Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Notification, Dialog, dan Intent
2
Kelompok 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Tika Sari Nur Maya Bella S Ferdatama NH
3
Notification Pemberitahuan adalah pesan yang bisa Anda tampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi. Bila Anda memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam area pemberitahuan. Untuk melihat detail pemberitahuan, pengguna membuka laci pemberitahuan. Berikut contohnya: Gambar 1. Pemberitahuan di area pemberitahuan. Gambar 2. Pemberitahuan di laci pemberitahuan.
4
Membuat Pemberitahuan
Anda menetapkan informasi dan tindakan UI bagi pemberitahuan dalam objek NotificationCompat.Builder. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil NotificationCompat.Builder.build(), yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Anda. Untuk mengeluarkan pemberitahuan, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil NotificationManager.notify(). Isi Pemberitahuan Objek Notification harus berisi yang berikut ini: Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengansetContentText() Tindakan Pemberitahuan Walaupun bersifat opsional, Anda harus menambahkan setidaknya satu tindakan pada pemberitahuan. Tindakan memungkinkan pengguna beralih langsung dari pemberitahuan ke Activity dalam aplikasi Anda, tempat pengguna bisa melihat satu atau beberapa kejadian atau melakukan pekerjaan lebih jauh
5
Prioritas Pemberitahuan
Jika diinginkan, Anda bisa mengatur prioritas pemberitahuan. Prioritas berfungsi sebagai petunjuk bagi UI perangkat tentang cara menampilkan pemberitahuan. Untuk mengatur prioritas pemberitahuan, panggil NotificationCompat.Builder.setPriority() dan teruskan salah satu konstanta prioritasNotificationCompat. Ada lima level prioritas, mulai dari PRIORITY_MIN (-2) hingga PRIORITY_MAX (2); jika tidak diatur, prioritas default akan ditetapkan PRIORITY_DEFAULT (0). Membuat Pemberitahuan Sederhana Berikut mengilustrasikan pemberitahuan sederhana yang menetapkan aktivitas untuk dibuka bila pengguna mengklik pemberitahuan. Perhatikan bahwa kode ini membuat objek TaskStackBuilder dan menggunakannya untuk membuat PendingIntent untuk tindakan.
6
Mengelola Pemberitahuan
Bila perlu mengeluarkan pemberitahuan beberapa kali untuk tipe kejadian yang sama, hindari membuat pemberitahuan yang sama sekali baru. Sebagai gantinya, Anda harus mempertimbangkan untuk memperbarui pemberitahuan sebelumnya, baik dengan mengubah sebagian nilainya atau dengan menambahkan nilai, atau keduanya. Memperbarui Pemberitahuan Berikut memperagakan pemberitahuan yang diperbarui untuk mencerminkan jumlah kejadian yang telah terjadi. Cuplikan ini menumpuk pemberitahuan, yang menampilkan rangkuman: Menghapus Pemberitahuan Pemberitahuan tetap terlihat hingga salah satu kejadian berikut terjadi: Pengguna menghilangkan pemberitahuan satu per satu atau dengan menggunakan "Clear All" (jika pemberitahuan bisa dihapus). Pengguna mengklik pemberitahuan, dan Anda memanggil setAutoCancel() bila Anda telah membuat pemberitahuan. Anda memanggil cancel() untuk ID pemberitahuan tertentu. Metode ini juga menghapus pemberitahuan yang berjalan. Anda memanggil cancelAll(), yang menghapus semua pemberitahuan yang dikeluarkan sebelumnya.
7
Metadata Pemberitahuan
Pemberitahuan dapat disortir sesuai metadata yang Anda tetapkan dengan metode NotificationCompat.Builder berikut: setCategory() memberi tahu sistem cara menangani pemberitahuan aplikasi Anda bila perangkat berada dalam mode Priority (misalnya, jika pemberitahuan menyatakan suatu panggilan masuk, pesan instan, atau alarm). setPriority() menyebabkan pemberitahuan dengan bidang prioritas diatur ke PRIORITY_MAXatau PRIORITY_HIGH muncul dalam jendela kecil mengambang jika pemberitahuan juga memiliki suara atau getaran. addPerson() memungkinkan Anda menambahkan daftar orang ke pemberitahuan. Aplikasi Anda bisa menggunakannya untuk memberi isyarat pada sistem bahwa sistem harus mengelompokkan bersama pemberitahuan dari orang-orang yang ditetapkan, atau memberi peringkat lebih penting pada pemberitahuan untuk orang-orang ini. Mengatur Visibilitas Aplikasi Anda bisa mengatur level detail terlihat pada pemberitahuan yang ditampilkan di layar kunci aman. Anda memanggil setVisibility() dan menetapkan salah satu nilai berikut: VISIBILITY_PUBLIC menampilkan isi lengkap pemberitahuan. VISIBILITY_SECRET tidak menampilkan bagian apa pun dari pemberitahuan ini pada layar kunci. VISIBILITY_PRIVATE menampilkan informasi dasar, misalnya ikon dan judul isi pemberitahuan, namun menyembunyikan isi lengkap pemberitahuan.
8
Dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Contoh dialog:
9
AlertDialog : Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog : Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu.
10
Intent Intent adalah objek yang menyediakan waktu proses yang mengikat komponen-komponen terpisah, misalnya dua activity. Intentmenyatakan "intent untuk melakukan sesuatu" dari aplikasi. Anda bisa menggunakan intent untuk berbagai jenis tugas, tetapi dalam pelajaran ini, intent Anda akan memulai activity lain.
11
Penerapan Notification
mNotificationManager = (NotificationManager) getSystemService(Context.NOTIFICATION_SERVICE); // Sets an ID for the notification, so it can be updated int notifyID = 1; mNotifyBuilder = new NotificationCompat.Builder(this) .setContentTitle("New Message") .setContentText("You've received new messages.") .setSmallIcon(R.drawable.ic_notify_status) numMessages = 0; // Start of a loop that processes data and then notifies the user mNotifyBuilder.setContentText(currentText) .setNumber(++numMessages); // Because the ID remains unchanged, the existing notification is // updated. mNotificationManager.notify( notifyID, mNotifyBuilder.build());
12
Penerapan Dialog // set title dialog alertDialogBuilder.setTitle("Keluar dari aplikasi?"); // set pesan dari dialog alertDialogBuilder .setMessage("Klik Ya untuk keluar!") .setIcon(R.mipmap.ic_launcher) .setCancelable(false) .setPositiveButton("Ya",new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog,int id) { // jika tombol diklik, maka akan menutup activity ini TWOHAlertDialog.this.finish(); } }) .setNegativeButton("Tidak",new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int id) { // jika tombol ini diklik, akan menutup dialog // dan tidak terjadi apa2 dialog.cancel(); } });
13
Penerapan Intent public class MainActivity extends AppCompatActivity { public static final String EXTRA_MESSAGE = "com.example.myfirstapp.MESSAGE"; protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); } /** Called when the user taps the Send button */ public void sendMessage(View view) { Intent intent = new Intent(this, DisplayMessageActivity.class); EditText editText = (EditText) findViewById(R.id.editText); String message = editText.getText().toString(); intent.putExtra(EXTRA_MESSAGE, message); startActivity(intent); } }
14
Referensi
15
TERIMAKASIH…
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.