Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --"— Transcript presentasi:

1 Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
Sequence Diagram Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --

2 Sequence Diagram Menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu Biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

3 Sequence Diagram Sequence diagram terdiri atas:
Dimensi vertikal (waktu) Dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram Memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case

4 Simbol yang digunakan

5 Simbol...

6 Partisipant / Object Lifeline
Pada UML 1 disebut dengan nama Obyek Diletakkan dari kiri ke kanan Setiap Partisipant terhubung dengan lifeline Standar penamaan Instance Name : Class Name

7 Time / Lifeline Mewakili waktu pada arah vertikal, dimulai dari atas ke bawah Garis putus-putus yang menempel di partisipant lifeline

8 Action Mewakili sebuah eksekusi operasi dari partisipant
Kotak kecil segiempat di lifeline Panjang kotak berbanding lurus dengan durasi activation

9 Message Message berpindah dari 1 lifeline ke lifeline yang lain
Message yan pertama kali muncul di SSD terletak paling atas, kemudian message yang berikutnya berada di bawahnya Terdapat 3 macam : Synchronus Asynchronus Reply / Return

10 Message… Synchronous Asynchronous Reply/Return
Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama menunggu sampai hasil aksi selesai. Asynchronous Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama tidak menunggu sampai hasil aksi selesai. Reply/Return Menunjukkan nilai kembali dari obyek ke obyek yang mengirim pesan

11 Message … the analyst object makes a call to the system object which is an instance of the ReportingSystem class. The analyst object is calling the system object's getAvailableReports method. The system object then calls the getSecurityClearance method with the argument of userId on the secSystem object, which is of the class type SecuritySystem the secSystem object returns userClearance to the system object when the getSecurityClearance method is called. The system object returns availableReports when the getAvailableReports method is called.

12 Sequence and Collaboration Diagrams
Fun Example Objects Sequence and Collaboration Diagrams 12

13 Fun Example Sequence diagram
Sequence and Collaboration Diagrams 13

14 Fun Example Sequence diagram
Sequence and Collaboration Diagrams 14

15 Recursive Suatu Obyek yang memanggil dirinya sendiri
Digambarkan dengan menambah kotak kecil pada activation Cotoh : system object memberi pesan ke dirinya sendiri : menentukan Laporan apa saja yang ada

16 Hapus Partisipant Partisipant bisa menghapus dirinya sendiri atau bisa juga dihapuskan oleh object lain

17 Petunjuk membuat SD Mengacu ke skenario Use Case / Stimulus-Response
Identifikasi participant objects Gambar lifelines untuk tiap object Gambar duration tiap object pada lifeline Tambahkan object messages dari atas ke bawah pada diagram (time-based) Check ulang diagram untuk kelengkapannya

18 Guards Kondisi : suatu syarat agar message dikirim
the guard is the text "[pastDueBalance = 0]." By having the guard on this message, the addStudent message will only be sent if the accounts receivable system returns a past due balance of zero

19 Combined fragments  digunakan untuk mengelompokkan message, tergantung kondisi tertentu  disebut juga Interaction Fragment (Kerangka Interaksi) UML 2 specification mengidentifikasi 11 operator untuk combined fragments.

20 Format Combined op (operator): applied to the enclosed interaction(s)
(some operators require arguments, such as diagrams names, parameters, constants and guards) op [:arguments] diagram name | interaction [ [guard] ] [guard]: a boolean expression the interaction is executed according to the guard’s value interaction: a (fragment of a) sequence diagram (it can contain other frames) if we need to enclose more interactions, we’ll separate them with an outlined line (see next slide) diagram name: needed if we want to refer to a diagram defined elsewhere

21 Contoh satu set interactions dipisahkan dengan garis putus-putus
interaction_i dijalankan jika guard_i bernilai benar op interaction_1 [guard_1] interaction_n [guard_n]

22 Operator Combined Fragment
Alternatives (alt) choice of behaviors – at most one will execute depends on the value of the guard (“else” guard supported) Option (opt) Special case of alternative  hanya berisi 2 pilihan Break (break) Represents an alternative that is executed instead of the remainder of the fragment (like a break in a loop) Parallel (par) Concurrent (interleaved) sub-scenarios, fragmen berjalan secara pararel Negative (neg) Identifies sequences that must not occur (interaksi yang salah)

23 Operator… Critical Region (region) Loop (loop)
Fragmen tidak dapat disela dengan kejadian lain pada participating lifeline Loop (loop) Optional guard: [<min>, <max>, <Boolean-expression>] Tanpa Guard berarti tidak ada batas

24 Alternative

25 Option if a student's past due balance equals zero, then the addStudent, getCostOfClass, and chargeForClass messages are sent. If the student's past due balance does not equal zero, then the sequence skips sending any of the messages in the option combination fragment.

26 Loop

27 Ref

28 Ref…

29 Break almost identical in every way to the option combined fragment, with two exceptions. a break's frame has a namebox with the text "break" instead of "option." when a break combined fragment's message is to be executed, the enclosing interaction's remainder messages will not be executed because the sequence breaks out of the enclosing interaction Breaks are most commonly used to model exception handling

30 Pararel

31 Contoh SD online-bookshop

32 Contoh SD Pemesanan Buku

33 Contoh SD FB Otentifikasi

34 Diambil dari : Hendra

35 Diambil dari : Hendra


Download ppt "Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google