Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER"— Transcript presentasi:

1 SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK HIMSYA SEMARANG TUGAS SISTEM KECERDASAN BUATAN ALEXANDER.T.YARISETOUW 2112R0502 TEKNIK INFORMATIKA

2 1 . APA UML ITU ?? UML itu singkatan dari Unified Modelling Language. Sesuai dengan kata terakhir dari kepanjangannya, UML itu adalah salah satu bentuk language atau bahasa. Menurut pencetusnya, UML di definisikan sebagai bahasa visual untuk menjelaskan, memberikan spesifikasi, merancang, membuat model, dan mendokumentasikan aspek-aspek dari sebuah system. UML adalah salah satu bentuk notasi atau bahasa yang sama yang digunakan oleh professional dibidang software untuk menggambarkan atau memodelkan sebuah system software. Sebelumnya ada banyak notasi atau bahasa lain untuk mencapai keperluan yang sama misalnya DFD (Data Flow Diagram) dan Booch Diagram. Tetapi sejak matang dan populernya teknologi pemrograman, perancangan, dan analisis berorientasi object, UML telah menjadi de facto standard language. Apa saja yang bisa digambarkan / dimodelkan oleh UML? Sesuai dengan kata pertama dari kepanjangannya, UML mencoba untuk mendeskripsikan pemodelan sebuah system dari segala aspek: pemodelan struktur (aspek statis), pemodelan perilaku (aspek dinamis), dan pemodelan arsitektur. Gambar berikut menunjukan taksonomi pendiagraman UML.

3 2 . CARA MENGGUNAKAN UML ?? Setelah di jelaskan dari komponen, Collaboration Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram, Class Diagram, Konsepsi Dasar UML, Belajar UML, pada artikel kali ini akan di jelaskan tentang cara atau langkah-langka Berikut ini adalah tips pengembangan piranti lunak dengan menggunakan UML: Buatlah daftar business process dari level tertinggi untuk mendefinisikan aktivitas dan proses yang mungkin muncul. Petakan use case untuk tiap business process untuk mendefinisikan dengan tepat fungsionalitas yang harus disediakan oleh sistem. Kemudian perhalus use case diagram dan lengkapi dengan requirement, constraints dan catatan-catatan lain.

4 Buatlah deployment diagram secara kasar untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem. Definisikan requirement lain (non-fungsional, security dan sebagainya) yang juga harus disediakan oleh sistem. Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram. Definisikan objek-objek level atas (package atau domain) dan buatlah sequence dan/atau collaboration diagram untuk tiap alir pekerjaan. Jika sebuah use case memiliki kemungkinan alir normal dan error, buatlah satu diagram untuk

5 masing-masing alir. Buarlah rancangan user interface model yang menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk menjalankan skenario use case. Berdasarkan model-model yang sudah ada, buatlah class diagram. Setiap package atau domain dipecah menjadi hirarki class lengkap dengan atribut dan metodanya. Akan lebih baik jika untuk setiap class dibuat unit test untuk menguji fungsionalitas class dan interaksi dengan class lain. Setelah class diagram dibuat, kita dapat melihat kemungkinan pengelompokan class menjadi komponen-komponen. Karena itu buatlah component diagram pada tahap ini. Juga, definisikan tes integrasi untuk setiap komponen meyakinkan ia berinteraksi dengan baik.

6 Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat
Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat. Detilkan kemampuan dan requirement piranti lunak, sistem operasi, jaringan, dan sebagainya. Petakan komponen ke dalam node. Mulailah membangun sistem. Ada dua pendekatan yang dapat digunakan : Pendekatan use case, dengan meng-assign setiap use case kepada tim pengembang tertentu untuk mengembangkan unit code yang lengkap dengan tes. Pendekatan komponen, yaitu meng-assign setiap komponen kepada tim pengembang tertentu. Lakukan uji modul dan uji integrasi serta perbaiki model berserta codenya. Model harus selalu sesuai dengan code yang aktual. Piranti lunak siap dirilis.

