Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Mata Kuliah INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
2
Tujuan: Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
3
Ruang lingkup • Membahas prinsip dasar perancangan sistem interaksi
• Teori pendukung dari ilmu psikologi kognitif (pengertian) • Tinjauan berbagai peralatan, teknik dan perangkat bantu sistem interaksi
4
Materi Human/manusia Computer / Komputer
The Interaction Human-Computer Interactive Design dan Interactive style
5
Interaksi manusia dan Komputer
6
Interaksi Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.
7
Processing Proses merupakan otak dari computer, semakin cepat proses semakin mudah user dalam mendapatkan informasi yang dicari atau didapatnya, selain itu sisi proses ini juga berdampak pada cara manusia berinteraksi • Dampak jika sistem terlalu lama atau terlalu cepat • Keterbatasan pada keecepatan pemrosesan • Jaringan dan dampak pada kinerja sistem
8
Pemerosesan Pemrosesan pada computer tidak dapat dipisahkan dengan Central Processing Unit, atau CPU atau Microprocessor MHz (MegaHertZ) One million cycles per second. Satuan ini digunakan untuk mengukur kecepatan transmisi dari peralatan elektronik, seperti bus, internal computer clock. Megahertz secara umum sama dengan satu juta bit per detiknya atau satu juta kali suatu nilai dari bit dalam satuan detiknya Computer which run inteactive program will process of the order of 10 million instruction persecond.
9
LANJUTAN… Kecepatan proses, lambat atau cepat, dapat mempengaruhi interface user. Beberapa faktor yang membatasi kecepatan pemrosesan : Komputasi, akses memori, grafik & network delay. THE INTERACTION 1. MODEL INTERAKSI 2. ERGONOMI 3. TIPE INTERAKSI 4. KONTEKS INTERAKSI USER ? SISTEM
10
Networking Sistem jaringan yang digunakan untuk berhubungan dengan computer lain juga mempengaruhi kecepatan dalam mndapatkan informasi bagi user, networking yang bagus dan handal dapat membuatcara berinteraksi manusia menjadi lebih mudah
11
MODEL INTERAKSI Sistem yang interaktif bertujuan untuk membantu user dalam menyelesaikan tujuan dari beberapa aplikasi domain. Beberapa terminologi. Domain : daerah keahlian dan pengetahuan dalam beberapa kegiatan nyata Task/ tugas : operasi untuk memanipulasi konsep domain Goal/ tujuan : output yang diinginkan dari sebuah tugas yang dilaksanakan Intention/ rencana : aksi khusus untuk memenuhi tujuan
12
Sistem diasumsikan sebagai beberapa aplikasi yang dikomputasikan.
Analisa tugas melibatkan identifikasi dari ruang masalah sistem interaktif yang dibuat user (dalam hal domain, tujuan, rencana dan tugas). Sistem diasumsikan sebagai beberapa aplikasi yang dikomputasikan.
13
Model interaksi yang dibuat oleh Norman terdiri dari : .
Temukan goal Buat rencana Spesifikasikan urutan aksi Eksekusi aksi Mengerti keadaan sistem Terjemahkan keadaan sistem Evaluasi keadaan sistem, dihubungkan ke goal dan rencana yang dibuat.
14
Ergonomi Ergonomi (faktor manusia) merupakan studi tentang karakteristik fisik dari interaksi. Pengaturan kontrol dan tampilan Lingkungan fisik dari interaksi Aspek kesehatan Penggunaan warna
15
Tipe Interaksi beberapa yang umum : command line interface menu natural language Q/A & query dialogue Form-fills & spreadsheet WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers) Pointer.
16
Konteks Interaksi Interaksi antara user dan komputer tidak hanya sekedar ‘user’ dan ‘komputer’ saja, tetapi dipengaruhi oleh faktor sosial dan organisasi.
17
Kerangka IMK
18
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.