Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Mata Kuliah Teknik Digital
10. DESAIN RANGKAIAN BERURUT
2
Desain Pencacah Nilai, spesifikasi:
X=1 cacahan naik 2, z= 1 jika cacahan > 5 X=0 cacahan turun 1, z= 1 jika cacahan < 0 → mesin Mealy
3
Desain Pencacah Nilai 1/1 1/0 5 4 2 1 3 1/0 1/1 0/0 0/1 (b) 1/0 4 2
1/1 1/0 5 4 2 1 3 1/0 1/1 0/0 0/1 (b) 1/0 4 2 (a) 5 4 2 1 3 1/0 1/1 0/0 0/1 (c) cc
4
Pencacah Nilai: Tabel Keadaan
Keadaan Keluaran Keadaan berikut sekarang A+B Z sekarang x=0 x=1 x=0 x= ABC x=0 x=1 x=0 x=1 (a) (b) Dengan penetapan keadaan seperti tabel (b) maka pers. masukan untuk realisasi dengan flip-flop T dapat ditentukan sbb.:
5
Realisasi dengan flio-flop T
A+B+ C+ TA TB TC ABC x=0 x=1 x=0 x=1 0 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0 0 1 0 1 1 1 0 xxx xxx x x x x 1 1 1 x x 00 01 11 10 xA BC xA BC xA BC xA BC 00 01 11 10 1 x TA TB TC
6
Desain Detektor Urutan, spesifikasi:
Z=1 jika masukan muncul dalam urutan 010. Z=0 jika urutan masukan bukan 010. Ingat keadaan telah menerima masukan 0 Ingat keadaan telah menerima masukan 01 Ingat keadaan telah menerima masukan 010 Contoh deretan masukan dan keluaran: Input X : Output Z :
7
Diagram Keadaan Mealy detektor urutan x= 010
S1 S0 0/0 1/0 (b) S1 S0 0/0 1/0 S2 S1 S0 0/0 1/0 (c) Dari diagram ini disusun Tabel Keadaan :
8
Tabel Keadaan detektor urutan x= 010
Keadaan Keluaran Keadaan berikut sekarang A+B Z sekarang X=0 X=1 X=0 X= AB X=0 X=1 X=0 X=1 S S1 S S S1 S S S1 S A+ JA = B x KA = 1 B+ JB = x KB = x Z = x A AB x 00 01 11 10 x 1
9
Rangkaian detektor urutan x= 010
A A J CK K B B J CK K Z
10
Diagram Keadaan Moore detektor urutan x= 010
Keadaan Keadaan-berikut Keluaran sekarang x = x = sekarang (Z) S S S S S S S S S S S S 1 S0 S2 S1 S3 A+ B+ A B x=0 x=1 Z
11
Realisasi dengan flip-flop T
AB x AB x 00 01 11 10 x 1 A+ TA = A + B x B+ TB = B x + B x = B + x Z A A T B B T A B x B x Penabuh
12
Penyederhanaan Tabel Keadaan
Pencocokan Baris (Row Matching) Peta Pasangan (Pair Chart) Pencocokan Baris: Perancangan detektor urutan masukan "110" atau "101" yang memberikan keluaran 1. Contoh masukan: x = z = Syarat baris sama: Keluaran sama (Potensial sama, ini pertama) Keadaan berikut untuk setiap masukan sama atau tidak konflik
13
Detektor urutan x= 110 & 101 Tabel Keadaan awal
Urutan Keadaan Keadaan-berikut Keluaran masukan sekarang x = 0 x = x=0 x=1 reset A B C B D E C F G D D E E F G F D E G F G Keadaan (baris) potensial sama: (A,B,C,D,E) [F dan G tak ada yang potensial sama] Syarat kesamaan: A= B: (B=D) dan (C=E); A= C: (B=F) dan (C=G); A= D: (B=D) dan (C=E); A= E: (B=F) dan (C=G); B= C: (D=F) dan (E=G); B= D: (D=D) dan (E=E); B= E: (D=F) dan (E=G); C= D: (D=F) dan (E=G) ; C= E: (F=F) dan (E=E)
14
Tabel Keadaan dengan B=D dan C=E
Urutan Keadaan Keadaan-berikut Keluaran masukan sekarang x = 0 x = x=0 x=1 reset A B C B D E C F G D D E D= B E F G E = C F D E G F G B C B C Urutan Keadaan Keadaan-berikut Keluaran masukan sekarang x = 0 x = x=0 x=1 reset A B C B B C A= B C F G F B C G F G
15
Tabel Keadaan dengan B=D, C=E dan A=B
Urutan Keadaan Keadaan-berikut Keluaran masukan sekarang x = 0 x = x=0 x=1 reset A B C B B C A= B C F G F B C G F G A A Urutan Keadaan Keadaan-berikut Keluaran masukan sekarang x = 0 x = x=0 x=1 reset A A C C F G F A C G F G
16
Diagram Keadaan Akhir F C G A 1/0 0/1 0/0 1/1
17
Peta Pasangan (Pair Chart) Untuk Detektor urutan x= 110 & 101
B B,D C,E C B,F C,G D,F E,G D E F X G A syarat B D dan C E terpenuhi → Kotak (B,D) & (C,E) kosong Keluaran berbeda → A & F, A & G, B & F dsb di-”cross”
18
Peta Pasangan B B,D C,E C B,F C,G D,F E,G D E F X G A
A B hanya bila B D dan C E Kotak (B,D) dan (C,E) kosong → B D dan C E B B,D C,E C B,F C,G D,F E,G D E F X G A
19
Peta Pasangan B C B,F C,G D,F E,G D E F X G A
Kotak (B,F) dan (C,G) berisi X → syarat untuk kesamaan A= C dan A= E tak terpenuhi → kotak (A,C) dan (A,E) di-”cross” B C B,F C,G D,F E,G D E F X G A
20
Peta Pasangan B C D E F X G A Kesetaraan total: A B D dan C E
→ keadaan : A, C, F, G
21
Penetapan Keadaan (State Assignment)
Meminimumkan rangkain gerbang masukan Cara coba-coba (Trial and Error) Untuk 3 keadaan S0, S1, S2, → butuh 2 flip-flop 2 flip-flop menyediakan 4 keadaan → terdapat beberapa kombinasi keadaan yang dapat dipilih: Untuk S0= 00 terdapat 6 kombinasi: (00,01,10); (00,01,11); (00,10,01); (00,10,11); (00, 11,01); (00, 11,10); Terdapat juga sejumlah kombinasi untuk S0= 01, 10, dan11.
