Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Oleh: M. ANWAR AINI
2
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Cakupan: Perkembangan Teknologi Informasi Sistem Komputer Perangkat Input dan Output (I/O Device) Penyimpanan Data (Storage Device) Perangkat Lunak (Software) Multimedia Jaringan Komputer Aplikasi Internet Telekomunikasi
3
Perkembangan Teknologi Informasi
Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu mengetahui perkembangan teknologi informasi masa kini dan prospek masa depan dan mampu memanfaatkannya dalam berbagai bidang. Cakupan Materi: Pengertian TI Evolusi Global Peran TI Bidang Pemerintahan Bidang Keuangan dan Perbangkan Bidang Pendidikan Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Jarak Jauh Online Luar Negeri Indonesia Tugas-Tugas
4
PETA KONSEP Perkembangan TI Global Ec. Ev. PeranTI Uang dan Bank
Pemerintahan Pendidikan Pengertian TI Pend. JJ Online Pend. JJ Luar Negeri Indonesia
5
Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
6
Evolusi Ekonomi Global
Sampai 200 thn yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dengan ciri utama tanah merupakan faktor produksi paling dominan. Sesudah terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utama adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Menjelang peralihan abad sekarang inl, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology)
7
e-government Guna: Peningkatan hub pemerintah dengan pihak lain
Manfaat: Pelayanan. Hub./Relasi Pemberdayaan Masarakat Efisiensi Kendala: Belum semua daerah ber-e-government e-government hanya website saja e-government merupakan proyek Dukungan Inpres e-gavernment terlaksana th. 2005
8
Bidang Keuangan ATM (Automatic Teller Machine) Kartu Kredit/Debet
Informasi antar perusahaan Asuransi Broker Industri Perbankan Lembaga Pembiayaan Dll.
9
Bidang Pendidikan Mukhopadhyay M. (1995): Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka Ivan Illich, (1970): Meramal Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy) Bishop G. (1989): meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya Mason R. (1994): berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Tony Bates (1995): menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time)?. Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason (1996): memprediksi penggunaan “Computer- based Multimedia Communication (CMC)? yang bersifat sinkron dan asinkron.
10
Trend Pendidikan Indonesia
Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan Perubahan fungsi Perpustakaan & instrumen pendidikan (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
11
Interaksi Guru/Dosen-Siswa/Mahasiswa
Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board.
12
Unsur Pendidikan JJ Pusat kegiatan siswa Interaksi dalam grup
Sistem Administrasi Mahasiswa Pendalaman Materi dan Ujian Perpustakaan Digital Materi Online (diluar materi kuliah)
13
SISTEM KOMPUTER KOMPETENSI DASAR KONSEP MAP
Mahasiswa mampu memahami komputer sebagai sebuah sistem yang tersusun atas sejumlah komponen serta hubungan diantara komponen- komponen tersebut. KONSEP MAP
14
Sistem Komputer Definisi Arsitektur
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan Arsitektur komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, (awal 1940) dengan Arsitektur yang terdiri dari empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, unit memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). keseluruhan bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat yang disebut dengan "bus"
15
Komponen Teknologi Informasi
Hardware, terdiri dari CPU, memory, I/O device, interconnector Software, terdiri dari OS, package application, user application Firmware , terdiri dari instruksi disimpan permanen dalam ROM Brainware, terdiri dari end user, programmer, analyst, manager, DBA Infoware, terdiri dari user manual, SOP, cyber law
16
Pengertian Komputer Komputer Adalah Alat elektronik yang :
Dapat menerima input data Dapat mengolah data Memberikan informasi Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program) Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis sman3 denpasar
17
Pengertian Program kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan. sman3 denpasar
18
Tujuan Pokok Komputer Secara umum system komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari system tersebut. Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. sman3 denpasar
19
Klasifikasi Komputer Komputer oleh beberapa ahli diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang : Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah Komputer Berdasarkan Penggunaanya Komputer Berdasarkan Ukurannya Komputer Berdasarkan Processor sman3 denpasar
20
Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu ; 1. Komputer Analog, yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya 2. Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC dll Keunggulan dari computer ini adalah : memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog. Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses 3. Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, misalnya faxcimile dll sman3 denpasar
