Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
1. Ikmam Nur Fauzi ( ) 2. Bagas Pratikto ( ) 3. Suprayitno ( ) 4. Yusuf Budiaji ( ) 5. Upit Liana Sari ( ) 6. Edi Susanto ( ) 7. Adimas Dwi Nur H. ( )

2 Bahan diskusi Komponen aplikasi android Hyrarchy of screen element
Proses thread  Siklus hidup activity Project structure Struktur XML Jenis-jenis layout Mendesain user interface/layout Android UI Control (TextView, EditText, Button, Spinner, CheckBox, RadioButton) Contoh programnya Ui Control dalam aplikasi

3 Komponen aplikasi android
Ada 4 komponen utama :

4 Activity Istilah yang digunakan dalam pemrograman Android untuk mengacu pada satuan interaksi dengan pengguna melalui antarmuka grafis (GUI). Services Komponen aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa user-interface. Content Provider Menyediakan cara untuk mengakses data yang dibutuhkan oleh suatu activity Broadcast Receivers Komponen yang memantau, menerima, dan bereaksi terhadap pesan yang disebarkan, baik oleh system maupun aplikasi lain.

5 Hyrarchy of screen element
Antarmuka pengguna untuk setiap komponen aplikasi Anda didefinisikan menggunakan hierarki objek View dan ViewGroup, seperti yang ditampilkan dalam gambar Setiap kelompok tampilan merupakan kontainer tak terlihat yang mengelola tampilan anak, sementara tampilan anak ini dapat berupa kontrol masukan atau widget lain yang menggambar sebagian dari UI. Pohon hierarki ini bisa sederhana atau bisa juga kompleks sesuai kebutuhan (namun yang sederhana paling baik untuk kinerja).

6 Proses dan thread PROSES
Setiap proses menyediakan resource , yang dibutuhkan untuk mengeksekusi program. Sebuah proses adalah instansi dari sebuah aplikasi atau program serta beberapa Sistem Operasi merujuk pada task , untuk merujuk  pada Program yang sedang berjalan. Ada lima tingkatan dalam hierarki prioritas pada android. Proses Latar Depan Proses yang diperlukan untuk aktivitas yang sedang dilakukan pengguna. Proses dianggap berada di latar depan jika salah satu kondisi berikut terpenuhi: Proses menjadi host Activity yang berinteraksi dengan pengguna dengan (Activity dengan metode onResume() telah dipanggil). Proses menjadi host Service yang terikat dengan aktivitas yang sedang berinteraksi dengan pengguna. Proses menjadi host Service yang berjalan "di latar depan"— layanan telah memanggilstartForeground(). Proses menjadi host Service yang menjalankan salah satu callback daur hidupnya (onCreate(), onStart(), atau onDestroy()). Proses menjadi host BroadcastReceiver yang menjalankan metode onReceive()

7 Proses Yang Terlihat Proses yang tidak memiliki komponen latar depan, namun masih bisa memengaruhi apa yang dilihat pengguna di layar. Proses dianggap terlihat jika salah satu kondisi berikut terpenuhi: Proses ini menjadi host Activity yang tidak berada di latar depan, namun masih terlihat oleh pengguna (metode onPause() telah dipanggil). Ini bisa terjadi, misalnya, jika aktivitas latar depan memulai dialog, sehingga aktivitas sebelumnya terlihat berada di belakangnya. Proses menjadi host Service yang terikat dengan aktivitas yang terlihat (atau latar depan) Proses yang terlihat dianggap sangat penting dan tidak akan dimatikan kecuali jika hal itu diperlukan agar semua proses latar depan tetap berjalan.

8 Proses Layanan Proses yang menjalankan layanan yang telah dimulai dengan metode startService() dan tidak termasuk dalam salah satu dari dua kategori yang lebih tinggi. Walaupun proses pelayanan tidak langsung terkait dengan semua yang dilihat oleh pengguna, proses ini umumnya melakukan hal-hal yang dipedulikan pengguna (seperti memutar musik di latar belakang atau mengunduh data di jaringan), jadi sistem membuat proses tetap berjalan kecuali memori tidak cukup untuk mempertahankannya bersama semua proses latar depan dan proses yang terlihat. Proses Latar Belakang Proses yang menampung aktivitas yang saat ini tidak terlihat oleh pengguna (metode onStop() aktivitas telah dipanggil). Proses ini tidak memiliki dampak langsung pada pengalaman pengguna, dan sistem bisa menghentikannya kapan saja untuk memperoleh kembali memori bagi proses latar depan, proses yang terlihat, atau proses layanan. Biasanya ada banyak proses latar belakang yang berjalan, sehingga disimpan dalam daftar LRU (least recently used atau paling sedikit digunakan) untuk memastikan bahwa proses dengan aktivitas yang paling baru terlihat oleh pengguna sebagai yang terakhir untuk dimatikan.

9 Proses Kosong Sebuah proses yang tidakberisi komponen aplikasi aktif apa pun. Alasan satu-satunya mempertahankan proses seperti ini tetap hidup adalah untuk keperluan caching, meningkatkan waktu mulai (startup) bila nanti komponen perlu dijalankan di dalamnya. Sistem sering menghentikan proses ini untuk menyeimbangkan sumber daya sistem secara keseluruhan antara proses cache dan cache kernel yang mendasarinya.

10 THREAD Sebuah thread adalah bagian di dalam sebuah proses ,yang dapat dijadwalkan untuk di eksekusi. Semua thread dari sebuah proses ,akan saling membagi virtual address space  dan system resources. Sedangkan proses mempunyai virtual address space tersendiri atau terpisah. Thread memiliki akses langsung ke segmen data dari proses. sedangkan proses mempunyai salinan segmen data ,dari induk proses sendiri.

