Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDevi Irawan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
MENINGKATKAN KINERJA OLEH : Satiman Hefri Asra Omika
2
A day Made of Glass
3
Meningkatkan Kinerja Meningkatkan performan pelajar
1 Meningkatkan performan pelajar 2 Meningkatkan kinerja guru dan desainer 3 Meningkatkan kinerja organisasi
4
Meningkatkan Performan Pelajar
Meningkatkan Performans Pelajar Pembelajaan Yang Lebih Benilai Multiple Intelligences Deep Learning Klasifikasi Tujuan Pembelajaran Tansfer Pembelajaran
5
Pelajaran Yang Lebih Bernilai
Pada pendidikan formal, hasil pelajaran cenderung untuk di ukur dengan hasil test tertulis, apakah dibuat oleh guru atau menurut standar tertentu sehingga guru hanya mengajar untuk tes
6
Multiple Intelligences
Terdapat tipe kecerdasan yang berbeda, dimana hanya dua yaitu linguistik (bahasa) dan logika matematis yang dipelajari dalam pendidikan formal. Sedangkan kecerdasan yang lain seperti musik, spasial (ruang), kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal
7
Multiple Intelligences
8
Mengklasifikasi Domain dan Tingkatan Tujuan Pembelajaran
9
Mengklasifikasi Domain dan Tingkatan Tujuan Pembelajaran
11
Surface Learning vs Deep Learning
Karekteristik Media yang digunakan Konteks pembelajaran Kegiatan pembelajaran Surface Learning Buku Teoritis Monoton Deep Learning Audio Visual Aplikatif Sarat dengan makna
12
Surface Learning vs Deep Learning Menurut Wigel
Menghafal fakta Memperlakukan materi sebagai kumpulan informasi yang tidak berhubungan Melaksanakan prosedur secara rutin tanpa berfikir atau strategi Deep Learning Menghubungkan ide dengan pengetahuan sebelumnya Mencari pola-pola mendasar Menguji pernyataan secara kritis, dan merefleksikan pemahaman mereka sendiri
13
Transfer Pelajaran dalam Pendidikan Formal
Hard Technology Soft Technology
14
Hard Technology Berbentuk simulasi berbasis komputer menawarkan cara untuk melibatkan pelajar secara virtual dalam suasana yang tidak dapat dipraktekkan atau mungkin mustahil untuk di duplikasikan dalam realita
15
Merupakan sebuah pendekatan sistematis untuk desain instruksional
Soft Technology Merupakan sebuah pendekatan sistematis untuk desain instruksional
16
Meningkatkan Kinerja Guru dan Desainer
Mengurangi Waktu Instruksional Instruksi lebih bermanfaat Instruksi lebih humanis Menghargai Nilai Kemanusiaan
17
Mengurangi Waktu Instruksional
Menyebutkan secara spesifik tujuan prilaku Mengamati aktivitas pelajar Menyiapkan konsekuensi yang tepat Membuang aktivitas yang tidak berguna
18
Menciptakan Instruksi yang Lebih Bermanfaat
Cara 1 Intuisi melalui Trial & Error Tujuan belum tentu tercapai Cara 2 Pemilihan Strategi Instruksional Pencapaian tujuan lebih efisien
19
Menciptakan Instruksi yang lebih Humanis
Bagaimanakah instruksi yang humanis tersebut? Yang memberikan pengalaman belajar yang menarik perhatian siswa Apa yang menarik?
20
Kriteria Instruksional yang Menarik
Menyediakan tantangan Relevan dengan masa lalu dan masa depan Melibatkan humor Menarik perhatian lewat sesuatu yang baru Melibatkan intelektual dan emosional Berhubungan dengan perhatian dan tujuan pribadi Menggunakan audio visual
21
Menghargai Nilai-Nilai Manusiawi
Ditentukan menurut kebutuhan individu Berdasarkan progres individu Menumbuhkan rasa percaya diri Menekankan pada ciri emosional dan motivasional
22
Meningkatkan Kinerja Organisasi
Meningkatkan efisiensi dan efektifitas Definisi efisiensi Definisi efektifitas Definisi produktivitas Mengukur efisiensi dan efektifitas Mengukur input Mengukur proses Mengukur hasil
23
Produksi barang-barang dan jasa dengan cara yang lebih hemat
Definisi Efisiensi Efisiensi ekonomi Produksi barang-barang dan jasa dengan cara yang lebih hemat Efisiensi pendidikan Melakukan instruksi dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit untuk hasil yang sama atau lebih baik
24
Efektivitas pendidikan
Definisi Efektifitas Produksi barang dan jasa yang dihargai oleh masyarakat Efektivitas ekonomi Pelajar memperoleh tujuan pembelajaran yang bermanfaat Mempersiapkan pelajar dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan Efektivitas pendidikan
25
Definisi Produktifitas
Pekerjaan dikatakan produktif jika memenuhi kedua syarat yaitu efisien dan efektif Hasil yang diharapkan dilihat dari hasil pencapaian siswa
26
Parent’s educational background
Mengukur Input Home and Family Sosio Economic Status Parent’s educational background Psychological State Motivational Expectation Psychological Traits Intelligents Maturation Personality Learning Style
27
Student Academic Learning Model
28
Peran Siswa Peran Guru Mengukur Proses
Berpartisipasi aktif Menciptakan produk Peran Guru Menyiapkan keadaan yang dibutuhkan Mempertimbangkan ciri-ciri dan keadaan psikologis siswa
29
Mengukur kesuksesan suatu program menurut Patrick
Mengukur Hasil Mengukur kesuksesan suatu program menurut Patrick Reaksi atau kepuasan dari pelajar Pencapaian tujuan pembelajaran Perubahan perilaku yang mengikuti instruksi Hasil organisasional (dampak secara umum)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.