Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSudirman Hendra Susman Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Kelompok 3 Khoerul Umam 15.11.0241 Dwi Yulianto K.W 15.11.0231
Anggen Dias Restu Wardani M. Reza Fadilah Afrizal Rifai Riyanuar Nugroho Safki Fajar Fatmawan
2
Pemograman Mobile Pemograman mobile merupakan pemograman berbasis OOP didalam pemograman mobile memiliki struktur struktur yang sangat terkonsep terlebih bahasa android yang mulai berkembang secara pesat dengan adanya pemograman mobile ini diharapkan teman teman mampu mengimplentasikan kedalam bentuk syntak pada pemograman Android selain itu mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi android berbasis OOP yang dapat menunjang tesis untuk tugas akhir (TA). Untuk itu kami sekolompok akan mengulas tentang seputar Pemograman Android mulai dari : Android Fragment Komunikasi Antar Fragment Dan Fragment Pada Activity Membuat Fragment Membangun UI Flexsibel dengan Fragment
3
Android Fragment Fragmen adalah bagian modular dari desain aktivitas dan ini digunakan untuk mewakili perilaku antarmuka pengguna (UI) dalam suatu aktivitas. Dengan menggunakan fragmen kita bisa membuat desain UI yang fleksibel yang bisa disesuaikan berdasarkan ukuran layar perangkat seperti tablet, smartphone.Kita bisa membangun multi pane UI dengan menggabungkan beberapa fragmen dalam satu aktivitas dan kita dapat menggunakan kembali fragmen yang sama dalam beberapa aktivitas. Fragmen ini memiliki siklus hidup dan panggilan balik sendiri dan menerima kejadian masukannya sendiri. Kami dapat menambahkan atau menghapus fragmen dalam aktivitas saat aktivitas berjalan
4
Contoh Android Fragment
5
Komunikai Antar Fragment
Fragment merupakan bagian dari UI dalam activity. Kita dapat menggabungkan beberapa fragment dalam activity untuk membuat multi-pane UI.Ada beberapa hal yang kamu perlu tahu tentang fragment yaitu, fragment memiliki siklus hidup(lifecycle) sendiri, dapat proses event sendiri, dan dapat ditambah atau dihapus ketika activity sedang jalan. Fragment diperkenalkan pada HoneyComb API 11 namun bisa digunakan pada perangkat android lama dengan menggunakan Support Library dari 1.6 sampai 2.0.
6
Android Life Cycle Pada Fragment
Activity onCreate() dipanggil, dimana activity dapat mengatur tampilan dengan menggunakan method setContentView(). onAttach() dipanggil setelah fragment dikaitkan dengan activity. Fragment mendapat refrensi ke objek activity yang dapat digunakan sebagai konteks. onAttachFragment dipanggil oleh activity untuk menotifikasi activity bahwa fragment telah di attach. onCreate () dipanggil saat fragment dibuat.
7
Proses Penghancuran Fragment
onPause() dipanggil di dalam fragment. onPause() dipanggil di dalam activity onSaveInstanceState () digunakan untuk menyimpan informasi fragment dalam objek Bundle. onSaveInstanceState () digunakan untuk menyimpan informasi activity dalam objek Bundle. onStop() dipanggil di dalam fragment.
8
Proses Penghancuran Fragment
onStop() dipanggil di dalam Activity. onDestroyView () dipanggil setelah hirarki view fragment tidak lagi dapat diakses. onDestroy () dipanggil setelah fragment tidak digunakan, masih ada objek java melekat pada activity. onDestroy () dipanggil di dalam activity. onDetach () fragment tidak terikat dengan activity, dan tidak memiliki hirarki view lagi.
9
Membuat Fragment ( UI Fexibel)
Buat dua class java baru dengan nama FragmentA dan FragmentB kemudian extend Kemudian kita akan membuat file layout untuk fragment dengan nama fragment_a.xml dan fragment_b.xml. Buka direktori res/layout, klik kanan -> new -> Layout resource file -> masukan nama layout fragment dan ubah Root element dengan RelativeLayout, jika sudah selesai klik OK. Buat interface dengan nama communicator, ini berguna untuk menghubungkan kedua fragment yang telah kita buat. Untuk membuat interface sama saja dengan membuat java class, yang membedakan pada kind pilih interface.
10
Membuat Fragment ( UI Fexibel)
Buka content_main.xml, kemudian masukan layout fragment. Bagi yang menggunakan android studio versi lama, gunakan activity_main.xml Buka MainActivity.java, implements interface yang sudah dibuat dan implementasikan method dari Communicator. Buka kembali class FragmentB,tambahkan method changeText.
11
Output Fragment
12
Membangun UI Flexsibel dengan Fragment
Dua fragmen yang ditampilkan dalam konfigurasi yang berbeda untuk aktivitas yang sama pada berbagai ukuran layar. Pada layar besar, kedua fragmen muat dari sisi ke sisi, tetapi pada perangkat handset, hanya satu fragmen muat dalam satu waktu, jadi fragmen harus menggantikan satu sama lain seiring pengguna bernavigasi. Kelas FragmentManager menyediakan metode yang mengizinkan kita untuk menambahkan, membuang, dan mengganti fragmen ke sebuah aktivitas pada waktu proses untuk menciptakan pengalaman dinamis.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.