Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
TRIKONOMI ESTETIKA 3: PENGGUNA KARYA
Pertemuan 11 Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
2
PENGAMAT KARYA DALAM DESAIN INTERIOR
Secara garis besar, Pengamat Karya Desain Interior dapat bersikap objektif (pemahaman) maupun subjektif (penikmatan) dalam menyikapi ruang. Penilaian objektif yang dilakukan oleh pengamat/ pengguna ruang berbentuk kritik.
3
PENGAMAT KARYA DALAM DESAIN INTERIOR
Ada beberapa tokoh estetika yang memiliki pendapat tentang estetika dilihat dari sudut pandang pengamat seni. Diantaranya : JOHN HOSPERS SIKAP/PERILAKU ESTETIK FRIEDRICH SCHILLER SENI ADALAH BERMAIN VERNON LEE EMPHATY IAN MC. HARG DESIGN WITH NATURE
4
JOHN HOSPERS SIKAP/PERILAKU ESTETIK
Sikap estetik adalah cara pandang estetik, setelah memiliki pengalaman estetik. Cara pandang pengamat seni : praktis/pragmatis estetik (persepsi detail) kognitif (demi pengetahuan) personal.
5
FRIEDRICH SCHILLER SENI ADALAH BERMAIN
Dalam situasi berlebihan, manusia menikmati kebebasan & bermain ada unsur kebebasan, yang tidak ditentukan oleh keinginan dan kebutuhan. Pengamat baru dapat merasakan nilai estetika apabila kebutuhannya telah terpenuhi.
6
VERNON LEE (VIOLET PAGET) EMPHATY
Empati meleburnya individu dengan objek yang sedang diamati. Empati kecenderungan dalam menggabungkan aktivitas kesadaran dan perasaan subyek dengan kualitas suatu objek, disertai tindakan identifikasi terhadap objek yang sedang diamati. Pengamat karya melibatkan kesadaran dan subyektivitas dalam identifikasi karya.
7
IAN MC. HARG DESIGN WITH NATURE
Mengungkapkan hubungan manusia dengan alam lewat seni dan desain. Menganjurkan orang Barat agar tidak mengeksploitasi alam. Muncul filosofi baru, dari dominasi manusia terhadap alam, kearah simbiosis antara manusia & alam. Menawarkan pendangan berwawasan ekologi & estetika lingkungan. Ini menjadi inspirasi bagi seniman lain untuk lahirnya Green Design.
8
KESIMPULAN Pengamat karya memiliki cara yang berbeda dalam mengamati dan menikmati karya desain. Hanya manusia yang telah tercukupi kebutuhannya, yang leluasa menikmati nilai-nilai estetik. Pengamat karya dengan kesadarannya dapat bersikap kritis mencari hubungan-hubungan antar elemen pembentuk karya, untuk menilai kualitas karya. Pengamat karya telah memiliki kesadaran ekologis yang akan mempengaruhi penilaiannya terhadap sebuah karya.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.