Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pemrograman & Dasar Komputer
PenganTAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA Meeting 3 Dwi Yuli Rakhmawati HP:
2
Tujuan Mata Kuliah Mahasiswa memahami dasar pengetahuan mengenai bagian-bagian komputer dan cara kerja komputer baik secara fisik maupun secara sistem Mahasiswa memahami dasar pemrograman yang sesuai dengan standar algoritma pemrograman bahasa Pascal
3
Pendahuluan Program Komputer: tahapan logika seseorang dalam menyelesaikan setiap persoalan yang menggunakan komputer sebagai media bantu Pengguna (user): operator yang menggunakan komputer Perangkat keras: perangkat komputer yang dapat disentuh secara fisik Perangkat lunak: program yang berisikan perintah-perintah yang menentukan operasi yang dilakukan oleh komputer Kemampuan menyusun algoritma yang baik dan logis
4
Pendahuluan Syarat algoritma yang baik: a. Susunan yang sederhana
B. Mudah dipahami Syarat algoritma yang logis: benar & dapat diterima akal Penyusunan algoritma dilakukan dengan menggunakan flowchart Setelah flowchart terbentuk maka pemrograman komputer dapat dilakukan dengan mengubahnya ke program komputer.
5
Program Komputer Program Komputer:
Kumpulan perintah kompuPengguna harus tahu cara kerjater yang ditulis dalam kaidah bahasa komputer dan disusun berdasarkan tahapan (algoritma) yang baik dan logis untuk menyelesaikan masalah tertentu. Keywords dalam Program Komputer: Permasalahan Bahasa komputer Algoritma Baik dan logis
6
Tahapan Pemrograman A. Identifikasi masalah
Upaya memahami permasalahan secara lengkap dan benar dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhungan dengan permasalahan sebanyak-banyaknya. Selanjutnya menjawab pertanyaan dengan benar. Jika semua pertanyaan berhasil dijawab maka permasalahan telah dipahami dengan baik. B. Membuat model matematis permasalahan Mencari tahu hubungan antar peubah dan parameter. Hubungan yang ada dinyatakan dalam bentuk matematis.
7
Tahapan Pemrograman C. Menyusun algoritma
Dari model matematis yang didapat dilakukan penyusunan algoritma. Algoritma: Gambaran tahapan berpikir seseorang dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu untuk suatu permasalahan tertentu, ada beberapa algoritma yang dapat disusun sesuai dengan kebutuhan. D. Penyusunan Program Penyusunan program dibuat berdasarkan tatabahasa pemrograman yang dapat dimengerti komputer dengan mengikuti kaidah pemrograman terstruktur.
8
Tahapan Pemrograman Keuntungan pemrograman terstruktur adalah mudah disusun, mudah diperbaiki, dan dikembangkan, program menjadi lebih fokus, mudah dipahami, hemat waktu pengerjaannya, hemat memori dan hemat waktu eksekusi. E. Uji coba program Program yang telah selesai ditulis diuji coba untuk memastikan apakah program tersebut bebas dari kesalahan. Kesalahan yang perlu diverifikasi: Kesalahan tulis pada saat penulisan program, kesalahan saat eksekusi, kesalahan rancangan dimana output yang diinginkan tidak sesuai dengan output aktual dan kesalahan logika.
9
Tahapan Pemrograman F. Pendokumentasian
Upaya mendokumenkan keberadaan program.
10
Contoh Program untuk mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat
Identifikasi Masalah Pertanyaan Jawab Apakah persamaan kuadrat ? Adalah polinomial derajat 2 yang bentuknya dituliskan sebagai y = ax2+bx+c Apakah akar Persamaan kuadrat ? Adalah nilai-nilai x pada y = 0 Ada berapa akar persamaan kuadrat ? Karena derajat 2 maka maksimal ada dua buah akar Besaran apa saja yang terkait dengan permasalahan ini ? Ada peubah x sebagai peubah yang akan dicari nilainya dan besaran tetapan a, b dan c. Nilainya berapa saja tetapan-tetapan itu ? Untuk nilai b dan c berapa saja, namun untuk a tidak boleh nol. Sebab Kalau nol tidak membentuk persamaan kuadrat. Dan seterusnya
11
Contoh Program untuk mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat
Model matematis Dari persamaan itu dapat diketahui bahwa nilai x1 dan x2 dapat dihitung jika : pertama nilai a ≠ 0. Kedua nilai d harus ≥ 0. Ketiga nilai b dan c juga harus diketahui. Tidak ada batasan nilai b dan c berapapun nilai b dan c nilai akar dapat dihitung.
12
Contoh Program untuk mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat
Penyusunan Algoritma Pertama : mulai Kedua : Tentukan/masukkan nilai tetapan a. Ketiga : Periksa apakah a = 0 ?. Jika ya berarti bukan persoalan akar persamaan kwadrat lanjutkan ke langkah kesembilan, tetapi jika nilai a ≠ 0 teruskan ke langkah keempat. Keempat : Tentukan/masukkan nilai b dan c. Kelima : Hitung nilai deskriminan d. Keenam : Periksa bagaimana hasil nilai d. Jika nilai d < 0 maka akar- akar persamaan kuadrat bersifat maya, lanjutkan ke langkah kesembilan. Tetapi jika nilai d tidak < 0 maka lanjut ke langkah tujuh.
13
Contoh Program untuk mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat
Penyusunan Algoritma Ketujuh : Periksa apakah d = 0 ?. Jika ya, maka ini berarti kedua akar bersifat riil dan nilainya kembar dihitung dengan rumus Kedelapan : Cetak/tampilkan/tulis nilai masing-masing akar riilnya. KeSembilan: Selesai.
14
Flowchart Flowchart digunakan untuk menyajikan algorithma penyelesaian permasalahan dengan menggunakan gambar/diagram. Dengan diagram ini penyajian algorithma menjadi sangat praktis dan sitematis sehingga mudah membuatnya dan mudah memahaminya. Kelebihan diagram ini semakin dirasakan tatkala permasalahan yang dihadapi semakin besar dan rumit. Simbol Flowchart
15
Flowchart Simbol Flowchart
16
Flowchart Simbol Flowchart
17
Flowchart Simbol Flowchart
18
Flowchart Simbol Flowchart
19
Pedoman penggambaran Flowchart
20
Pedoman penggambaran Flowchart
21
Contoh Ara secara rutin menabungkan uangnya ke bank sebesar Rp setiap awal bulan. Jika suku bunga sebesar 1% per bulan, maka buat flowchart untuk menampilkan saldo tabungan Ara setiap bulannya selama tiga tahun kedepan.
23
Pola-pola Flowchart yang Baku
1. Pola berurutan Pola ini menyusun statemen-statemen program dengan susunan yang berurutan mulai dari statement ke 1 hingga n. 2. Pola Pencabangan Bersyarat 3. Pola berulang
24
Terima kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.