21
Komputer Berdasarkan Penggunaanya
Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi ; 1. Special-Purpose Komputer Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog,dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri 2. General-Purpose Komputer Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dll General-Purpose Komputer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer sman3 denpasar
22
Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas ; 1. Tower (Menara), 2. Desktop (Meja) 3. Portable 4. Notebook 5. Subnotebook 6. Palmtop sman3 denpasar
23
Komputer Berdasarkan Processor
Komuter ini digolongkan menjadi : 1. Mainframe adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai. 2. Minikomputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal. 3. Personal Computer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program apilkasi saat tertentu. sman3 denpasar
24
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI PROSEDUR
Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dsb. Port dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu ; Port Serial, Port Parallel, Port USB, port SCSI, Port Infra merah serta port-port yang lain sman3 denpasar
25
Jenis-jenis Port Komputer
Port Serial Port Parallel Port USB Port SCSI Port Infra Merah Port lainnya sman3 denpasar
26
Prosedur Menghidupkan Dan Mematikan Komputer
Untuk mengoperasikan sebuah komputer, perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah seluruh komponen komputer terhubung dengan baik melaui konektor- konektornya dan komputer terhubung pada power supply listrik, Proses awal start sebuah komputer dinamakan proses booting, dalam proses ini program dalam bios akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan. Dalam soal booting dikenal dengan dua macam booting yaitu : Cold boot (booting dingin) dan Warm boot (booting panas) sman3 denpasar
27
Ketika komputer sudah mulai menyala, maka BIOS akan memeriksa semua hardware yang terhubung dengan komputer. BIOS (Basic Input Output System) adalah sebauh chip kecil yang berisi program untuk mengenali kesiapan hardware, Selanjutnnya proses diambil alih oleh operating system, yang mempersiapkan komputer untuk menerima intruksi selanjutnya dari user (pengguna). Menghidupkan dan mematikan komputer merupakan pekerjaan awal yang perlu diperhatikan, karena ini merupakan hal yang paling dasar untuk melakukan tindakan selanjutnya, Untuk menghidupkan komputer tidak jauh beda dengan peralatan elektronik yang lain, misalnya radio atau televisi yaitu cukup menekan tombol power On/Off siap untuk digunakan. sman3 denpasar
28
Perbedaan Komputer dengan Elektronik Lainnya
Tombol power, juga terdapat tombol restart Hanya tombol power saja Terdapat perangkat keras dan perangkat lunak, kalau dinyalakan akan salaing menyesuaikan Hanya terdiri dari perangkat keras saja, cara kerjanya terbatas, dihupkan maka langsung bisa gunakan Terdapat proses booting, yaitu proses pengecekan perangkat keras dan pemanggilan system operasi Tidak terdapat proses booting Penyebab kemacetan karena komponen-komponen atau juga karena programnya Kemacetan disebabkan kerusakan komponen Operasi pada komputer dengan menggunakan bahasa pemograman Tidak membutukan bahasa pemograman, kalaupun ada hanya sebagaian kecil saja Untuk mematikan dengan menghentikan semua system, menutup semua program dan shutdown Mematikan, langsung dengan menekan tombol power atau langsung memutus aliran listrik sman3 denpasar
29
Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komputer, diantaranya :
Bila menghidupkan komputer, pastikan peralatan terpasang dengan benar Menggunakan stabilizer atau UPS untuk menghidari kerusakan yang disebabkan arus listrik yang tidak stabil Pastikan arus listrik mencukupi bila menhidupkan komputer, apabila arus listrik tidak kuat, maka akan berulang kali padam karena kelebihan beban. Dan berpengaruah terhadap komputer. sman3 denpasar
30
User User User User A typical computer system OPERATING SYSTEM
COMMAND LANGUAGE PROCESSOR User User OPERATING SYSTEM Applications programs File System COMPUTER HARDWARE Language Processors Memory Loader Devices Editors Communications Supports User User A typical computer system
31
All Computers, from the very smallest microsystem to the largest mainframe, consist of three basic components. Memory Central Processing Unit (CPU) Input/Output devices
32
Central Processing Unit
What is the computer ? Central Processing Unit (CPU) Control Unit Input Data Output Information Primary Storage Unit Arithmetic and Logic Unit Secondary Storage Unit
33
Every computer comes with a certain amount of storage, both internal storage (memory), and external (or secondary) storage. The two forms of storage differ in characteristics and in purpose. Program currently in execution, along with some of the data required for execution, must be reside in memory.
