Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pertemuan 15 GUI
2
GUI Apa itu GUI? GUI singkatan dari Graphical User Interface
Biasanya kita hanya melakukan dengan eksekusi pada command line atau menggunakan m file Sekarang menggunakan tampilan atau grafis
3
Memanfaatkan GUIDE Caranya pada command windows MATLAB / promt ketikkan sebagai berikut: >> guide
4
GUIDE Kemudian klik tombol
5
JENDELA GUIDE
6
Mengenal toolbar
7
M e n u t o o l b a r Komponen Keterangan Select Push Button
Untuk membatalkan pemilihan terhadap komponen Push Button Komponen berupa tombol Radio Button Komponen tombol radio Edit Text Komponen yang memungkinkan pemakai memasukkan nilai dari keyboard Pop-up Menu Berguna membuat menu Toggle Button Tombol bersifat on /off Axes Berguna membuat grafik Button group Komponen yang berisi sejumlah tombol radio Slider Tombol penggeser Check Box Kotak cek Static Text Berguna untuk membuat label List Box Digunakan untuk menyajikan sejumlah pilihan Table Menyajikan tabel (versi 2008 ke atas) Panel Kotak dengan judul bagian atas ActiveX Control Kontrol untuk ActiveX
8
Merancang Antar Muka
9
Menambahkan teks statis
Klik pada Static text ( ) Letakkan mouse pada posisi yang diinginkan untuk meletakkan static text
10
Lakukan klik kanan pada bagian static text
11
Ubah properti Letakkan penunjuk mouse pada nama properti String
Lalu gantilah static text menjadi panjang
12
Hasil
13
Menambahkan Edit Text Klik pada edit text pada toolbar
Letakkan pada posisi dekat tulisan ‘panjang’ yang telah kita buat
14
Edit properti “edit text”
Aktifkan property inspector dengan melakukan klik kanan pada “edit text” Isilah properti Tag menjadi edit_panjang Kosongkan isi properti String
15
Menambahkan “Push Button”
Klik pada push-button pada tool bar Letakkan penunjuk mouse pada posisi sebelah kanan “edit text”
16
Ubah property “push-button”
Lengkapi properti nya , dengan cara sebagai berikut: Klik kanan pada “push button”, pilih Properti inspector Gantilah pada property Tag dengan pushbutton_hitung Isilah kata hitung pada property String kemudian tekan enter.
17
HASIL
18
Melengkapi Rancangan Komponen Properti Isi Static Text String Lebar:
Edit Text (Kosongkan) Tag Edit_lebar Push Button Keluar Pushbutton_keluar Static text Keliling : Text_keliling
19
Hasil
20
Menyimpan Antarmuka Klik menu File Klik menu Save atau Save As
Ketikkan pada keliling pada File Name Klik Save
21
Hasil menyimpan antar muka
keliling.fig keliling.m
22
Menambahkan kode untuk tombol hitung
Untuk menambahkan kode program maka terdapat fungsi yang telah digenerate dari antar muka
23
Klik pada push_button_hitung_Callback
24
Menambahkan kode untuk tombol keluar
Kembali lagi klik tanda f(x) pada editor mfile Klik pada pushbutton_keluar_Callback Isi dengan close;
25
Menampilkan Klik tombol run
26
MEMBUAT GRAFIK Awalnya buat antar muka terlebih dahulu
27
Properti yang digunakan
Komponen Properti Isi Static text String Persamaan Grafik FontSize 10.0 Edit text (kosongkan) Tag Edit_persamaan Push Button Proses pushbutton_proses Keluar pushbutton_keluar Axes Axes_grafik
28
Masukkan kode Klik f(x) pada mfile Pilih pushbutton_proses_CallBack
Isi kode program Setelah selesai pilih pushbutton_keluar_CallBack Isi dengan fungsi close;
30
Hasil Running- belum diisi
31
Hasil Running – setelah di isi
32
Terimakasih & semoga bermanfaat
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.