Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER"— Transcript presentasi:

1 PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER
Pertemuan 2 PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER

2 O/S DIPANDANG SEBAGAI MANAGER SUMBERDAYA Fungsi Sistem Operasi Adalah : Mengefisiensikan Penggunaan Sistem Komputer, Memudahkan Penggunaan Sistem Komputer Dengan Penampilan Yang Optimal

3 Tugasnya Meliputi , Pengarahan Dan Pengendalian Semua Proses Yang Ada Di Dalam Komputer, Yaitu Program- Program Yang Sedang Berjalan (Run) Dengan Cara: 1. Mengawasi Status Semua Sumber Daya Yang Dimiliki Pada Setiap Saat. 2. Menegakan Kebijaksanaan Penjadwalan Dan Penjatahan Pemakaian Sumber Daya Sesuai Dengan Aturan-Aturan Tertentu. 3. Membagi Sumber Daya Yang Telah Dialokasikan Bila Telah Tiba Pada Saatnya Sesuai Dengan Ketentuan. 4. Menerima Atau Menarik Kembali Sumber Daya Bila Telah Selesai Dipakai Atau Tidak Dimanfaatkan Kembali

4 1.Pengaturan Memori, dengan cara :
O/S Mengatur Pemakaian Sumber Daya Tersebut Dengan Cara : 1.Pengaturan Memori, dengan cara : Mengawasi bagian-bagian memori , lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapa pemakainya: Menetapkan kebijaksanaan alokasi Siapa yang berhak mendapatkan bagian memory beserta lokasinya Memperbaharui informasi tentang status bagian memori

5 2. Pengaturan prosesor , dengan cara :
Mengawasi status prosesor Menentukan proses yang mana dari beberapa proses yang sedang menanti atau menggunakan prosesor Menyerahkan penggunaan prosesor dengan cara mengisi register-register yang perlu di isi. Menarik kembali pemakaian prosesor bila sudah tidak dipergunakan

6 3. Pengaturan peralatan I/O
Mengawasi status peralatan I/O beserta kelengkapannya (channel)‏ Mengatur cara dan jadwal pemakaian peralatan I/O Menyerahkan pemakaian peralatan I/O Menerima kembali peralatan I/O bila sudah tidak dipergunakan

7 4. Pengaturan informasi (system file )‏
Mengawasi berbagai informasi, yaitu mengenal statusnya, lokasi, penggunaanya dan sekuritinya Menetapkan proses-proses yang boleh mendapatkan informasi tertentu Melepaskan atau memberikan informasi , umpamanya dengan cara membuka suatu file tertentu Menarik kembali dan menyimpan informasi

8 2. O/S DITILIK DARI SUDUT TAHAPAN PROSES
Operating system terdiri dari himpunan program atau modul O/S untuk mengatur penggunaan sumber daya. Terdapat 6 tahap : 1. Submit state , tahap di mana pemakai system menyerahkan jobnya dengan cara : Mempertimbangkan criteria-kriteria pemilihan (prioritas, macam dan besarnya job dll. Job Scheduler, yang merupakan bagian pengatur prosesor, memanggil pengatur memori untuk melihat apakah cukup tersedia memory yang masih kosong Kemudian dipanggil pengatur peralatan I/O untuk melihat apakah permintaan terhadap peralatan yang diminta dapat dipenuhi

9 2. Hold state, tahap dimana job telah selesai dibentuk menjadi bentuk yang telah siap untuk diolah oleh mesin komputer (kode-kode binary) tetapi belum ada sumber daya yang diberikan kepada job kecuali tempat dimana job tersebut berada. 3. Ready state , tahap di mana proses telah siap untuk run karena semua sumber daya yang diperlukan telah dipenuhi, akan tetapi karena masih ada proses lain yang belum selesai menggunakan prosesor maka harus antri sampai tiba pada gilirannya.

10 Running State, tahap di mana prosesor telah diberikan
dan sekarang prosesor mulai dengan pengerjaan instruksi-instruksi yang terbentuk dari program tersebut. 5. Waiting state, tahap dimana proses menunggu selesainya operasi I/O Completed state, tahap di mana proses telah selesai dengan perhitungan-perhitungannya dan semua resource yang telah dipergunakan telah ditarik kembali oleh O/S.

11 3. SISTEM KOMPUTER DALAM BERAGAM SUDUT PANDANG
Pandangan ke sistem komputer dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu 1. Pemakai terdiri dari pemakai awam (end user) dan administrator sistem. Pemakai awam menggunakan aplikasi tertentu, tidak berkepentingan dengan arsitektur komputer. Pemakai awam sebatas menggunakan command language dalam lapisan shell, berupa perintah text-based shell dan GUI (Graphical User Interface) base shell.

12 2. Pemogram Pemogram dapat mengendalikan sistem komputer melalui beragam level yaitu : mempergunakan untuk membantu penciptaan program mempergunakan fasilitas sistem melalui antarmuka layanan (service interface)‏ Mempergunakan panggilan sistem (System call)‏ 3. Perancang Sistem Operasi Perancang sistem operasi bertugas mendandani perangkat keras agar tampil indah, mudah dan nyaman bagi pemogram dan user. Sehingga sistem operasi yang dirancang berfungsi secara benar dan efesien.

13 4. STRUKTUR DASAR SISTEM OPERASI
1. Struktur sederhana 2. Sistem Monolitik 3. Sistem Berlapis 4. Sistem dengan Mesin Maya 5. Sistem dengan Client-Server 6. Sistem berorientasi Objek

14 Gambar 2.1: Struktur sistem sederhana
1.Struktur sederhana Tidak memililki struktur yang cukup baik Berukuran kecil, sederhana Contoh : MS-DOS , UNIX Gambar 2.1: Struktur sistem sederhana

15 2. Struktur Monolitik Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan. Kernel berisi semua layanan yang disediakan sistem operasi untuk pemakai. Sistem operasi ditulis sebagai sekumpulan prosedur (a collection of procedures), yang dapat dipanggil setiap saat oleh pemakai saat dibutuhkan. Tiap tiap system call memiliki satu service procedure. Utilitas Procedure melaksanakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh beberapa service procedure User Program berjalan pada User Mode Sistem Operasi berjalan pada monitor mode

16 3. Sistem berlapis Teknik ini dibuat dengan merancang sistem
operasi berbentuk modular Mengadakan pendekatan top – down, semua fungsi ditentukan dengan dibagi-bagi menjadi komponen – komponen Lapisan Terendah (Level 0)  Hardware Lapisan Tertinggi ( Level n)  User Interface

17 Gambar 2.2 Struktur sistem berlapis

18 4. Virtual Mesin Mirip dengan pendekatan berlapis dengan tambahan
berupa antar muka yg menghubungkan Hardware dengan kernel untuk tiap – tiap proses Contoh : Java Virtual Mesin

19 Gambar 2.3: Struktur sistem virtual mesin
Non-virtual Machine Virtual Machine Gambar 2.3: Struktur sistem virtual mesin

20 5. Client Server Konsep Sistem Operasi diimplementasikan dengan
menjadikan fungsi-fungsi yang ada pada SO di server menjadi User Process JIka satu proses minta untuk dilayani maka client process mengirim permintaan tersebut ke user process, server process akan melayani permintaan tersebut kemudian mengirimkan jawabannya kembali Semua Tugas dilakukan pada pengendalian komunikasi antara Client -- Server

21 Gambar 2.4: Struktur sistem client server


Download ppt "PANDANGAN UMUM SISTEM OPERASI DAN SISTEM KOMPUTER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google