Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya"— Transcript presentasi:

1 Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya
Teologi Hamba Tuhan Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya

2 Sejarah para Nabi Hamba Tuhan
Panggilan kepada Abraham Panggilan kepada Daud Pemanggilan Allah kepada satu individu, sehingga Allah akan memberikan sebuah kerajaan, membentuk garis raja, memberi tahta, dan menciptakan sebuah dinasti. Sampai saat ini ada tampaknya menjadi penyerahan tanggung jawab sebagai pelayan Kristus. Dimulai dengan pemanggilan kepada Abraham bahwa janjinya diperbaharui ketika Israel menjadi sebuah bangsa. Kemudian, ketika orang-orang Israel yang dalam kesulitan di Mesir, Allah ingat akan perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak, dan Yakub (Kel 2: 23-25). Perjanjian dapat dilihat pada cara di mana ia membawa mereka keluar dari tanah Mesir dan membentuk mereka menjadi bangsa yang besar dan menjadi orang yang takut akan Tuhan. Allah memperbaharui janji besar ini kepada Daud. Sehingga, ada yang berhubungan tentang doktrin janji kehidupan yang kekal untuk sejarah manusia, sementara yang lain yang dapat menghubungkannya dengan orang yang di dalam sejarah, seperti nabi Abraham dan nabi Daud.

3 Corporate Solidarity Hamba Tuhan menjadi sebuah bentuk dlm corporate solidarity Hamba Tuhan : Satu individu yg mewakili seluruh kumpulan kelompok pada suatu kumunitas. Contoh – perusahaan - Yosua 7 : Dosa Akhan Dosa Bangsa Israel - Tunggal murni bukan tunggal kolektif individu mampu untuk melibatkan seluruh kelompok, baik berkat atau untuk penolakan. Untuk mengatakan itu positif, seluruh kelompok mampu berfungsi sebagai satu individu melalui salah satu anggotanya dan kelompok mampu berfungsi sebagai satu individu melalui salah satu anggotanya Hal ini dapat dilihat, misalnya, dalam Yosua 7, di mana dosa Akhan membawa penghakiman atas seluruh bangsa. Dia mencuri pakaian Babilonia dan beberapa emas dan menempatkan mereka di tendanya. Rampasan dari Ai hal-hal yang didedikasikan untuk Tuhan dan bukan seharusnya diambil. Dan ketika Achan membawa mereka, teks Alkitab mengatakan, "Israel telah berdosa." Ia tidak mengatakan, "Achan telah berdosa"; ia mengatakan, "Israel telah berdosa," karena satu orang mampu melibatkan seluruh kelompok.

4 Frekuensi Istilah Hamba dalam PL & PB
kata hamba (atau pembantu) terjadi tiga puluh satu kali dalam bagian teologis besar Yesaya yaitu עֶבֶד “eved” atau “ebed”, yaitu budak, hamba, pelayan. Artinya, seseorang bekerja untuk keperluan orang lain, untuk melaksanakan kehendak orang lain Dalam PB kata  δουλοω (douloõ) melayani sebagai hamba (budak). Acts 3:26: "When God raised up his servant, he sent him first to you to bless you by turning each of you from your wicked ways" (niv) Kata Hamba lebih sering dipakai daripada kata Mesias di dlm PL meskipun memiliki arti yang hampir sama. Mesias : Yang diurapi dan Hamba itu adalah seseorang yang diurapi. Atau ia adalah pekerja milik tuannya. Diluar Alkitab kata עֶבֶד “eved” berarti budak, hamba yang melayani raja; bawahan dalam politik; keterangan tentang diri sendiri untuk menunjukkan kerendahan hati; dan hamba-hamba dalam kuil-kuil kafir. Pada zaman Perjanjian Baru, seorang budak dapat di beli atau dijual sebagai komoditi.

5 David Watson menyatakan: “Seorang budak adalah seorang yang sama sekali tidak memiliki kepentingan diri sendiri. Dalam ketaatan penuh kerendahan hati ia hanya bisa berkata dan bertindak atas nama tuannya. Dalam hal ini tuannya berbicara dan bertindak melalui dia”.