11 Siklus hidup activity

12 Method onCreate() Kondisi awal saat Activity baru diciptakan, biasanya dilakukan inisialisasi dan untuk menampilkan layout. Method onStart() Saat Activity dimulai/terlihat oleh user. Method onResume Saat activity dibuka kembali, bagian ini activity berada di bagian teratas diantara activity lain. Method onPause() Saat kita berpindah dari satu activity ke activity lain dimana activity tetap terlihat, tapi tidak mendapat focus.

13 Method onStop() Dimana activity sudah tidak terlihat, digantikan oleh activity lain. Method onRestart() Dipanggil ketika kita menutup activity lain dan kembali ke activity pertama, diikuti dengan method onStart() dan onResume(). Ketika kita keluar aplikasi, secara berurutan activity akan memanggil method onPause() -> onStop() -> onDestroy().

14 Project structure File Proyek pada Android
Setiap proyek di Android Studio berisi satu atau beberapa modul dengan file kode sumber dan file sumber daya. Jenis-jenis modul mencakup: Modul aplikasi Android Modul Pustaka Modul Google App Engine Semua file versi terlihat di bagian atas di bawah Gradle Scripts dan masing-masing modul aplikasi berisi folder berikut: manifests: Berisi file AndroidManifest.xml. java: Berisi file kode sumber Java, termasuk kode pengujian JUnit. res: Berisi semua sumber daya bukan kode, seperti tata letak XML, string UI, dan gambar bitmap.

15 Struktur XML XML dokumen berbentuk struktur pohon (tree structure). Sebuah dokumen XML harus berisi element root, elemen ini merupakan parent dari element-element yang lain. Elemen dalam dokumen XML membentuk struktur pohon. Sebuah pohon dimulai dengan root dan memiliki cabang sampai level yang paling rendah. Semua elemen dapat mempunyai sub elemen (elemen child).

16 Struktur XML Contoh sebuah dokumen XML : <?xml version="1.0" encoding="ISO "?> <?xml version="1.0"?> <buku> <pengarang>robert</pengarang> <judul>mak lampir</judul> <tahun>1990</tahun> </buku>

17 Struktur XML Baris pertama merupakan deklarasi XML, Ini mendefinisikan versi XML (1.0) dan pengkodean yang digunakan (ISO = Latin-1/West European character set). Baris berikutnya menggambarkan root element dari dokumen, seperti mengatakan, dokumen ini adalah tentang buku Tiga baris berikutnya menggambarkan child element dari root (pengarang, judul, tahun) Dan baris terakhir adalah penutup root Dari dokumen xml tersebut dapat digambarkan bahwa, buku tersebut dikarang oleh robert, judulnya mak lampir, dan diterbitkan tahun1990

18 Jenis-jenis layout Linear Layout
Layout yang menampilkan elemen-elemen view dengan arah linear, vertikal ataupun horizontal Relative Layout Layout yang menampilkan elemen-elemen view dalam posisi yang relatif. Posisi dari sebuah view yang dapat diletakkan relatif terhadap posisi elemen view di sekitarnya atau relatif terhadap area layout utama. Table Layout Layout yang menampilkan elemen view berdasarkan baris dan kolom. Grid View Layout grid yang biasa digunakan untuk membuat galeri foto. ListView Jenis layout dengan tampilan list.

19 Mendesain user interface/layout
Di Layout Editor Android Studio, Anda bisa dengan cepat membangun layout dengan menyeret widget ke dalam editor desain visual sebagai ganti menulis XML layout secara manual. Editor ini bisa menampilkan pratinjau layout Anda dalam berbagai versi dan perangkat Android, dan Anda secara dinamis bisa mengubah ukuran layout untuk memastikannya berfungsi dengan baik pada berbagai ukuran layar.

20 Android UI Control (TextView, EditText, Button, Spinner, CheckBox, RadioButton)
Untuk manampilkan teks atau tulisan pada layar atau perangkat android. EditText Digunakan oleh user untuk menginput atau memasukkan tulisan, teks atau angka. Button Sebagian besar aksi user biasanya berhubungan dengan button, misalkan submit, register, exit, hapus data dan sebagainya. Radio Button Salah satu elemen layout di Android yang sering dipakai, yang biasanya berfungsi untuk menginputkan data yang berupa pilihan dan hanya satu saja yang bisa dipilih.

21 Contoh programnya Ui Control dalam aplikasi
Contoh UI Control dalam Maps API di Google Maps Maps API menawarkan beberapa kontrol UI bawaan yang serupa dengan yang ditemukan dalam aplikasi Google Maps pada ponsel Android Anda. Anda bisa mengubah visibilitas kontrol ini dengan menggunakan kelas UiSettings yang bisa diperoleh dari GoogleMap dengan metode GoogleMap.getUiSettings. Perubahan yang dilakukan pada kelas ini segera diterapkan pada peta. Untuk melihat contoh fitur ini, lihat aktivitas demo Setelan UI dalam aplikasi contoh. Anda juga bisa mengonfigurasi sebagian besar opsi ini bila peta telah dibuat, baik melalui atribut XML atau menggunakan kelas GoogleMapOptions. Lihat Mengonfigurasi status awal untuk detail selengkapnya. Setiap kontrol UI memiliki posisi sesuai dengan tepi peta, yang telah ditentukan sebelumnya. Anda bisa memindahkan kontrol menjauh dari tepi atas, bawah, kiri atau kanan dengan menambahkan [pengisi] ke objek GoogleMap.


Download ppt "PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google