Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYuliani Iskandar Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Arif Risqiantoro Dadang Wahyu Utomo Isnan Aditya
2
Notification Notifikasi adalah pesan yang bisa ditampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi
3
Notification Notificiaton adalah salah satu fitur ,background services tertua ,yang ada pada perangkat Android (API Level 1) artinya fitur ini sudah ada semenjak ,Android versi 1.0 Lahir. Hingga sekarang API 24 yang di pakai pada perangkat Android Versi 7.0 (Nougat) ,Notification sudah mengalami, banyak perubahan entah itu dari segi fitur ,tampilan , yang pasti lebih flekesibel , dan makin memudahkan pengguna Android, dalam menggunakan elemen , atau bagian penting dari notifikasi.
4
Notification Membangun Notifikasi Pada Program
5
Notification
6
Output Program
7
Intent Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut.
8
INTENT Berikut ini adalah beberapa contoh mekanisme pengiriman Intent pada masing-masing jenis komponen : Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().
9
INTENT Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut, seperti berikut ini : Intent intent = new Intent( this, ActivityProfile.class); intent.putExtra( "NAMA", "dian" ); intent.putExtra( "UMUR", 17); startActivity(intent);
10
INTENT Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “dian” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini. Bundle extras = getIntent().getExtras(); String nama = extras.getString("NAMA"); int umur = extras.getInt( "UMUR");
11
INTENT Mengirim , membuka halaman website, melihat lokasi pada map, merupakan aktifitas-aktifitas yang biasanya ada pada aplikasi Android. Untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, kita bisa membuat sendiri fiturnya atau bisa dengan memanfaatkan Intent untuk mengerjakannya. Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tersebut, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim , aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta.
12
INTENT Beberapa contoh pemanfaatan Intent untuk melakukan aktifitas tertentu dengan bantuan aplikasi lain : Intent untuk mengirim Intent Intent = new Intent(android.content.Intent. ACTION_SEND ); String List[] = { }; Intent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_ , List); Intent.setType( "plain/text" ); Intent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_SUBJECT , "[diandeveloper - Mengenal Intent]" ); startActivity(Intent. createChooser( Intent, "Send via"));
13
INTENT
14
INTENT Intent untuk membuka halaman website
String url = " ; Intent intent = new Intent(Intent. ACTION_VIEW); intent.setData(Uri. parse(url)); startActivity(intent);
15
INTENT
16
INTENT Intent untuk menampilkan lokasi pada peta
Intent intent = new Intent(Intent.ACTION_VIEW, Uri.parse("geo: , ?q=Surabaya startActivity(intent);
17
INTENT
18
DIALOG Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan.
19
DIALOG Kelas Dialog adalah kelas basis untuk dialog, namun Anda harus menghindari pembuatan instance Dialog secara langsung. Sebagai gantinya, gunakan salah satu subkelas berikut: Alert Dialog Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu. DatePickerDialog atau TimePickerDialog
20
DIALOG Kelas-kelas ini mendefinisikan gaya dan struktur dialog Anda, namun Anda harus menggunakan DialogFragment sebagai kontainer dialog Anda. Kelas DialogFragment menyediakan semua kontrol yang Anda perlukan untuk membuat dialog dan mengelola penampilannya, sebagai ganti memanggil metode pada objek Dialog. Menggunakan DialogFragment untuk mengelola dialog akan memastikan bahwa kelas itu menangani kejadian daur hidup dengan benar seperti ketika pengguna menekan tombol Kembali atau memutar layar. Kelas DialogFragment juga memungkinkan Anda menggunakan ulang UI dialog sebagai komponen yang bisa disematkan dalam UI yang lebih besar, persis seperti Fragment biasa (seperti saat Anda ingin dialog UI muncul berbeda pada layar besar dan kecil).
21
SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.