Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan Ketiga Manusia

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan Ketiga Manusia"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan Ketiga Manusia
Jaringan Internet

2 Pendahuluan Manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi Sebuah model sederhana: Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output Informasi disimpan dalam ingatan (memory) Informasi diproses dan diaplikasikan dalam pelbagai cara Kemampuan dari manusia dalam area ini amat penting dalam mendesain, dan ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Jaringan Internet

3 Saluran Input-Output Pandangan (Vision) Alat fisik: mata
Jaringan Internet

4 Penerimaan fisik dari suatu stimulus
Pandangan (Vision) Dua tahap dalam vision Penerimaan fisik dari suatu stimulus Pengolahan dan interpretasi dari stimulus Jaringan Internet

5 Alat fisik: mata Mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya ke dalam energi elektrik Cahaya memantul dari objek-objek; citra dari mereka difokuskan terbalik pada retina Retina mengandung rods (organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cones (organ berbentuk kerucut) untuk pandangan berwarna Sel ganglion (simpul/pusat syaraf) mendeteksi pola dan pergerakan Jaringan Internet

6 Interpretasi Sinyal Ukuran dan kedalaman
Kecemerlangan cahaya (brightness) Warna Sistem visual mengkompensasikan diri untuk pergerakan dan perubahan dalam kejelasan pandangan (luminance) Konteks akan digunakan untuk menangani kerancuan yang terjadi Jaringan Internet

7 Pola visual terpersepsikan
Membaca Beberapa langkah: Pola visual terpersepsikan Di-decode (pecahkan sandinya) menggunakan representasi internal bahasa Diinterpretasikan menggunakan pengetahuan dari sintaks, semantik dan pragmatik Jaringan Internet

8 memandang terus/terpaku pada suatu hal pada suatu saat)
Membaca melibatkan saccades (mata yang berkedip-kedip) dan fixations (mata yang memandang terus/terpaku pada suatu hal pada suatu saat) Persepsi terjadi setelahnya Bentuk huruf adalah sesuatu yang penting untuk proses pengenalan Kontras negatif memperbaiki proses membaca dari layar komputer Jaringan Internet

9 Mendengarkan Menyediakan informasi mengenai lingkungan: jarak, arah, objek, dan lain-lain. Alat fisik: Telinga bagian luar – melindungi telinga bagian dalam dan menguatkan suara Telinga bagian tengah – mentransmisikan gelombang suara dalam bentuk getaran ke telinga bagian dalam Telinga bagian dalam– pemancar (transmiter) kimiawi dilepaskan dan ini menimbulkan impuls dalam syaraf pendengaran Suara (sound) Pitch – frekuensi suara Loudness – amplitudo (lebar/kekuatan suara) Timbre – jenis atau kualitas suara Jaringan Internet

10 cont Manusia dapat mendengarkan frekuensi dari 20Hz sampai 15kHz – kurang akurat membedakan frekuensi tinggi dibandingkan dengan frekuensi rendah Pemfilteran suara pada sistem pendengaran– dapat mengenali suara pada suara latar yang menjadi/penuh dengan gangguan Jaringan Internet

11 Sentuhan Menyediakan umpanbalik penting mengenai lingkungan
Mungkin merupakan indra kunci untuk orang yang memiliki kekurangan pada pandangannya Stimulus diterima melalui penerima (receptors) dalam kulit: Thermoreceptors – panas dan dingin Nociceptors – sakit Mechanoreceptors – tekanan (beberapa tekanan seketika/segera (instant), beberapa tekanan yang terus menerus (continuous)) Beberapa daerah/bagian tubuh lebih sensitif daripada yang lain, contoh: jari-jari. Kinethesis – kesadaran akan posisi tubuh dapat menjadikan nyaman dan berpengaruh baik pada kinerja Jaringan Internet

12 Gerakan Waktu yang diperlukan untuk menanggapi stimulus: waktu reaksi + waktu gerak Waktu gerak – tergantung pada usia, kebugaran, dan lain-lain. Waktu reaksi – tergantung pada jenis stimulus: Visual (pandangan) – 200ms Auditory (suara) – 150ms Pain (sakit) – 700ms Jaringan Internet

13 cont Bertambahnya waktu reaksi mengurangi akurasi pada operator yang tidak terampil tapi hal ini tak berpengaruh pada operator yang terampil Hukum Fitt (Fitt’s Law) merumuskan waktu yang dibutuhkan untuk menekan/menyentuh target di layar: Mt = a + b log2 (D /S + 1) Dimana a dan b secara empiris adalah konstanta yang telah ditentukan, Mt adalah waktu gerak, D adalah jarak dan S adalah ukuran. Target secara umum haruslah sebesar yang paling mungkin dan jarak adalah sekecil yang paling mungkin Jaringan Internet

14 Memory Terdapat 3 jenis fungsi memory, yang dapat digambarkan seperti pada gambar dibawah ini Jaringan Internet

15 cont Sensory memory (memory untuk merasakan)
Buffers (penyangga) untuk stimuli (rangsangan) Iconic – visual stimuli (rangsangan visual) Echoic – aural stimuli (rangsangan suara) Haptic – touch stimuli (rangsangan sentuhan) Secara terus menerus akan terus diperbarui/ditumpuki Informasi berlalu/lewat dari alat sensor (sensory) ke memory jangka pendek dengan atensi/perhatian Pemilihan rangsangan diatur oleh selera/gairah Jaringan Internet

16 Memory Jangka Pendek Lapisan scratch (scratch-pad) untuk pengingatan kembali (recall) sementara Akses cepat – 70ms Penghilangan cepat (rapid decay) – 200ms Kapasitas terbatas – 7+/-2 digit atau kumpulan informasi Jaringan Internet

17 cont Efek kekinian (recency effect) – pengingatan kembali (recall) sesuatu yang terakhir dilihat lebih baik daripada pengingatan kembali (recall) item-item yang lebih dulu Beberapa bukti untuk pelbagai elemen dari memory jangka pendek saluran artikulasi/pengucapan, saluran visual, dan lain-lain – campur tangan pada saluran yang berbeda tak mengganggu pengingatan kembali (recall) Jaringan Internet

18 Memory Jangka Panjang Tempat penyimpanan (repository) untuk semua pengetahuan kita Akses pelan– 1/10 detik Decay (penghilangan) pelan, jika ada Kapasitas yang besar atau tidak terbatas Dua jenis Episodik – memory berurutan dari kejadian-kejadian Semantik – memory terstruktur dari fakta-fakta, konsep dan ketrampilan Jaringan Internet

19 cont Struktur memory semantik Menyediakan akses ke informasi
Merepresentasikan hubungkan diantara bit-bit (bagian kecil) informasi Mendukung inferensia Model: semantic network (jaringan semantik) Inheritance – node-node anak dituruni properti (sifat dan kemampuan) dari node-node orang tuanya Hubungan diantara bit-bit informasi dilakukan secara eksplisit Mendukung inferensia melalui inheritance (penurunan sifat) Jaringan Internet

20 SEKIAN Jaringan Internet


Download ppt "Pertemuan Ketiga Manusia"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google