Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIvan Cahyadi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo Madura
2
Pengertian Objek Objek pada Flash adalah semua item yg berada pada stage. Pengolahan Objek dpt dilakukan dlm beberapa langkah : - Memodifikasi bentuk objek - Mengelompokkan objek - Menduplikat dan mengubah ukuran objek - Mengimpor gambar bitmap - Mengubah gambar bitmap menjadi vektor - Mengambil sampel warna - Transformasi Objek - Mengatur posisi dan susunan objek
3
Memilih Objek Tanda terpilih yg berbeda pada objek Oval/lingkaran
4
Memilih Objek dgn selection Tool
Memilih Stroke, fill, suatu group maupun teks : aktifkan Selection Tool lalu klik objeknya Memilih fill dan stroke outline-nya : aktifkan Selection tool lalu klik ganda pada fillnya
5
Bagaimana membuat objek seperti gambar di bawah ini ?
6
Memodifikasi Bentuk Objek
Utk membuat garis lengkung dan mengontrol node dpt menggunakan selection tool dan subselection tool. Contoh: Kita akan memodofikasi objek kotak, langkah-langkah: Siapkan dokumen flash dgn grid 20 x 20 px Buat objek persegi panjang ukuran1 120 x 180 px dan ukuran 2 80 x 160 px seperti gambar di samping Ukuran1 Ukuran2
7
Memodifikasi (cont…) 3. Klik subselection tool lalu pilih objek persegi panjang ukuran1 4. Pilih node 1 lalu drag ke kiri satu kotak grid setelah itu pilih node 2 lalu drag ke kanan satu kotak grid juga, shg menghasilkan gambar spt di bawah ini :
8
Memodifikasi (cont…) 5. Klik selection tool, pada objek ukuran1 klik garis horisontal tepatnya bagian tengah lalu drag satu kotak grid ke atas. 6. Pada objek ukuran2, klik garis horisontal tepatnya bagian tengah lalu drag satu kotak grid ke atas. 7. Pada objek ukuran1, tarik garis vertikal kiri ke arah kiri dan garis vertikal kanan ke arah kanan. shg.. menghasilkan gambar seperti di samping.
9
Memodifikasi (cont…) 8. Klik subselection tool lalu klik pada objek 9. Klik pada node 3 dan node 4 lalu drag control point utk mengatur lengkungan garis. node 3 node 4
10
Mengelompokkan Objek Objek agar lebih aman dan terhindar dari kesalahan edit seperti terhapus atau berpindah posisi maka perlu dikelompokkan. Caranya : Klik selection tool atau subselection tool Klik dan drag utk membuat kotak seleksi di sekeliling objek yg akan dipilih. Klik Modify > Group (Ctrl + G). Sedangkan utk memisahkan kelompok klik Modify > Ungroup (Ctrl+Shift+G)
11
Menduplikat & Mengubah Ukuran Objek
Siapkan dokumen Flash dgn grid 20 x 20 px Buat objek segi empat ukuran 160 x 160 px Gunakan selection tool utk memilih seluruh komponen objek. Klik menu edit > copy Klik menu edit > paste in place utk meletakkan objek duplikat tepat berada di atas objek pertama. Pastikan objek dlm keadaan terpilih lalu pada property inspector ubah nilai width of instance dan Height of instance menjadi 80 px
12
Menduplikat (cont…) 7. Klik di bagian sudut objek duplikat lalu drag dan geser posisi objek hingga tepat bagian tengah. 8. Pilih fill objek duplikat lalu hapus. 9. Pilih semua komponen objek kemudian klik menu Edit > Duplikat 10.Klik di bagian sudut duplikat lalu pindahkan ke sebelah kanan
13
Menduplikat (cont..) 11. Pilih kedua objek segi empat tsb lalu tekan ctrl+G utk dikelompokkan menjadi satu. Sehingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini :
14
Mengimport Gambar Bitmap
Buka dokumen baru di Flash atau klik menu Insert > Scene utk menambah scene baru Klik menu File > Import > Import to Stage. Pilih gambar bitmap yg akan diimport.
15
Mengubah Gambar Bitmap menjadi Vektor
Pilih gambar yg telah diimport Klik Modify > Bitmap > Trace Bitmap. Atur nilai Color Threshold : 50, Minimum Area : 2 Pixels, Curve Fit dan Corner Threshold pilih Normal.
16
Mengubah (Cont..) Sehingga menghasilkan gambar vektor seperti di bawah ini : Gambar Bitmap Gambar Vektor
17
Mengambil Sampel Warna
Siapkan dokumen flash lalu import objek, misalnya : gambar kamar.wmf dan pantai.wmf.Pastikan kedua objek tsb telah di – Ungroup. Klik Eyedropper Tool, arahkan pointer eyedropper pada latar objek pantai utk mengambil sampel warna biru. Kamar.wmf Pantai.wmf
18
Mengambil (Cont..) Pointer eyedropper secara otomatis berubah menjadi paint bucket Klik atau tuangkan warna biru pada bagian latar objek kamar. Sehingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini :
19
Transformasi Objek Transformasi objek terdiri dari : Merotasi
Memiringkan Menskalakan Memutar Balik
20
Transformasi (cont…) Siapkan dokumen Flash baru.
Import gambar objek, misal : kudalaut.wmf Klik Transform Tool pada toolbox Pilih objek kuda laut pada area stage.
21
Transformasi (cont…) Klik menu Window > Design Panels > Transform. Utk merotasi objek pilih Rotate lalu atur nilai Rotation : 15o , lalu tekan Enter . Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
22
Transformasi (cont…) Pilih Skew utk memiringkan objek. Atur nilai Skew Horizontal :25o , Skew Vertical : 15 o lalu tekan Enter. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :
23
Transformasi (cont…) Utk menskalakan objek pilih Constrain lalu atur Width : 70% kemudian tekan Enter Utk memutar balik objek secara horisontal, klik menu Modify > Transform > Flip Horizontal. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :
24
Mengatur Posisi Objek Siapkan dokumen Flash baru, lalu buat tiga objek lingkaran. Hasilnya seperti gambar berikut : Pilih ketiga objek lingkaran pada area stage dgn Selection Tool. Klik menu Modify > Align > Left.
25
Mengatur posisi (cont..)
Align Left Align Right Align Horizontal Center Align Top
26
Mengatur Susunan Objek
Siapkan dokumen Flash baru, lalu buat segi empat dan persegi panjang dgn fill sembarang seperti gambar di bawah ini :
27
Mengatur Susunan (cont..)
Klik Selection Tool lalu pilih objek warna kuning yg ada di bagian paling atas. Kemudian klik menu Modify > Arrange > Send to Back, maka akan menghasilkan gambar seperti di bawah ini :
28
Tugas Buat Gambar seperti di bawah ini :
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.