20
Adaptif
23
6. WARNA Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pant ulan cahaya pada mata. dalam seni rupa teori warna yang dipakai adala h teori warna BREWSTER yang terkenal denga n “TEORI LINGKARAN WARNA “
24
Adaptif Teori lingkaran warna brewster
25
Adaptif Cara penyusunan warna a. Analogus
26
Adaptif b. Monokromatik
27
Adaptif d. Komplementer
28
Adaptif 7. TEKSTUR Tekstur nyata adalah nilai raba dari suatu permukaan bisa halus, kasar, licin, lembut, tajam,dsb. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yan g sama antara pengli hatan dan peraba an
29
Adaptif Tekstur di bagi jadi dua a. Tekstur nyata Tekstur yang bisa diraba dan dilihat b. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara penglihatan dan perabaan
30
Adaptif Contoh tekstur semu
31
Adaptif 8. GELAP TERANG Gelap terang terjadi karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu obyek. Gambar akan terbentuk karena ada nya gelap terang. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman.
32
Adaptif Contoh gelap terang pada kary a lukisan.
33
Adaptif
37
TERIMA KASI H Fahri Gumilang SD Muhammadiyah Haurgeulis
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.