7 3 . APA ITU NOTASI DAN META –MODEL UML
OMG mengatakan bahwa : Lapisan meta - metamodeling membentuk dasar dari hirarki metamodeling . Tanggung jawab utama dari lapisan ini adalah untuk menentukan bahasa untuk menentukan metamodel a . Lapisan ini sering disebut sebagai M3 , dan Depkeu adalah contoh dari meta - metamodel . Terus membaca : Dalam hirarki metamodel empat lapisan , MOF sering disebut sebagai meta - metamodel , meskipun sesungguhnya itu adalah sebuah metamodel . Sederhana, bukan? Infrastructure Library kadang-kadang meta - metamodel dan kadang-kadang metamodel , pada saat yang sama MOF umumnya meta - metamodel padahal itu adalah metamodel !

8 MOF digunakan sebagai meta - metamodel tidak hanya untuk UML , tetapi juga untuk bahasa lain , seperti umum Gudang Metamodel ( CWM ) . The UML Suprastruktur metamodel ditentukan oleh paket UML pada diagram di atas . UML didefinisikan sebagai model yang didasarkan pada Depkeu . Setiap elemen model UML adalah turunan dari tepat satu elemen model MOF . Sebuah model adalah turunan dari metamodel a . UML adalah bahasa spesifikasi ( metamodel ) dari mana pengguna dapat menentukan model mereka sendiri . Profiles paket Infrastructure Library berisi mekanisme yang memungkinkan metaclasses dari metamodels ada yang akan diperpanjang untuk beradaptasi mereka untuk tujuan yang berbeda , misalnya untuk mengadaptasi UML metamodel untuk platform yang berbeda ( seperti J2EE atau . NET ) atau domain . Dengan demikian , itu bisa dianggap pada meta - metalevel sama seperti MOF - satu tingkat lebih tinggi dari UML metamodel . Profiles paket UML Suprastruktur ( dari Auxiliary Constructs ) menggabungkan Profil paket Infrastructure Library . Profil adalah bentuk terbatas dari metamodel yang harus selalu memperpanjang beberapa metamodel referensi yang diciptakan dari Depkeu , seperti UML atau CWM . Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs WebPeluang Pasar Global Matikan terjemahan instanTentang Google TerjemahanSelulerPrivasi

9 4 . JELASKAN DIAGRAM-DIAGRAM UML??
UML merupakan suatu kumpulan teknik terbaik yang telah terbukti sukses dalam memodelkan system yang besar dan kompleks, UML tidak hanya digunakan dalam proses pemodelan perangkat linak, namun hampir dalam semua bidang yang membutuhkan pemodelan. UML 2.0 menyediakan diagram baru ketika struktur internal dari kelas bersifat kompleks maka disediakan composite structure diagram. Diagram struktur komposit ini digunakan untuk model hubungan antara bagian-bagian dari sebuah kelas. Sebagai contoh, ketika pemodelan pendaftaran penggajian, analis mungkin ingin kelas yang mewakili seluruh laporan serta kelas-kelas yang mewakili header, footer, dan garis-garis detail laporan. Dalam sebuah diagram kelas standar, ini akan membutuhkan analis untuk memodelkan pendaftaran penggajian menjadi empat kelas terpisah yang memiliki hubungan, kemudian menghubungkan mereka bersama-sama. Sebaliknya, diagram struktur komposit akan berisi tiga subclass: header, footer, dan garis detail. Diagram struktur komposit juga berguna ketika dilakukan pemodelan struktur internal komponen untuk sistem berbasis komponen. Seringkali, diagram struktur komposit merupakan mekanisme pemodelan yang kurang efektif karena pemodelan juga bisa dilakukan dengan mengkomunikasikan penggunaan paket dan diagram paket. Karena ketidakefektifan ini, dan karena kita tidak mencakup pengembangan sistem berbasis komponen.

