Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSonny Hermanto Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Pengantar Analisa Desain Berorientasi Objek
SRI HERAWATI, S.Kom, M.Kom Blog : zheira83.wordpress.com MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO 2014
2
Topik Bahasan Pengenalan Objek Paradigma Baru: Berorientasi Objek
Pengertian ADBO Biaya dan Manfaat Objek
3
Sejak lahir kita menggunakan/berinteraksi dengan model objek
1. Pengenalan Objek Sejak lahir kita menggunakan/berinteraksi dengan model objek
5
Objek-objek ini : Pada tahap ini, seorang anak berusaha
Mempunyai atribut Mempunyai nilai atribut Mempunyai behaviour Behaviour dilakukan dengan memberikan pesan Pada tahap ini, seorang anak berusaha untuk memprediksi dan memanipulasi lingkungannya
6
1. Pengenalan Objek Proses ini sama dengan apa yang dilakukan oleh seorang analis ketika mencoba untuk memahami dunia bisnis user. Objek merupakan cara yang paling natural/alami dan efektif untuk mengerti dan memahami kompleksitas yang ada
7
1. Pengenalan Objek Sama seperti entitas, objek dinyatakan dengan kt benda. Obyek dalam ‘software analysis & design’ : sesuatu berupa konsep (concept), benda (thing), dan sesuatu yang membedakannya dengan lingkungannya. Secara sederhana obyek adalah mobil, manusia, alarm, tabel, database, event, system messages.
8
1. Pengenalan Objek Namun objek lebih dari entitas dengan penambahan pada datanya, objek memuat program code (penggunaan dan perubahan data) Change Address Print Balance List all Update Phone No Name Customer Create Delete Name Jo Address Here Phone No 555 Balance $1.49
9
Object-Oriented vs Object-Based
Beberapa bahasa pemrograman mempunyai objek tetapi tidak dimasukkan dlm Object-Oriented. ADA 85, Clipper O-O seharusnya mempunyai dua ciri-ciri penting: Inheritance, Polymorphism
10
2. Paradigma Baru : Berorientasi Objek
Banyak manajer yang tidak paham betapa kompleksnya pengembangan software Penggunaan hacker dan pemula pada pengembangan software Konsultan yang bagus sangat mahal Tuntutan ROI (Return of Investmen) terhadap proyek software yang dilakukan
11
2. Paradigma Baru : Berorientasi Objek
Berorientasi objek memandang sistem sbg sekumpulan objek-objek yang saling berinteraksi. atau Berorientasi objek adalah mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek-objek yang bekerja sama antara struktur data dan behaviour.
12
3. Pengertian ADBO Analisa:
Mempelajari domain permasalahan bisnis untuk merekomendasikan perbaikan dan menentukan kebutuhan system untuk menyelesaikan permasalahan. Desain : Menentukan solusi teknis/computer-based dimana solusi ini berdasarkan kebutuhan system yang telah diidentifikasi pada proses analisis.
13
3. Pengertian ADBO Analisa dan Desain Berorientasi Object :
metode analisis yang memeriksa requirement (syarat/keperluan) yang harus dipenuhi sebuah sistem) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek dan mendesain arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek sistem atau subsistem tersebut.
14
3. Biaya dan Manfaat Objek
System Stability Maintainability Reusable software components Reality-based systems Data accessibility User involvement and ownership
15
3. Biaya dan Manfaat Objek
> System Stability Resilence to change sebuah program atau sistem informasi setelah diinstal dan running, sesuai dengan perjalanan waktu dapat mengalami maintence atau modifikasi sesuai kebutuhan user. Modifikasi tersebut tidak menimbulkan masalah baru pada sistem yang telah dibangun, dengan waktu yang singkat dan biaya yang sedikit. Resilence dan stability sistem benar-benar dirancang untuk mendukung bisnis user yang berdasarkan pemahaman dasar akan kebutuhan data pada bisnis user
16
3. Biaya dan Manfaat Objek
> Maintainability Metode sebelum objek cenderung dibuat berdasarkan kebutuhan laporan dan kebutuhan sekarang. Metode berorientasi objek menghasilkan sistem yang lebih siap untuk proses maintenance dan peningkatan kualitas.
17
3. Biaya dan Manfaat Objek
> Reusable software components Hasil analisa rekayasa perangkat lunak dan kode program dapat digunakan ulang. Hal ini dapat dilakukan oleh adanya feature inheritance dan polimorphism. Contohnya pengembangan library untuk object classes pada JavaBean.
18
3. Biaya dan Manfaat Objek
> Reality-based systems Memberikan gambaran yang lebih akurat terhadap operasi bisnis user dan kebutuhan informasinya. Data Accessibility Design database didasari oleh pemahaman dari data user dan relasi antar data.
19
3. Biaya dan Manfaat Objek
> User involvement and ownership User dapat dilibatkan dalam pengembangan sistem karena menggunakan konsep objek yang lebih mudah dipahami oleh user.
20
Tugas Apa perbedaan pemodelan data dan pemodelan objek? Jelaskan dan beri contoh! Menurut Anda, apakah ciri-ciri dari pemodelan berorientasi objek itu? Jelaskan dan beri contoh ! Tugas bersifat individu Dikumpulkan tgl 3 Maret 2014, hard copy.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.