Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2"— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Ade Irma Suryani Danang Cahyo Adhi Ganang Ibnujati Gesha Agus S Naufal Dzaky W Rokhanah Puji L Septia Dwi Kurniawan

2 KOMPONEN APLIKASI ANDROID
Komponen aplikasi adalah bagian penting dari sebuah aplikasi Android. Komponen ini harus terhubung dengan AndroidManifest.xml file yang menggambarkan setiap komponen dari aplikasi dan bagaimana mereka berinteraksi. Komponen Aplikasi Android antara lain : Activity Service Broadcast Receiver Content Provider

3 HYRARCHY OF SCREEN ELEMENT
Unit dasar dari aplikasi android adalah activity, yaitu sebuah objek dari kelas android.app.Activity. Activity bisa melakukan banyak hal, tetapi dia sendiri tidak akan terlihat secara langsung dilayar. Untuk membuat activity terlihat di layar adalah dengan membuatkannya User Interface, dimana disini kita akan menggunakan viewgroups Unit dasar User Interface dalam platform Andorid

4 PROSES THREAD 1. Konsep dasar thread
Thread disebut juga sebagai proses ringan (lightweight) yang merupakan unit dasar dari utilitas CPU, yang mana didalamnya terdapat id trhead, program counter, register, dan stuck. 2. Multithreading Thread saling berbagi bagian program, bagian data, dan sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang mengacu pada proses yang sama disebut dengan multithreading. Keuntungan Multithreading : Responsive, Berbagi sumber daya, Ekonomis, Utilisasi arsitektur multiprosesor. 3. Model Multithreading : Many to One, Many to Many, One to One 4. Pustaka Thread Pustaka Thread atau yang lebih familiar dikenal dengan Thread Library bertugas untuk menyediakan API untuk programmer dalam menciptakan dan memanage thread.

5 SIKLUS HIDUP ACTIVITY

6 SIKLUS HIDUP ACTIVITY Activity adalah suatu kelas yang disediakan oleh Android guna mengimplementasikan siklus hidup suatu kelas-kelas pada suatu aplikasi. Oleh karena itu, kelas Activity wajib diturunkan ke kelas-kelas lain pada aplikasi

7 SIKLUS HIDUP ACTIVITY Berikut penjelasan pada masing-masing state :
onCreate() Method ini dipanggil ketika activity pertama kali dibuat onStart() Method ini dipanggil ketika sebuah activity tampil ke pengguna onResume() Method ini dipanggil ketika activity yang berjalan pada saat itu dihentikan sementara (paused) dan activity sebelumnya dijalankan kembali(resumed). (Hasil dari method OnRestart()) onFreeze() Method ini dipanggil ketika activity berada dalam keadaan freeze atau tidak merespon akibat sedang sibuk mengerjakan task tertentu pada sistem

8 SIKLUS HIDUP ACTIVITY onPause()
Method ini dipanggil ketika activity di hentikan sementara (pause) dan berikutnya ketika dijalankan kembali akan berada dalam posisi resume dan memanggil method OnResume() onStop() Method ini dipanggil ketika activity tidak lagi tampak kepada pengguna onDestroy() Method ini dipanggil sebelum activity dihancurkan (destroy) oleh sistem (baik secara manual maupun untuk kepentingan pelonggaran memori onRestart() Method ini dipanggil ketika acitivity dijalankan kembali setelah state Stop

9 PROJECT STRUCTURE Sebuah Android Project terbagi menjadi beberapa peran, yaitu : 1. Java Semua code java dapat ditemukan di src/main/java directory. Semua file java dapat ditemukan di directory ini, dan Java juga yang menentukan fungsi dari aplikasi mobile anda. 2. Resources berperan untuk membuat aplikasi yang indah untuk dipakai. 3. AndroidManifest.xml Android Manifest adalah xml yang mengatur semua yang terjadi pada app. 4. Intent Intent dapat berkomunikasi internal di dalam satu app atau external antar app.

10 STRUKTUR XML Struktur dasar XML terdiri dari beberapa elemen seperti root child dan subchild. Namun XML juga mempunyai bentuk atau struktur yang menyerupai bentuk sebuah pohon sehingga disebut struktur pohon atau Tree Struckture. Dan berikut ini adalah dalam bentuk struktur pohonnya : Gambar diatas mewakili salah satu buku di XML di bawah ini:

11 JENIS – JENIS LAYOUT Berikut jenis-jenis layout yang terdapat di Android : 1. LinearLayout layout yang menampilkan elemen-elemen view dengan arah linear, vertikal ataupun horizontal. 2. RelativeLayout layout yang menampilkan elemen-elemen view dalam posisi yang relatif. 3. TableLayout layout yang menampilkan elemen view berdasarkan baris dan kolom. 4. GridView layout grid yang biasa digunakan untuk membuat galeri foto. 5. TabLayout layout pada android dengan desain seperti tab. 6. ListView adalah jenis layout dengan tampilan list.

12 MENDESAIN USER INTERFACE/LAYOUT
Untuk mendesain sebuah aplikasi perlu memerhatikan warna dasar pada aplikasi dan letak button, text view dll. Alasan perlu memerhatikan warna, agar para pengguna atau user dapat menggunakan aplikasi dalam waktu yang lama dan warna tersebut tidak membuat mata lelah, Contohnya : 1. aplikasi Whatsapp menggunakan warna hijau, secara psikologis warna hijau dapat memperbaiki mood kita dan dapat menyegarkan mata. Untuk mengelola tata letak button, label, textview dll perlu diperhatikan, agar user mudah untuk menemukan button. 2. tombol save biasanya berada dipojok kanan, button close dipojok kanan.

13 ANDROID UI CONTROL

14 CONTOH PROGRAMNYA UI CONTROL DALAM APLIKASI

15 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google