6 Hamba Sebagai Key Mesianik Term Dalam Yesaya
Dalam Kitab Yesaya 1:48, Di Katakan bahwa Hamba didalam semua bangsa Israel. Yesaya 44:1, Memberikan arti yang sebenarnya bahwa Hamba adalah orang-orang pilihan Allah, yang akan diutus sebagai umat pilihan Kristus untuk dapat dimuridkan. Yesaya 45:4, Memberikan gelar “Hamba” untuk Yakup dan meskipun orang lain tidak mengakui dia karena sebutan itu diberikan Allah dan bukan manusia. Yes.1:48” Yes.44:1” Yes.45:4”

7 Kerja dari Hamba Tuhan dalam Yesaya 52: 13-53:12
Di dalam gereja mula-mula Jadi, dalam kitab Ayat ini sudah dikutib langsng sembilan kali dalam 6 buku PB: Injil Lukas dan Yohanes, Kisah Para Rasul, Roma, Galatia, dan 1 Petrus. Yang paling akrab dengan ayat Yesaya dalam PB adalah Kisah Para Rasul 8. Dimana, setelah sida-sida Antiokia pada masa penginjilan setelah itu melakukan perjalanan bersama-sama orang Filipus. Sehingga pada Ayat ini berbicara tentang nubuatan Yesaya untuk umat bangsa Israel yang tertahan di Babel. Sida-sida itu tidak diberikan keterangan yang jelas, sehingga mereka disebut memiliki latar belakang mereka dalam Perjanjian Lama, tetapi jika dilihat dekat pada ayat ini, maka dapat untuk memahami bagian ini. Ini agak menarik bahwa mengajukan sebuah keterangan pada gereja mula-mula, tetapi dalam hal beberapa individu. Dan kemudian, dalam Kisah Para Rasul 8:35 mulai menjelaskan kepadanya tentang Yesus dari bagian ayat ini dalam Yesaya. Oleh karena itu, dapat dilihat dari dekat pada pekerjaan hamba yang dituangkan dalam Yesaya 52: 13-53: 12. Ini akan membantu kita untuk memahami teks ini yang begitu signifikan dalam kehidupan gereja mula-mula dan juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat percaya pada masa Perjanjian Lama.

8 Misteri Hamba Yesaya 52: 13-15
Nubuatan Tuhan kepada Bangsa Israel yaitu "hamba-Ku akan sukses”, hal ini akan benar-benar terjadi kepada bangsa Israel. Pada masa ini bangsa Israel percaya bahwa Tuhan akan menghilangkan kesusahan dan kepedihan. Ini yang membuat bangsa israel untuk tetap bertahan dan sepenuhnya percaya kepada Tuhan. Nazah adalah kata yang terjadi dua puluh tiga kali. Artinya ‘berjalan'. Jadi, mereka dapat berjalan dengan iman oleh karena anugerah Kristus. Yesaya tahu bahwa ini adalah Kedatangan pertama dan kedua, tapi ia menulis misteri di sini. Dia tahu hamba akan menang; katanya begitu dalam ayat 13. Dia juga tahu, bahwa dua hal akan datang, dan ia bahkan tampaknya telah dikenal urutan yang benar: pertama-tama, penderitaan; kedua, kemuliaan. Itulah cara 1 Petrus 1: dikatakan, juga. Kita sekarang dapat label mereka Advent pertama (52:14) dan Advent kedua (52:15).

9 Penolakan dari Hamba, 53: 1-3
Penolakan bangsa Israel untuk percaya dan beribadah kepada- Nya membuat Allah menjadi sangat marah dan kecewa, karena bangsa Israel yang tidak percaya. Orang yang percaya kepada pemberitaan kami Untuk anak-anak Tuhan adalah tangan TUHAN telah dinyatakan dalam kebenaran Kristus.

10 Allah memberikan Kasih Karunaia kepada bangsa Israel,
Penebusan Hamba, 53: 4-6 Allah memberikan Kasih Karunaia kepada bangsa Israel, Keselamatan yang abadi terhadap bangs Iarael, Penebusan yang kekal , Memberikan anak-Nya yang tunggal untuk menebus dosa- dosa manusia, tetapi itu juga dulu berlaku kepada bangsa Israel. Sesungguhnya ia memikul kelemahan kita;.. Ia membawa kesedihan kita Namun kita mengira dia kena tulah" Jadi mungkin sangat banyak seperti selimut Ayub, orang-orang berkata, "Lihat! Dia pasti telah melakukan sesuatu yang salah. Kenapa dia di kayu salib itu? Dia pasti telah berdosa. Jadi kita memiliki kebobrokan dan kami memiliki rasa bersalah individu. "Namun Tuhan telah meletakkan pada dirinya kejahatan kita semua."

11 Pengajuan Hamba, 53: 7-9

12 Pemuliaan Hamba, 53: 10-12

13 Kesimpulan Jadi kami menyimpulkan pernyataan ini pada nabi Yesaya besar, teolog janji yang juga telah diberikan kepada kita doktrin hamba: Hamba Tuhan.


Download ppt "Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google