34
Types of memory Memory Main Secondary Read Only Memory Random-Access
Hard Disk Floppy Disk CD-ROM Types of memory
35
Stores information permanently (not volatile).
MAIN MEMORY Read Only Memory (ROM): Stores information permanently (not volatile). Stores the boot instructions needed to start-up the computer when it is switch on. Is written by the manufacturer. Random Access Memory (RAM): Is usually volatile memory. Temporarily stores programs while they are being executed and data. Cache Memory Checked by the processor prior to looking for a needed program instruction or data in regular RAM.
36
Stores information permanently (not volatile).
MAIN MEMORY Read Only Memory (ROM): Stores information permanently (not volatile). Stores the boot instructions needed to start-up the computer when it is switch on. Is written by the manufacturer. Random Access Memory (RAM): Is usually volatile memory. Temporarily stores programs while they are being executed and data. Cache Memory Checked by the processor prior to looking for a needed program instruction or data in regular RAM.
37
Coordinating all computer operations
Central Processor Unit (CPU) Coordinating all computer operations Performing arithmetic and logical operations on data Contains two subcomponents Arithmetic/Logic Unit (ALU) Carries on all types of calculation (Arithmetic and logical operations) Control Unit (CU) Controls the actions of the other components. Examples, Operating under the control of instructions from the programmer (these instructions reside in memory), the control unit causes data to be read from the input devices, passed the appropriate values from storage to arithmetic/logic unit for the required calculations, stores and retrieved data and intermediate results from main memory, and passes results to the output device for display
38
EFT (Electronic Funds Transfer) : automatic deposit,
INPUT DEVICES Keyboard Devices Pointing Devices: Mouse, Trackball, Touch Screen, Light Pen,Remote Control Unit Optical Reading Devices: OCR (Optical Character Recognition) : optical mark reader, optical character reader,handprint reader Magnetic Reading Devices EFT (Electronic Funds Transfer) : automatic deposit, automatic tranfer,Automated Teller Machine (ATM) Speech Recognition Devices
39
Video Display Termional (VDT)
OUTPUT DEVICES Displayed Output Devices : Display Screen, Monitor, Cathode Ray Tube (CRT), Video Display Termional (VDT) Printers : Line Printers, Character Printers, Page Printers Speech Output Devices Plotters Microfilm
40
Hardware Development First Generation ( ) Second Generation ( ) Third Generation ( ) Fourth Generation ( Now) Accessories
41
Sistem dan Komponen Utama Perangkat Keras
42
CPU (Processor) Fungsi Utama: melakukan proses aritmatika dan logika, pengendalian operasi komputer Terdiri: ALU (Arithmatic Logic Unit) adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). CU (Control Unit) berfungsi mengatur lalu lintas data keluar masuk ALU. MU (tempat menyimpan perintah-perintah yang sering digunakan.
43
Contoh beberapa Prosesor
44
Memory Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua
Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa disebut RAM. Karakteristik dari memori primer : Volatil kecepatan tinggi akses random (acak) Secondary Memory, dipergunakan menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik memori sekunder : non volatil kecepatan relatif rendah akses tidak random atau sekuensial Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape,optical disk,
45
Input-Output Device Berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : Keyboard mouse touch screen scanner Camera modem network card, dll Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Monitor Printer Speaker Plotter Modem network card, dll
46
Tugas Kelompok Sistem Komputer (4 -5 mahasiswa/kelompok)
Apa yang dimaksud dengan bus, interconnect device, bridge? Apa yang disebut istilah volatil dan non-volatil ? sebutkan produk processor sejak kemunculaan komputer pertama kali hingga era sekarang ini? jelaskan perbedaan antara operating system (OS), package application (PA) dan user application (UA) ? Jelaskan kegunaan dari device berikut ini : GPU = Graphics Processing Unit; AGP = Accelerated Graphics Port; HDD = Hard Disk Drive; FDD = Floppy Disk Drive; FSB = Front Side Bus; USB = Universal Serial Bus; PCI = Peripheral Component Interconnect; RTC = Real Time Clock; PATA = Pararel Advanced Technology Attachment; SATA = Serial Advanced Technology Attachment; ISA = Industry Standard Architecture; IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics; MCA = Micro Channel Architecture;
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.