10

11 Dalam pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan UP, maka tidak lepas dari penggunaan notasi-notasi yang biasa disebut sebagai UML (Unified Modeling Language). Meskipun UP mensyaratkan penggunaan UML, namun UML sendiri dapat digunakan pada berbagai metodologi yang lain bahkan dapat digunakan pada bidang selain sistem informasi. UML, adalah bahasa pemodelan standar atau kumpulan teknik-teknik pemodelan untuk menspesifikasi, mem-visualisasi, meng-konstruksi, dan mendokumentasi hasil kerja dalam pengembangan perangkat lunak (Fowler, 2004). UML lahir dari penggabungan banyak bahasa pemodelan grafis berorientasi obyek yang berkembang pesat pada akhir tahun 1980an dan awal 1990an.

12 5 . INTERATIF PADA PROSES PENGEMBANG UML?
Dalam, pengembangan perangkat lunak Artikel Baru menggunakan UP , Maka regular tidak lepas Bahasa Dari penggunaan notasi - notasi Yang Biasa disebut sebagai UML ( Unified Modeling Language ) . Meskipun UP mensyaratkan penggunaan UML , namun UML Sendiri dapat digunakan PADA berbagai Metodologi Yang berbaring bahkan dapat digunakan PADA Kepemilikan Modal selain Sistem Informasi . UML , adalah bahasa PEMODELAN Standar atau kumpulan Teknik - Teknik PEMODELAN untuk menspesifikasi , mem - visualisasi , meng - Konstruksi , Dan mendokumentasi Hasil diakui pada saat terhutang Dalam, pengembangan perangkat lunak ( Fowler , 2004) . UML lahir Bahasa Dari penggabungan BANYAK bahasa PEMODELAN Grafis berorientasi obyek Yang Berkembang PESAT PADA Akhir Tahun 1980an Dan Less 1990an .

13 Secara Sederhana , UML digunakan untuk menggambar Sketsa SISTEM
Secara Sederhana , UML digunakan untuk menggambar Sketsa SISTEM . Pengembang menggunakan UML untuk menyampaikan beberapa ASPEK Bahasa Dari sebuah perangkat lunak melalui notasi Grafis . UML mendefinisikan notasi Dan Semantik . Notasi merupakan sekumpulan bentuk KHUSUS Yang memiliki makna tertentu untuk menggambarkan berbagai diagram Piranti lunak , Dan Semantik mendefinisikan bagaimana bentuk - bentuk nihil dapat dikombinasikan . Ada beberapa JENIS diagram Yang Dalam, disediakan UML , ANTARA berbaring Adalah:

14 Unified Process (UP) atau kadang disebut sebagai Unified Software Development Process (USDP) adalah: kerangka proses pengembangan yang bersifat use-case-driven, berpusat pada arsitektur perangkat lunak, interatif dan tumbuh-kembang (Alhir, 2005). Kerangka pengembangan ini termasuk baru dalam metodologi pengembangan perangkat lunak. UP dapat diaplikasikan pada berbagai skala proyek, mulai dari skala kecil sampai dengan skala besar. Daur hidup UP secara umum akan tampak seperti pada bagan di gambar 2.6. Bagan ini biasa disebut sebagai "hump chart". Pada bagan ini terlihat ada empat tahap pengembangan, yaitu: inception, elaboration, construction dan transition. Selain itu tampak pula sejumlah aktivitas (disciplines) yang harus dilakukan sepanjang pengembangan perangkat lunak, yaitu: business modeling, requirements, analysis and design, implementation, test. Tahap dan aktivitas tersebut akan dilakukan secara iteratif (Ambler, 2005).

