Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 03. Algoritma dan Pemrograman

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 03. Algoritma dan Pemrograman"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 03. Algoritma dan Pemrograman
Teguh Pribadi - wa/sms/telegram

2 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
0. Satuan Acara Perkuliahan (SAP) 1. Pengantar Algoritma dan Pemrograman 2. Pengantar Bahasa Pemrograman (C++, PHP) 3. Operator 4. Basic Logic Structure – Berurutan 5. Basic Logic Structure – Percabangan 6. Basic Logic Structure – Perulangan 7. Array 8. Function 9. Sorting

3 2. Pengantar Bahasa Pemrograman (C++, PHP)
Definisi Algoritma Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Penyajian Algoritma Komputer

4 Definisi Algoritma Secara umum, algoritma merupakan sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah. Secara khusus dalam bidang pemrograman komputer, algoritma didefinisikan sebagai metode yang terdiri dari langkah‐langkah terstuktur untuk mencari solusi suatu masalah dengan bantuan komputer.

5 Definisi Algoritma a. Secara Umum

6 Definisi Algoritma a. Secara Khusus di Pemrograman Komputer
Masalah Definisi masalah umumnya digambarkan dengan bahasa deskriptif komunikatif. Pemecahan Structured English / S. Indonesian ~ SE/SI : dgn kalimat deskriptif komunikatif Flowchart : disajikan dalam bentuk gambar/ bagan terstrandart. Pseudocode : disajikan dengan bahasa program sederhana. Solusi Program jadi, misal menggunakan C++, PHP, Phyton, dkk

7 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : a. Definisi Masalah
Angling ingin membuat sebuah program sederhana untuk menghitung luas segitiga. Rumus untuk menghitung luas segitiga adalah setengah kali alas kali tinggi (L segitiga= 0,5 * a * t).

8 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b. Pemecahan Masalah - Deskriptif Untuk membuat sebuah program sederhana dalam pencarian luas segitiga maka: Memulai program Memasukkan alas dan tinggi Program memproses Luas Segitiga dengan rumus L=0,5 * alas * tinggi. Program menampilkan Luas Segitiga. Program berhenti.

9 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b. Pemecahan Masalah – Simbol Flowchart (1)

10 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b. Pemecahan Masalah – Flowchart (2)

11 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : b. Pemecahan Masalah - Pseudocode 1. Start 2. Read ('alas‘) 3. Read ('tinggi') 4. Luas Segitiga = 0.5*alas*tinggi 5. Write ('Luas Segitiga') 6. End menggunakan bahasa pascal

12 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : c
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : c. Solusi / Hasil (C++)

13 Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : c
Tahapan Pengembangan Algoritma Komputer Contoh 1 : c. Solusi / Hasil (PHP)

14 TUGAS Berdasarkan contoh 1 menghitung luas segitiga, untuk tiap mahasiswa buat 3 contoh lagi! Kirim ke dengan ketentuan: Subjek : nim_algo_tugas1_namalengkap, misal: _algo_tugas1_Teguh Pribadi Attach/lampirkan file isi tugas.

15 Referensi (PHP)

16 Referensi (C++)

17 Contact Email : pribadi.unugiri@gmail.com
Site : - WA/SMS/Call/Telegram/Line :


Download ppt "PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 03. Algoritma dan Pemrograman"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google