Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4

2 Anggota Kelompok Yuliadi Fajar Pangestu 15.11.0075
Rizqy Faiz F Muhammad Iqbal Adi Purnomo Mujiburohman

3 NOTIFIKASI DI ANDROID Notification adalah salah fitur pada perangkat Android,  yang akan menampilkan antar muka(User Interface) baik berupa pesan pemberitahuan ,icon ,text ,background proses, dll,yang dapat kita lihat pada status bar. lalu  user atau pengguna Android ,dapat mengusap ke bawah, lalu memilih notifikasi tersebut untuk melihat lebih detail lagi tentang informasi, salah satu notification tersebut. Notificiaton adalah salah satu fitur, background services  tertua, yang ada pada perangkat Android (API Level 1) artinya fitur ini sudah ada semenjak ,Android versi 1.0 Lahir. Hingga sekarang API 24 yang di pakai pada perangkat Android Versi 7.0 (Nougat) Notification sering disematkan pada  aplikasi-aplikasi, yang terpopuler saat ini, Seperti Aplikasi Facebook, Whatsapp, Instagram,dll. Yang pasti Notification sangat membantu user (pengguna) Android, menerima informasi atau pemberitahuan pada Aplikasi, Social Media miliknya.

4 NOTIFIKASI DI ANDROID Isi Notification yang diperlukan
Objek Notification harus berisi yang berikut ini: Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengan setContentText()

5 Notifikasi Penerapan dalam Program

6 Dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Kelas Dialog  adalah kelas basis untuk dialog, namun Anda harus menghindari pembuatan instance Dialogsecara langsung. Sebagai gantinya, gunakan salah satu subkelas berikut: AlertDialog Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu

7 Penggunaan Alert Dialog dengan Button

8 Penggunaan Alert Dialog dengan Button

9 Penggunaan Alert Dialog dengan Button

10 Intent Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis komponen Intent : Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

11 Penerapan Intent Intent Untuk Merefresh Activity

12 Penerapan Intent Intent Untuk Berpindah Ke activiti/halaman lain

13 TERIMAKASIH

14 Daftar Pustaka


Download ppt "Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google