15 6 . Proses waterfal pada pengebangan uml ??
Di dalam suatu industri dikenal berbagai macam proses, demikian juga halnya dengan industri perangkat lunak. Perbedaan proses yang digunakan akan menguraikan aktivitas-aktivitas prosesdalam cara-cara yang berlainan. Perusahaan yang berbeda menggunakan proses yang berbedauntuk menghasilkan produk yang sama. Tipe produk yang berbeda mungkin dihasilkan olehsebuah perusahaan dengan menggunakan proses yang berbeda. Namun beberapa proses lebihcocok dari lainnya untuk beberapa tipe aplikasi. Jika proses yang salah digunakan akanmengurangi kualitas kegunaan produk yang dikembangkan.Karena banyaknya variasi dalam model proses yang digunakan maka tidak mungkinmenghasilkan gambaran- gambaran yang reliabel untuk alokasi biaya dalam aktivitas- aktivitasini.

16 dan pengembangan dilanjutkan pada langkah berikutnya.
Pendekatan WaterfallBerisi rangkaian aktivitas proses seperti yang telah diuraikan diatas dan disajikan dalam proses yang terpisah, seperti spesifikasi kebutuhan, implementasi desain perangkat lunak,uji coba dst. Setelah setiap langkah didefinisikan, langkah tersebut di sign off dan pengembangan dilanjutkan pada langkah berikutnya. Pengembangan secara evolusioner Pendekatan ini interleaves aktivitas spesifikasi, pengembangan dan validasi. Sistem awaldengan cepat dikembangkan dari kastamer untuk memproduksi sistem yang memenuhikebutuhan kastamer. Kemudian sistem disampaikan. Sistem itu mungkindiimplementasikan kembali dengan pendekatan yang lebih terstruktur untuk menghasilkan sistem yang kuat dan maintable

17 7 . Proses agile pada proses pengembangan uml
Standar UML pada umumnya dikaitkan dengan pengembangan yang bersifat konvensional dan menekankan pada desain berbasis permodelan visual berupa diagram-diagram. Pada disiplin Agile pendekatan permodelan diagram disinyalir harus digunakan secara selektif karena penggunaan yang berlebih akan mengakibatkan tim kehilangan fokus untuk membuat kode dan lebih menekankan pada analisis berlebih yang dikenal dengan analysis paralysis. Artikel ini akan menjabarkan tiga langkah mudah melakukan analisis kebutuhan dan desain menggunakan UML tanpa harus mengorbankan waktu untuk pembuatan dan eksplorasi kode. Pendekatan ini dinamakan Agile Modeling dan merupakan salah satu bagian pendekatan yang dilakukan pada Application Lifecyle Management.

18 Agile Modeling merupakan filosofi tentang bagaimana membangun model, dengan beberapa diantaranya dilakukan secara format dan terperinci dan yang lainnya dilakukan secara samar dan minim. Agile Software Development juga melihat pentingnya komunikasi antara anggota tim, antara orang-orang teknis dan businessmen, antara developer dan managernya. Ciri lain adalah klien menjadi bagian dari tim pembangun software. Kelebihan dari Agile Modeling: Meningkatkan kepuasan kepada klien Pembangunan system dibuat lebih cepat Mengurangi resiko kegagalan implementasi software dari segi non- teknis Jika pada saat pembangunan system terjadi kegagalan,kerugian dar segi materi relative kecil.

19 8 . APA ITU PROSES CLASS DIAGRAM UML ??
Diagram kelas digunakan untuk menampilkan kelas- kelas atau paket-paket di dalam sistem dan relasi antar mereka. Ia memberikan gambaran sistem secara statis. Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

20 Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain. Class memiliki tiga area pokok : Nama (dan stereotype), Atribut, dan Metoda. Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

21 9. APA ITU PROPERTI,ATRIBUT DAN ASOSISASI UML
Kita menggunakan pemahaman asosiasi adalah pada saat beberapa kelas saling terhubung satu sama lain secara konseptual. Seba gai contoh, misalkan seorang pegawai bekerja pada sebuah perusahaan. Maka “bekerja” merupa kan sebuah asosiasi antara kelas pegawai dan kelas perusahaan.

