Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYenny Darmali Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7
2
Definisi Pengertian multimedia secara bahasa berasal dari bahasa latin yakni multi yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium yang berarti media adalah suatu alat untuk menyampaikan atau membawa sesuatu baik itu informasi atau yang lainnya. Multimedia dapat diartikan sebagai alat atau media yang menggabungkan dua unsur atau lebih yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, suara, audio, video dan animasi secara terintegrasi (kusnandar dkk, 2007).
3
Struktur Navigasi Sebuah aplikasi multimedia dengan diagram navigasi yang terdiri dari HALAMAN AWAL (Home), HALAMAN MENU (Multimedia), kemudian didalam halaman awal terdapat 3 option yaitu About, Multimedia, dan Exit. Sedangkan didalam halaman menu terdapat 5 option yaitu Text, Gambar, Audio, Video, Animasi.
4
Direktori pada android
Folder drawable digunakan untuk menyimpan file-file gambar berformat .jpg atau .png (bitmap). Folder raw digunakan untuk menyimpan file-file audio
5
FOLDER RES PADA ANDROID
res folder : Folder berisi semua resource yang dibutuhkan aplikasi seperti gambar, layout, menu, dan values. Dari dambar di atas, tida semua folder tertuliskan di situ, seperti : raw = yang berfungsi untuk meletakan audio dan yang terpenting disini adalah kamu tidak boleh sembarangan memberikan nama folder ataupun file karena nama tersebut nantinya akan dibuat menjadi variable di kelas R.Java, jadi aturan penulisan nama folder dan file harus mengikuti aturan penamaan variabel.
6
ATURAN DALAM FOLDER RES
Berikut adalah beberapa aturan dalam folder RES : 1. Tidak boleh sembarangan memberi nama folder 2. Penamaan file di dalam folder res harus mengikuti aturan penamaan variabel Dibawah ini menjelaskan pengelompokan file berdasarkan foldernya: /res/values Digunakan untuk mendefinisikan strings, colors, dimensions, styles dan array statis string atau bilangan bulat. Dengan konvensi setiap jenis disimpan dalam file terpisah, misalnya string didefinisikan dalam res/values/string.xml B. /res/animator Folder ini berisi animasi dalam bentuk XML untuk properti animasi API yang memungkinkan untuk menghidupkan sifat objek dari waktu ke waktu. C. /res/layout → layout untuk ukurna layout layar normal atau standar D. /res/layout-small → layout untuk ukuran layar kecil E. /res/menu → Folder ini berisi sumber menu yang akan digunakan dalam aplikasi (Options Menu, Context Menu atau submenu)
7
Implementasi Program a. ) Memasukan Gambar pada Android Studio 1
Implementasi Program a.) Memasukan Gambar pada Android Studio 1. Buat project seperti biasanya kita membuat project pada android studio dengan nama project=”masukan gambar”, 2. Jika sudah membuat project langkah selanjutnya kita copy gambar pada folder foto yang kita simpan,sebagai contoh lihat gambar berikut:
8
3. Jika sudah di copy buka project android studio lalu klik app-klik res klik kanan pada drawable lalu di paste. 4. Jika sudah masuk bagian text pada xml lalu masukan kode berikut: <ImageView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="294dp"
9
5. Jika sudah di masukan kode tersebut lalu lakukan run pada android studio atau bisa langsung instal di hp . setelah di run/di instal kita melihat gambar yang kita masukan pada aplikasi.
10
Memasukan Audio pada Android Studio
a. )Mempersiapkan File Mp3 Sebelumnya kita persiapkan file mp3 kalian, terserah kalian entah lagu favorit kalian bias gunakan, yang nanti kita akan taruh filenya di folder raw (res/raw). b. )Membuat folder raw Pada folder res di struktur project Android Studio kalian, klik kanan lalu pilih New >pilih Android Resource Directory seperti pada gambar di bawah: Kemudian pilih raw lalu pilih tombol OK.
11
> Setelah folder raw berhasil di buat ,lalu kita copykan atau drag file .mp3 ke folder raw. > Seperti pada gambar di bawah ,file mp3nya bernama Indonesia raya.mp3 :
12
Selesai
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.