Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
Pertemuan 8
2
Definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.
3
Android multimedia framework
• Mendukung berbagai jenis media sehingga dapat mengintegrasikan audio, video dan gambar ke dalam aplikasi dengan mudah. • Media yang ditambahkan bisa berasal dari – application's resources (raw resources) – File di dalam Sistemfiles – Data streaming melalui koneksi internet • Semuanya menggunakan MediaPlayer APIs. Protokol jaringan yang mendukung pemutaran audio dan video
6
Class yang digunakan : Kelas-kelas berikut digunakan untuk memutar suara dan video dalam Framework Android: MediaPlayer Kelas ini adalah API utama untuk menggunakan suara dan video. AudioManager Kelas ini mengelola sumber audio dan output audio pada perangkat android.
7
Manifest Declarations
Sebelum memulai pengembangan aplikasi MediaPlayer, Pastikan manifest sudah diatur agar dapat menggunakan fitur yang dibutuhkan : Internet Permission Jika Anda menggunakan MediaPlayer untuk melakukan streaming konten berbasis jaringan. <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" /> Wake Lock Permission Jika aplikasi Anda perlu menjaga agar layar tidak melakukan peredupan atau prosesor tidak sleep <uses-permission android:name="android.permission.WAKE_LOCK" />
8
Memainkan Audio dari LocalResource
Buat Folder raw dibawah folder res. Masukan file audio yang akan dimainkan ke folder raw. Pastikan semua file audio anda ditulis dengan huruf kecil. Contoh program : MediaPlayer mediaPlayer = MediaPlayer.create(context, R.raw.sound_file_1); mediaPlayer.start(); Uri myUri = ....; // initialize Uri here MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC); mediaPlayer.setDataSource(getApplicationContext(), myUri); mediaPlayer.prepare(); mediaPlayer.start(); Memainkan Audio dari URL Remote malalui HTTP streaming String url = " // your URL here MediaPlayer mediaPlayer = new MediaPlayer(); mediaPlayer.setAudioStreamType(AudioManager.STREAM_MUSIC); mediaPlayer.setDataSource(url); mediaPlayer.prepare(); // might take long! (for buffering, etc) mediaPlayer.start(); Catatan : If you're passing a URL to stream an online media file, the file must be capable of progressive download. Perhatian : You must either catch or pass IllegalArgumentException and IOException when using setDataSource(), because the file you are referencing might not exist.
9
CONTOH PROGRAM ANDROID MULTIMEDIA
10
Isikan pada kode pada activity_main.xml seperti gambar :
11
Buatlah file xml yang bernama activity_audio
Buatlah file xml yang bernama activity_audio.xml kemudian isikan kodenya:
12
Buatlah file xml yang bernama activity_video
Buatlah file xml yang bernama activity_video.xml kemudian isikan kodenya: Buatlah file xml yang bernama activity_images.xml kemudian copy kan image ke drawable misalnya blackgoogle.png dan isikan kodenya:
13
Setelah selesai masuk ke MainActivity.java dan isikan kodenya :
Buatlah class baru bernama VideoActivity.java setelah itu buat folder raw dengan klik resNew Android Resources Directory Pilih raw Copy kan file video ke folder raw dan beri nama misalnya mv.mp4 kemudian isikan kode seperti dibawah :
14
Buatlah class baru bernama AudioActivity
Buatlah class baru bernama AudioActivity.java pilih folder resraw Copy kan file audio ke folder raw dan beri nama misalnya solong.mp3 kemudian isikan kode seperti dibawah :
15
Buat class baru benama ImagesActivity
Buat class baru benama ImagesActivity.java dan isikan kode seperti dibawah :
16
Jangan lupa edit AndroidManifest
Jangan lupa edit AndroidManifest.xml di folder Manifest seperti gambar dibawah agar menghindari force close saat aplikasi dijalankan: Jika sudah selesai hasilnya : Hasil dari menekan Button Video maka akan keluar seperti dibawah :
17
Hasil dari menekan Button Audio maka memutar file Audio dengan bisa pause dan stop lagu saat memutar lagu Hasil jika menekan button gambar dimana fungsinya untuk menampilkan gambar
18
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.