Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI INFORMATIKA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI INFORMATIKA"— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI INFORMATIKA

2 SETANDAR KOMPETENSI : KOMPETENSI DASAR :

3 INDIKATOR

4 APRESIASI

5 MATERI HARDWARE DAN SOFTWARE

6 HARDWARE Semua bagiaan fisik komputer dan dibedakan dengan data di dalamnya juga dibedakan dengan SOFTWARE yang menyediakan intruksi perangkat keras untuk menyelesaikan tugasnya

7 HARWARE DI BAGI MENJADI 4 UNIT SYESTEM :
UNIT INPUT Perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan datayang akan di olah menjadi informasi UNIT PROSES Perangkat komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data yang masuk sehingga menjadi suatu informasi yang diinginkan UNIT OUTPUT Perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diproses sehingga menjadi suatu informasi. UNIT PENYIMPANAN Diartikan sebagai perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, informasi, software ataupun program

8 Bagian – Bagian : Unit Input Keyboar : Piranti yang terdapat kumpulan huruf,angka dan karakter khusus juga memudahkan bagi user untuk memberikan perintah dengan menekan tombol khusus dan kombinasi dengan karakter tertentu. Mouse : Piranti masukan berbentuk tikus berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor dengan cepat Scanner : Berfungsi untuk mengkopi file atau dokumen baik berupa teks dan gambar ke dalam teks atau gambar digital Floopy Disk Drive: Alat untuk menulis,membaca dan merekam data CD-ROM : Untuk membaca CD atau VCD pada komputer

9 CD-RW : Alat setup CD-ROM namun selain bisa membaca CD dapat juga merekam CD DVD-ROM : Alat untuk membaca CD,VCD dan DVD pada komputer DVD-RW : Sama Dengan DVD-ROM namun dapat merekam CD,VCD dan DVD ke dalam DVD Touchpad : Terdapat pada notebook dan fungsinya sama dengan mouse namun penggunaanya hanya dengan sentuhan jari Joystick : Alat yang digunakan untuk permainan game komputer Lighpen : Poiter elektronik untuk memodifikasi dan mendesain gambar derngan komputer Barcode : Untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak atau garis garis vertikal yang tipis atau tebalyang selanjutnya di terjemahkan ke dalam kata kata

10 Kamera digital : Kamera modrn tidak perlu rol film bisa dihubungkan kekomputer melalui kabel data sehingga user bisa menyimpan gambar atau vidio Voice input : merubah suara sehingga terekam kedalam komputer dan menjadi suara digital Graphic pads : Piranti yang digunakan untuk menggambar pada monitir

11 Unit Proses CPU : Processor yang ada di dalam komputer Casing : Kotak yang membungkus isi seluruh perangkat unit proses. Processor : Otak komputer atau chip pengolah utama yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan oleh unit input. Motherboard : Papan rangkaian utama dimana merupakan tempat diletakkannya seluruh unit proses. Memory : Alat yang befungsi mengolah data dan instruksi serta menyimpan informasi. Power Supply : Sebagai penyedia arus listrik untuk peralatan dalam CPU.

12 I/O Card (Input/Output Card) : Kartu elektronik yang menjadi penghubung antara motherboard dengan perangkat masukan serta perangkat keluaran pada komputer. VGA Card : kartu elektronik yang menghubungkan motherboard dengan monitor.

13 Unit Output Monitor : Alat berbentuk layar kaca yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses, baik dalam bentuk teks atau grafik. Printer : Alat untuk mencetak data sehingga menjadi hard copy Speaker : alat untuk mengeluarkan suara dari dalam komputer.

14 Unit Penyimpanan Hard Disk : perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas yang besar Disket : unit penyimpanan data berbentuk cakram dan terbuat dari bahan yang bersifat magnetik. USB Flash Drive : USB Flash Drive unit penyimpanan data yang dapat menyimpan data hingga lebih dari 1 GB. USB Flash Drive terhubung dengan port USB dan memiliki bentuk yang mungil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa. CD : media penyimpanan data yang berbentuk piringan dengan kapasitas 700MB. CD RW : media penyimpanan data yang berbentuk piringan yang dapat membaca dan menuliskan data secara berulang.

15 SOFTWARE Istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

16 Contoh software : Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[

17 Perangkat lunak gratis (freeware)
Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software) Perangkat lunak gratis (freeware) Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware) Perangkat lunak perusak (malware)

18 EVALUASI

19 TRIMAKASIH


Download ppt "TEKNOLOGI INFORMATIKA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google