22
Penetapan Keadaan Penetapan 00 atau 000 atau 0000 ( 0 desimal) untuk keadaan pertama (S0) tidak ada ruginya dan penetapan S0 yang bukan 0 juga tidak memberikan keuntungan Pertukaran kolom (letak bit) tidak mengubah harga realisasi: (00,01,10) sama dengan (00,10, 01) kolom 1 (A) dipertukarkan dengan kolom 0 (B) Mengkomplemenkan satu atau lebih kolom tidak mengubah harga realisasi (Untuk Flip-flop simetris RS, JK dan T): (00,01,10) sama dengan (01,11, 00) mengkomplemenkan kolom 0 (B); sama dengan (10,11,00) mengkomplemenkan kolom 1 (A).
23
Kombinasi 3 keadaan untuk 2 flip-flop
Keadaan Flip-flop Keadaan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Rangkaian AB S0 00 01 S1 S2 19 20 21 22 23 24 Kesamaan: 1=3=8=11=14=17=22= Jadi sebenarnya tinggal 3 pilihan: 2=4=7=12=13=18=21= atau 2 atau 5 5=6=9=10=15=16=19=20
24
Kombinasi keadaan (S0,S1,S2)= (00,01,11) (S0,S1,S2)= (00,11,01)
Keadaan Keadaan-berikut Keluaran Z sekarang x = x = 1 x = 0 x = 1 S S S S S S S S S A+ B+ Z A B x=0 x=1 x=0 x= (S0,S1,S2)= (00,01,10) A+ B+ Z A B x=0 x=1 x=0 x= A+ B+ Z A B x=0 x=1 x=0 x= (S0,S1,S2)= (00,01,11) (S0,S1,S2)= (00,11,01)
25
AB x 00 01 11 10 1 JA= Bx; KA= 1 JB= x ; KB= x A+ B+ Z Z = Ax (a)
26
Pedoman Penetapan Keadaan berdasarkan keberdekatan
Keadaan-keadaan yang untuk satu masukan mempunyai keadaan-berikut yang sama hendaknya diberikan keadaan yang berdekatan (adjacent). Keadaan-keadaan yang merupakan keadaan-berikut bagi keadaan yang sama hendaknya diberikan keadaan yang berdekatan Keadaan-keadaan yang mempunyai keluaran yang sama untuk suatu masukan hendaknya diberikan keadaan yang berdekatan. Pedoman ini digunakan dalam penyederhanaan fungsi keluaran
27
Penempatan keadaan-keadaan ke dalam peta Karnaugh
Mulailah menempatkan keadaan awal di kotak nol. Dahulukanlah memenuhi keberdekatan pedoman 1 dan keberdekatan yang lebih banyak dituntut Tempatkanlah 3 atau 4 keadaan yang dituntut berdekatan oleh pedoman pada 4 kotak yang berdekatan. Gunakanlah pedoman 3 dalam penyederhanaan peta keluaran, tetapi masih harus mendahulukan pedoman 1 dan 2.
28
Tabel Keadaan Contoh Keadaan Keluaran Keberdekatan:
Keadaan berikut sekarang sekarang X=0 X=1 X=0 X= (A,C,E,G), (A,B,D,F), (D,F), (E,G) A B C (B,C), (C,D), (B,E), (C,F)2X, (B,G)2X B D C C B E D F C E B G F F C G B G
29
Peta Penetapan dengan keberdekatan
pq pq pq r 00 01 11 10 A C E G D B F 1 (a) (b) (c) (A,C,E,G), (D,F), (E,G) (A,C,E,G), (D,F), (E,G) (A,B,D,F),(D,F),(E,G) (C,F)2X, (B,G)2X (C,F)2X, (B,G)2X (C,F)2X, (B,G)2X Peta (a) : A= 000, B= 101, C= 001, D= 111, E= 110, F= 011, G= 100 Peta (b) : A= 000, B= 111, C= 001, D= 100, E= 010, F= 101, G= 011 Peta (c) : A= 000, B= 010, C= 101, D= 110, E= 111, F= 100, G= 011
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.