22 Contoh yang lain kita misalkan seorang mahasiswa mendaftar sebuah kursus, maka jelas sekali disini bahwa asosiasi yang munc ul adalah “mendaftar”. Selanjutnya bisa kita simpulkan bahwa sebuah asosiasi bisa merupa kan sebuah bentuk kata kerja yang merelasikan kelas yang satu dengan kelas yang lainnya. Unt uk menggambarkan sebuah asosiasi anda dapat kembali merujuk ke tabel 2.1. Gambar 2.4 beri kut menunjukkan bagaimana visualisasi sebuah asosiasi.

23 Generalisasi (Generalization) Adalah relasi pewarisan antara dua Class
Generalisasi (Generalization) Adalah relasi pewarisan antara dua Class. Relasi jenis ini memungkinkan suatu kelas mewarisi attribute dan operasi yang dimiliki oleh base Class3. Attribute dan operasi yang bisa diwarisi oleh suatu kelas adalah yang memiliki access modifier public, protected dan default. Contohnya bahwa Anggota dan Petugas adalah dua buah kelas yang mewarisi sifat yang dimiliki oleh kelas manusia. Disini kelas manusia berupa kelas abstract yang berarti kelas ini baru bisa digunakan ketika sudah diwariskan kepada suatu kelas atau bila digunakan langsung, Method – Method wajib yang terdapat didalamnya harus difungsionalitaskan terlebih dahulu.

24

25 10 . APA ITU MULTIPLICITY PADA UML ??
Multiplisitas di UML memungkinkan untuk menentukan kardinalitas - yaitu jumlah elemen - dari beberapa koleksi elemen . Elemen Multiplisitas mendefinisikan beberapa koleksi unsur , dan termasuk banyaknya serta spesifikasi ketertiban dan keunikan elemen koleksi . Perhatikan , bahwa [ UML Keterangan ] tidak multiplisitas terpisah dari elemen multiplisitas, berbaur dan menggunakan dua ini secara bergantian dan menyebabkan beberapa kebingungan dalam memahami spesifikasi .

26 Multiplisitas adalah definisi kardinalitas - yaitu jumlah elemen - dari beberapa koleksi unsur dengan menyediakan selang termasuk bilangan bulat non - negatif untuk menentukan jumlah yang diijinkan contoh elemen yang dijelaskan . Interval Multiplisitas memiliki beberapa batas bawah dan (mungkin tak terbatas ) atas terikat : multiplisitas -range :: = [ lebih rendah terikat ' .. ' ] Batas atas lebih rendah terikat :: = alam - nilai spesifikasi atas terikat :: = alam - nilai spesifikasi | ' * '

27 Batas bawah dan atas bisa menjadi konstanta alam atau ekspresi konstan dievaluasi untuk alami ( non negatif ) nomor. Batas atas dapat juga ditentukan sebagai tanda ' * ' yang menunjukkan jumlah yang tidak terbatas elemen . Batas atas harus lebih besar dari atau sama dengan batas bawah . Perhatikan , bahwa [ UML Keterangan ] tidak menggambarkan keragaman sangat konsisten . Sebagai contoh, ia mengatakan bahwa batas bawah harus bilangan bulat non -negatif literal , dan kemudian - yang dapat ditentukan oleh spesifikasi nilai , seperti ( efek

28 samping gratis , konstan ) ekspresi
samping gratis , konstan ) ekspresi . Masalah lainnya adalah tanda bahwa batas atas di satu tempat berarti terbatas ( dan tidak tak terhingga) jumlah elemen sementara di sisi lain Anda dapat membaca (mungkin tak terbatas ) batas atas . Anda dapat merasakan perbedaan dalam dua kalimat : " Dokter mungkin memiliki jumlah yang tidak terbatas pasien . " dan " Dokter mungkin memiliki jumlah tak terbatas pasien . " Beberapa contoh khas keragaman : Multiplisitas Option Kardinalitas Koleksi harus kosong Tidak ada contoh atau satu contoh Tepat satu contoh ** Nol atau lebih kasus * Setidaknya satu contoh Tepat 5 kasus m .. n Setidaknya m tetapi tidak lebih dari n contoh


Download ppt "SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google