Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

2 BUKU REFERENSI “COMPUTERS : TOOLS FOR AN INFORMATION AGE” ,PRENTICE HALL, EDITION 7, 2002 H.L. CAPRON, J.A. JOHNSON “COMPUTERS & INFORMATION SYSTEMS”, PRENTICE HALL, 1995 ROBERT A., SZYMANSKY “PENGENALAN KOMPUTER”, JOGIYANTO

3 MATERI PERKULIAHAN Pengenalan Komputer dan Internet
Perangkat Keras Komputer Perangkat Lunak Komputer Konsep Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia dan Virtual Reality Komunikasi Data

4 Materi Perkuliahan (2) Internet dan WEB Pembuatan Sistem Informasi
Trend Teknologi Informasi Profesi di bidang Teknologi Informasi

5 BAB I PENDAHULUAN

6 DEFINISI KOMPUTER Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: Menerima input, Memproses input tadi sesuai dengan programnya, Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, Menyediakan output dalam bentuk informasi.

7 Definisi Komputer (2) Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders):
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

8 Definisi Komputer (3) Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G. Zaky): Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

9 Definisi Komputer (4) Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori): Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dan American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Commitee).

10 Definisi Komputer (5) 1. Alat elektronik.
2. Dapat menerima input data. 3. Dapat mengolah data. 4. Dapat memberikan informasi. 5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program). 6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan. 7. Bekerja secara otomatis.

11 DEFINISI PROGRAM Program adalah
Kumpulan dan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.

12 PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dan suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.

13 Pengolahan Data Elektronik (2)
Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dan data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi (information) adalah hasil dan kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

14 SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Proses pengolahan data terdiri dan 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu : input, processing dan output.

15 Siklus Pengolahan Data (2)
INPUT PROCESSING OUTPUT Gambar Siklus Pengolahan Data Siklus pengolahan data yang dikembangkan

16 Siklus Pengolahan Data (3)
Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar. Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device). Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

17 Siklus Pengolahan Data (4)
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi. Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi. Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

18 SISTEM KOMPUTER Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system). Sistem adalah jaringan daripada elemen- elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.

19 Sistem Komputer (2) Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.

20 Sistem Komputer (3) Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peratatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Brainware adalah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

21 Sistem Komputer (4) Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya..

22 KEMAMPUAN KOMPUTER Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.

23 Kemampuan Komputer (2) Satuan waktu kecepatan proses komputer

24 Kemampuan Komputer (3) Berdasarkan ukurannya, komputer dapat diklasifikan sebagai : komputer mikro (micro computer), komputer notebook komputer genggam (Personal Digital Assistant - PDA) komputer mini (mini computer), komputer mainframe (dapat berupa small-scale mainframe, medium-scale mainframe dan large-scale main frame) dan komputer super (super computer).

25 Kemampuan Komputer (4) Kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MHz (megahertz), Kecepatan komputer mainframe dalam satuan MIPS (million instructions per second) dan Komputer super dengan satuan kecepatan FLOPS (floating point operations per second).

26 Kemampuan Komputer (5) Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik. Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/ detik atau 0,5 nanosecond.

27 Kemampuan Komputer (6) Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dan 1000 MIPS. Komputer dengan kecepatan 1000 MIPS dapat mengolah sebanyak (1 milyard) instruksi perdetiknya. Komputer mikro yang mem punyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan kesatuan kecepatan MIPS. Umumnya satu instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi. Diumpamakan secara rata-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 MHz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik/20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi per detik atau 25 MIPS.

28 Kemampuan Komputer (7) Komputer super disebut juga dengan nama parallel processor, karena sebenarnya komputer super merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara paralel. Kecepatan komputer super dapat beberapa kali lipat dari kecepatan komputer mainframe, tergantung dari berapa banyaknya processor yang dipasang secara paralel. Komputer super dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dan 100 GLOP. Satu GLOP sama dengan 1 giga (milyard) FLOP.

29 Kemampuan Komputer (8) Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mental fatique), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak, katakanlah l00000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.

30 Kemampuan Komputer (9) Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana:
Komponennya rusak (metal fatique). Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. GIGO, singkatan dan Garbage in Garbage Out, sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah, bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold in Gold Out, emas yang masuk, emas pula yang keluar).

31 Kemampuan Komputer (10) Komputer mempunyai memory yang besar.
Walaupun kelihatannya komputer lebih unggul dan manusia, tetapi ada beberapa ha! yang tidak bisa menyamai manusia. Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan. Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.

32 Satuan kapasitas memori komputer
Kemampuan Komputer (11) Satuan kapasitas memori komputer

33 SISTEM BILANGAN DAN KODE
Sistem bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik Basis yang dipergunakan masing-masing system bilangan tergantung dari jumlah nilai bilangan yang dipergunakan. Sistem bilangan desimal dengan basis 10 (deca berarti 10), menggunakan 10 macam simbol bilangan. Sistem bilangan binary dengan basis 2 (binary berarti 2), menggunakan 2 macam simbol bilangan. Sistem bilangan oktal dengan basis 8 (octal berarti 8), menggunakan 8 macam simbol bilangan. Sistem bilangan hexadesimal dengan basis 16 (hexa berarti 6 dan deca berarti 10), menggunakan 16 macam simbol bilangan.

34 PENERAPAN KOMPUTER Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat. Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer. Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.

35 Penerapan Komputer (2) Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan (lanjutan) Aplikasi Computer Aided Design (CAD) yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, misalnya merancang bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan bentuk gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur. Pada bidang teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat dihasilkan oleh komputer.

36 Penerapan Komputer (3) Di bidang bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh. Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan. Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen. Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

37 Hirarki informasi pada Sistem Informasi Manajemen
Penerapan Komputer (4) Hirarki informasi pada Sistem Informasi Manajemen

38 Penerapan Komputer (5) Di bidang industri
Dengan adanya komputer, proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di dalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control). Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi-posisi operasi mesin-mesin yang dipergunakan, misalnya: mesin pemotong, grenda, mesin press, dsb. Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi si dalam operasi pada industri untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak. Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan, dll.

39 Penerapan Komputer (6) Di bidang perbankan
Komputer digunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank. Di bidang pendidikan Banyak tersedia panel-panel program untuk membantu di bidang pendidikan, misalnya paket program untuk membantu di dalam mempelajari matematika, biologi, bahasa Inggris, dll. Komputer bisa juga digunakan untuk membantu orang tuli mempelajari bahasa kode.

40 Penerapan Komputer (7) Di bidang kedokteran
Komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah-rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukkan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapat hasil dari jenis penyakit pasien, dan dapat menentukan obatnya. Komputer dapat digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tonography) memungkinkan untuk mengambil gambar otak dan organ tubuh lainnya.

41 Penerapan Komputer (8) Di bidang penerbangan
Komputer dapat digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak di kantor pusat. Di bidang kriminalitas Komputer dapat menghasilkan statistika kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan. Crime Analysis Support System merupakan program yang yang dapat mengidentifikasi suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas. Data mengenai sidik jari pun dapat disimpan di komputer

42 Penerapan Komputer (9) Di bidang permainan
Permainan komputer dapat juga digunakan untuk membantu pasien yang mempunyai kelemahan mental. Permainan ini menuntut pemain dengan perhatian yang tinggi, mampu mengikuti petunjuk- petunjuk dari komputer, berpikir dan bergerak dengan tangkas.


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google