Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
BAB VI Texture Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom

2 Dapat memodelkan dengan tekstur menggunakan warna pada permukaannya.
Dapat mengambil gambar kemudian ditempel pada shape. Teknik ini disebut mapping texture. Tipe tekstur : Image textures : mengambil gambar dari file dengan format : JPEG, GIF atauPNG Pixel texures : mengambil gambar dedngan pewarnaan dengan VRML sendiri Movie textures : menggunakan movie dengan format: MPEG

3 Syntax texture : Appearance { material Material { . . . }
texture ImageTexture { } }

4 Syntax image texture Menggunakan :url” untuk mengambil texture gambar.
url "wood.jpg“ }

5 Syntax Pixel Texture Menggunakan pixel untuk mamping texture.
Dengan data image nya : kolom, baris, ukuran pixel dan nilai pixelnya. PixelTexture { image xFFFF00 0xFF0000 }

6 Syntax movie texture : Menggunakan ”url” untuk mengambil texture movie-nya. Ketika movie dijalankan, maka atur kecepatannya. MovieTexture { url "movie.mpg" loop TRUE speed 1.0 }

7 Background Node background menggambarkan warna background Syntax :
groundColor [ , ] groundAngle [ 1.309, ] skyColor [ , ] skyAngle [ 1.309, ] }

8 Contoh : Background { skyColor [ 0 0 0, 0 1 1, 1 1 1 ]
skyAngle [ 1.38, 1.57 ] groundColor [ ,1 1 0, 1 1 1, …] groundAngle [ 1.38, 1.57 ] frontUrl "mountns.png" backUrl "mountns.png" leftUrl "mountns.png" rightUrl "mountns.png“ }

9 Sound AudioClip adalah untuk sumber dari sound Terdiri dari : Syntax :
url  mengambil file sound pitch  mengatur playback speed Syntax : AudioClip { url "myfile.wav" pitch 1.0 startTime 0.0 stopTime 0.0 loop FALSE }

10 Tipe sound : WAV untuk digital sound MIDI untuk background music
MPEG untuk suara movie Syntax : Sound { source AudioClip { …. } maxFront 100.0 maxBack 100.0 } Ket : - Source  audioClip atau MovieTexture - Minimum dan maximum range  area sound dapat didengarkan.

11 Contoh : #VRML V2.0 utf8Transform { children [ DEF WhiteKey Shape {
appearance Appearance { material Material { } } geometry Box { size } DEF C4 TouchSensor { } Sound { source DEF PitchC4 AudioClip { url "Gruvi - Masih Mencintaimu.wav” pitch 1.0 startTime 1.0 stopTime 0.0 loop TRUE maxFront 100.0 maxBack 100.0 ] ROUTE C4.touchTime TO PitchC4.set_startTime

12 Soal 6 : 1. 4. 2. 3.


Download ppt "Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google